Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Berterima Kasih Kepada Orang Lain

Mengasihi Orang Lain dan Berterima kasih kepada Mereka
Di antara faktor penunjang kesuksesan lainnya dalam berinteraksi dan memperoleh simpati dari orang lain adalah mengasihi dan bersikap lembut kepada mereka, juga berbuat baik dan berterima kasih atas kebaikan mereka. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda, " Barangsiapa yang tidak mengasihi orang lain, niscaya Allah tidak akan mengasihinya."

Baca Juga:

Dalam hadits lain, beliau juga bersabda, "Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia berarti tidak bersyukur kepada Allah." 

Selain itu, hendaknya seorang laki-laki juga bisa mendamaikan perselisihan yang terjadi di antara manusia, mengajak mereka kepada kebaikan dan mencegah mereka untuk berbuat kemungkaran.

Hendaklah dia juga memberikan kepada mereka apa-apa yang dia sukai untuk dirinya sendiri, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, "Berikanlah kepada orang lain apa yang engkau suka untuk dirimu sendiri, niscaya kamu menjadi muslim Hendaknya dia juga berbuat baik kepada mereka sebagaimana yang diperintahkan Allah Azza wa Jalla, "Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan berbuatlah kebajikan, supaya kalian mendapat kemenangan. " 

Selain itu, hendaklah dia menjauhkan gangguan dan hal-hal yang menyakitkan orang lain, baik kecil maupun besar. Termasuk di dalamnya menyingkirkan gangguan dari jalanan, karena hal tersebut termasuk perbuatan baik yang dilakukan umat Nabi Muhammad sekaligus sebagai jalan masuk surga. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, " Seorang laki-laki berjalan dengan membawa satu buah dahan pohon di jalanan seraya berkata, ' Demi Allah, aku akan singkirkan kayu ini dari kaum muslimin sehingga tidak mengganggu mereka. Dia pun dimasukkan surga. "