Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Menebar Salam

Pentingnya Menebar Salam
Di antara faktor kesuksesan dalam berinteraksi dengan orang lain dan meraih simpati dan cinta mereka adalah dengan menyebarluaskan salam. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 

لا تدخلون الجنة حتى تؤمنوا. ولا تؤمنوا حتى تحابوا. أولا أدلكـم على شيء إذا فعلتموه. تحاببتم أفشوا السلام بينكم 

"Kamu sekalian tidak akan masuk kedalam surga sehingga kalian beriman. dan kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai satu sama lain. Maukah kalian semuanya aku (Rasul) tunjukkan kepada satu hal yang apabila kalian kerjakan niscaya kalian saling mencintai sesama kalian ? Sebarluaskanlah salam di antara kalian. " 

Baca juga:

Penyebarluasan salam ini dilakukan dengan mengucapkan salam kepada siapa saja, baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, " Islam yang bagaimanakah yang paling baik ? " Beliau menjawab, " Hendaklah engkau memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan juga kepada orang yang tidak engkau kenal. 

Adapun manfaatnya, hal itu akan menghasilkan keakraban, menghadirkan kecintaan, dan mendekatkan jarak. Perlu diingat, salam itu hanya boleh ditujukan kepada orang muslim. Sebab, tidak diperbolehkan untuk mulai memberi salam kepada orang kafir.

Dalam Islam, pahala dari mengucapkan salam itu sangat besar. Imran bin Hushain meriwayatkan bahwa ada seseorang yang datang kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam seraya berucap. " Assalamu'alaikum. " Maka Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pun bersabda, " Sepuluh. " Lalu ada orang lain yang datang dan mengucapkan, " Assalamu'alaikum warahmatullah. " Nabi pun bersabda, " Dua puluh. " Selanjutnya, ada seorang lagi yang datang dan mengucapkan : " Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. " Maka Nabi Mhammad bersabda, " 30. " Jika ia memberi salam dan menyapa kepada orang lain dengan salam sangat dianjurkan. maka menjawab salam dengan yang lebih baik. Begitu juga salam yang diberikan atau minimal sama. lebih dianjurkan Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan hal tersebut dalam firman Nya:

 وإذا حييتم بتحية فحيوا بأحسن منها أو ردوها إن الله كان على كل شيء حسيبا  [ النساء : 86 ]  

Apabila kamu diberikan suatu penghormatan dengan salam, maka balaslah salam itu dengan yang lebih baik. Atau balaslah ( dengan yang serupa) salam tersebut. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu."