Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Tentang Doa Ketika Buang Hajat

Hadits Tentang Doa Ketika Buang Hajat
BERDZIKIR KETIKA AKAN MASUK KE TEMPAT BUANG AIR

Anas ibn Malik ra. menerangkan:

ان رسول اللہ ﷺ كان إذا دخل الخلاء قال :اللهم إني اعوذبك من الحبث والخبائث
 “Bahwasanya apabila hendak masuk ke dalam jamban, Rasul saw. membaca :Allahumma inni a'udzubika minal khubutsi wal khabdits Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung diri kepada Engkau dari setan jantan dan setan betina.”( HR. Al-Bukhary dan Muslim; Bulughul Maram :19 ) 

Baca juga:

Hadits di atas menyatakan bahwa apabila seseorang hendak masuk ke dalam WC ( jamban ) hendaklah lebih dahulu membaca dzikir sebelum melangkahkan kaki nya ke dalam. Ibnu Baththal mengatakan: “Dzikir ini, dibaca di ketika hendak mem buang air, baik di dalam jamban, tempat yang tertutup ataupun di mana saja; karena setan-setan itu berada dimana-mana.”

Apabila seseorang membuang air di tempat yang terbuka bukan di jamban hendaklah dzikir ini dibaca ketika hendak mengangkat kain, melepaskan celana. Jika membuang air di jamban, dzikir ini dibaca ketika akan masuk ke dalamnya. 

Zhahir hadits ini menegaskan, bahwa Nabi saw. membaca dzikir ini dengan suara yang nyaring, terdengar oleh orang yang dekat kepadanya. Karena itu, se yogianyalah kita menyaringkan pembacaannya. Menurut riwayat Said ibn Manshur, ditambah perkataan " Bismillah....”sebelum " Allahumma.