Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Keutamaan Puasa Muharram dan Sya'ban

Hadits Keutamaan Puasa Muharram dan Sya'ban
225- KEUTAMAAN BERPUASA PADA BULAN MUHARRAM DAN SYA’BAN

1254. وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : ( أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ : شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمِ , وِأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ : صَلَاةُ اللَّيْلِ) رَوَاهُ مُسْلِمُ

1254. Dari Abu Hurairah RA. ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Puasa yang paling utama sesudah puasa bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu ialah shalat malam.” (HR. Muslim)

1255. عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَصُوْمُ مِنْ شَهْرٍ أَكْثَرُ مِنْ شَعْبَانَ , فَإِنَّهُ كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ كُلَّهُ , وَفِي رِوَايَةِ : كَانَ يَصُوْمُ شَعْبَانَ إِلَّا قَلِيْلًا. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1255. Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. tidak pernah berpuasa pada suatu bulan yang melebihi puasanya di bulan Sya’ban. Sungguh beliau berpuasa penuh selama bulan Sya’ban.”

Dan di dalam riwayat yang lain dikatakan: “Beliau berpuasa pada bulan Sya’ban, kecuali sedikit (beberapa hari saja beliau tidak berpuasa).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kitab Riadhus Shalihin selengkapnya lengkap dengan terjemahannya silakan download [di link ini..!!]