Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Tentang Belas Kasih, Sabar dan Lemah Lembut

Hadits Tentang Belas Kasih, Sabar dan Lemah Lembut
Bab Ke-74 Dari Kitab Riadhussalihin karangan Imam An-Nawawi yaitu memuat hadits tentang Belas Kasih, Sabar dan Lemah Lembut. Beliau memulai bab ini dengan firman Allah:

وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan(kesalahan)orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS.Ali Imran[3]:134)

Firman Allah SWT:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِيْنَ

“Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.” (QS. Al-A’raaf[7]:199)

Firman Allah SWT:

وَلاَ تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلاَ السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ وَمَا يُلَقَّاهَا إِلاَّ الَّذِينَ صَبَرُوْا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلاَّ ذُوْ حَظٍّ عَظِيْمٍ

“Dan kebaikan itu tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah(kejahatan)dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang-orang yang antara kamu dan dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugrahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak di anugrahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS. FushShilat[41]:34-35)

Firman Allah SWT:

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الأُمُوْرِ

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”(QS. Ash-Syu’araa[42]:43)

ِ637- وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  لأََشَجِّ عَبْدِ الْقَيْسِ : ((إِنَّ فِيْكَ خَصْلَتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللهُ : الْحِلْمُ وَالأنَاةُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

637. Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda kepada Abdul Qais yang terluka, ‘Sesungguhnya di dalam dirimu ada dua sifat yang disukai Allah, yaitu santun dan sabar.” (HR. Muslim)

638- وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( إنَّ اللهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِي الأَمْرِ كُلِّهِ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

638. Dari Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan menyukai kelemah-lembutan dalam segala hal.” (HR. Bukhari Muslim)

639- وعَنْهَا أَنَّ النَّبِي  قَالَ : ((إنَّ اللهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفقَ وَيُعْطِي عَلَي الرِّفْقِ مَا لاَ يُعْطِي عَلَى العُنْفِ وَماَ لاَ يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

639. Dari Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan menyukai kelemah-lembutan. Dan Allah SWT memberi karena kelembutan, yang tidak Dia berikan karena kekerasan, dan tidak diberikan-Nya karena yang lain (selain kelembutan).” (HR. Muslim)

640- وعَنْهَا أَنَّ النَّبِي  قَالَ : (( إِنَّ الرِّفْقَ لاَ يَكُوْنُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَيْءٍ إِلاَّ شَانَهُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

640. Dari Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW bersabda, ‘Tidaklah sikap lemah lembut pada sesuatu melainkan ia menghiasinya, dan tidaklah sikap lemah-lembut itu dicabut dari sesuatu melainkan ia memperjeleknya.” (HR. Muslim)

641- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : بَالَ أعْربِيٌّ فِي الْمَسْجِدِ, فَقَامَ النَّاسُ إلَيْهِ لِيَقَعُوا فِيْهِ , فَقَالَ النَّبِي  : (( دَعُوْهُ وَأَرِيْقُوْا عَلَى بَوْلِهِ سَجْلاً مِنْ مَاءٍ ,أَوْ ذَنُوْبًا مِنْ مَاءٍ, فَإِنَّمَا بُعِثْتُمْ مُيَسِّرِينَ وَلَمْ تُبْعَثُوْا مُعَسِّرِيْنَ . )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

641. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Ada seorang Arab badui kencing di dalam mesjid, kemudian orang-orang bangkit untuk memukulinya, tetapi Nabi SAW melarangnya dan bersabda, “Biarkan dia, tuangkanlah air pada kencing itu. Sesungguhnya kalian diutus untuk mempermudah bukan mempersulit.” (HR. Bukhari)

642- وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , عَنِ النَّبِي  قَالَ : يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا, وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوْا )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

642. Dari Anas RA, dari Nabi SAW, ia bersabda, “Permudahlah dan jangan kalian mempersulit, gembirakan dan jangan kalian menakut-nakuti!.” (HR. Bukhari dan Muslim)

643- وَعَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ  يَقُوْلُ : (( مَنْ يُحْرَمِ الرِفْقَ يُحْرَمِ الخَيْرَ كُلَّهُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

643. Dari Jabir bin Abdullah RA, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang terhalang untuk berbuat lemah lembut, berarti ia terhalang untuk berbuat berbagai macam kebaikan.” (HR. Muslim)
644- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ قَالَ , أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِي  : أَوْصِنِي , قَالَ : (( لاَ تَغْضَبْ )) فَرَدَّدَ مِرَارًا : قَالَ : (( لاَ تَغْضَبْ )) رواه بخاري .
644. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Ada seorang laki-laki meminta wasiat kepada Nabi SAW, ‘Berilah saya wasiat!” beliau bersabda, “Janganlah kamu marah!” lelaki itu mengulanginya lagi, tetapi beliau tetap menjawab, “Janganlah kamu marah!.” (HR. Bukhari)
645- وَعَنْ أَبِي يَعْلَى شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , عَنْ رَسُوْلِ اللهِ  قَالَ : (( إنَّ اللهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَإذَا قَتَلْتُمْ فَأحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ , وَليُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ, وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ
645. Dari Abu Ya’la Syaddad bin Aus RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan kalian untuk berbuat baik dalam segala hal. Oleh karena itu kalau kamu membunuh, maka membunuhlah[1] dengan sebaik-baiknya. Dan apabila menyembelih, maka sembelihlah dengan sebaik-baik. Hendaklah salah seorang dari kalian menjamkan pisau dan hendaklah menenangkan hewan sembelihan.” (HR. Muslim)

646- وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : مَا خُيِّرَ رَسُوْلُ اللهِ  بَيْنَ أمْرَيْنِ قَطُّ إِلاَّ أَخَذَ أَيْسَرَ هُمَا, مَالَمْ يَكُنْ إِثْمًا, فَإنْ كَانَ إِثْمًا, كَانَ أبْعَدَ النَّاسِ مِنْهُ. وَمَا انْتَقَمَ رَسُوْلُ اللهِ  لِنَفْسِهِ فِي شَيْءٍ قَطُّ, إِلاَّ أن تُنْتَهَكَ حُرْمَةُ اللهِ, فَيَنْتَقِمَ ِللهِ تَعَالَى. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

646. Dari Aisyah RA, ia berkata, “Apabila Rasulullah SAW disuruh untuk memilih dua hal, beliau pasti memilih hal yang paling mudah, selama tidak bedosa. Seandainya yang mudah itu berdosa, beliau pasti menjauhinya. Dan beliau tidak pernah menuntut balas untuk dirinya, kecuali jika kehormatan Allah SWT diselewengkan, maka beliau menuntut balas karena Allah SWT.” (HR. Bukhari Muslim)

647- وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِمَنْ يَحْرُمُ عَلَى النَّار – أوْبِمَنْ تَحْرُمُ عَلَيْهِ النَّارُ ؟ - تَحْرُمُ عَلَى كُلِّ قَرِيْبٍ هَيِّنٍ لَيِّنٍ سَهْلٍ)) رَوَاهُ التُّرْمِذِي وقَالَ :حَدِيْثٌ حَسَنٌ

647. Dari Ibnu Mas’ud RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Maukah kalian aku beritahukan tentang orang yang diharamkan masuk neraka? atau siapakah orangnya yang neraka diharamkan untuk membakarnya ? Neraka diharamkan bagi setiap orang yang mendekatkan diri kepada Allah, yang bersikap lemah lembut, lunak dan suka mempermudah.” (HR. Tirmidzi)

[1] . الْقِتْلَةَ dengan dikasrahkan qafnya artinya cara membunuh. Dan hadits ini tercantum dalam kitab Mukhtashar Muslim nomer 1249, kitab Shahih Muslim jilid 4/2003 dan shahih sunan Abu Daud nomer 2441.