Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP SKI Kelas 4 Semester Ganjil Terbaru

Download RPP SKI Kelas 4 Semester Ganjil Terbaru

Pada RPP SKI kelas 4 semester ganjil terdiri dari III BAB. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Pada BAB I menjelaskan tentang ketabahan Nabi Muhammad dan Para Shahabat dalam berdakwah. Materi pembelajarannya adalah menyangkut dengan:
  1. Nabi Muhammad saw. memulai dakwahnya kepada keluarga dan sahabat sahabat dekatnya setelah menerima wahyu surah Asy-Syu'ara ' ayat 214.
  2. Awal dakwah Rasulullah saw. dilakukan secara sembunyi-sembunyi selama tiga tahun. Nabi Muhammad Saw. ketika berdakwah pada permulaan kerasulan menggunakan strategi dakwah secara sembunyi-sembunyi. Ketika berdakwah Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat selalu sabar dan tabah walaupun diejek, dihina, bahkan disakiti.
  3. Assabiqunal Awwalun adalah orang-orang yang pertama memeluk agama Islam. Adapun Orang-orang yang pertama menerima seruan agama Islam adalah Siti Khadijah, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, dan Abu Bakar. Kemudian diikuti oleh sahabat-sahabat yang lain.
  4. Ketika memulai dakwah secara terang-terangan, Nabi Muhammad saw. dan para sahabat menerima berbagai macam tantangan.
  5. Nabi Muhammad saw. dan para sahabat menerima dengan tabah dan sabar semua tantangan yang dihadapinya.Nabi Muhammad Saw. Rasulullah juga banyak mendapatkan tekanan dari Kafir Quraisy. Tekanan yang dimaksud, antara lain Nabi Muhammad Saw, dibujuk dengan harta, takhta, dan wanita ; penyiksaan hamba sahaya ; caci maki sampai berusaha membunuh Nabi Muhammad. Saw.
  6. Sahabat Nabi Muhammad Saw. tidak luput juga dari tekanan kaum kafir Quraisy. Mereka dengan tabah dan tawakal menghadapinya. Mereka di antaranya adalah Khatijah binti Khuailid, Abu Bakar, keluarga Sumayah, Arqam bin Abil Arqam dan Bilal bin Rabbah.
Adapun RPP tentang Materi ketabahan Nabi Muhammad dan Para Shahabat dalam berdakwah, Silakan download [ di sini..!! ]

Download Juga: RPP Mapel SKI Kelas 3 Semester Ganjil

Pada BAB II menjelaskan tentang Kepribadian Nabi Muhammad. Adapun ringkasan Materi pembelajarannya adalah sebagai berikut:
  1. Nabi Muhammad saw. memiliki kepribadian luhur terhadap masyarakat dengan cara memperbaiki perekonomian masyarakat. Pada usia 20 tahun Nabi Muhammad saw. memprakarsai perjanjian damai dalam urusan perdagangan yang disebut " Hilf Al-Fudül ".
  2. Nabi Muhammad saw. memiliki sifat kasih sayang kepada makhluk hidup. Dalam berperang, Nabi Muhammad saw. melarang para sahabatnya merusak tumbuh-tumbuhan agar keseimbangan alam terjaga. Dalam bergaul, Nabi Muhammad saw., memiliki sifat jujur, amanah, dan ramah.
  3. Nabi Muhammad Saw. sejak kecil memiliki sikap kasih sayang terhadap sesama, baik terhadap anak-anak, anak yatim, orang sakit, perempuan janda, maupun terhadap orang yang pernah me-musuhinya. Akhlak mulia adalah akhlak yang sesuai dengan ajaran Al-Qur'an.
  4. Apa yang disukai dan dibenci oleh Nabi Muhammad Saw. itu adalah apa yang disukai dan dibenci Al Qur'an. Nabi Muhammad Saw. tidak hanya menyayangi sesama manusia, tetapi sayang juga terhadap lingkungan, baik terhadap binatang maupun tumbuhan.
  5. Rasulullah memperlakukan binatang dengan lemah lembut. Menyantuni binatang akan mendapat pahala dari Allah Swt. Rasulullah juga melarang bersikap kasar terhadap binatang.
  6. Rasulullah tidak pernah memukul sesuatu pun dengan tangannya. Menunggangi binatang secara baik dan jika menyembelih maka disembelih secara baik. Nabi Muhammad Saw. melarang kita menebang pohon secara sembarangan, terutama pohon-pohon yang berbuah.
  7. Beliau menyuruh kita untuk menanam tanaman yang bermanfaat. Kita tidak boleh berbuat kerusakan di muka bumi karena Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
Adapun RPP tentang Materi tentang Kepribadian Nabi Muhammad, Silakan download [ di sini..!! ]

Pada BAB III menjelaskan tentang Hijrah Para Shahabat Nabi Muhammad ke Habasyah. Adapun ringkasan Materi pembelajarannya adalah sebagai berikut:
  1. Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya agar berlaku sabar atas segala sesuatu yang menimpa dirinya. Namun, sabar bukan berarti kita harus diam tanpa usaha. Sabar sesungguhnya adalah berserah diri kepada Allah swt. sambil melakukan suatu usaha. Demikian pula yang dilakukan kaum Muslimin, mereka sabar dalam mempertahankan aqidah Islam, mereka juga sabar dalam menerima kekejaman kaum Quraisy. Namun, mereka juga berusaha untuk menghindari kekejaman dengan cara mereka mengikuti perintah Rasulullah saw. untuk melaksanakan hijrah ke Habasyah.
  2. Demikian pula kita harus meneladani kesabaran kaum Muslimin dalam menempuh perjalanan jauh demi mempertahankan aqidah. Mereka sabar dan tidak putus asa walaupun harus berjalan di padang pasir yang panas pada siang hari dan dingin pada malam hari. Mereka yakin bahwa perjalanan mereka akan mendapat ridha dan berkah dari Allah swt. dalam mempertahankan ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Dengan keyakinan itu, mereka akhirnya mendapat suatu kebahagiaan. Raja Habasyah menerima, melindungi, dan mengizinkan mereka tinggal di kerajaannya dengan aman dan tenteram. Rangkuman. Nabi Muhammad saw, hijrah ke Habasyah untuk menghindari penderitaan kaum muslimin dan negeri Habasyah jauh dari kaum kafir Quraisy. Raja Habasyah yang mau menerima dengan baik kedatangan kaum Muslimin bernama Negus. Di Habasyah, kaum Muslimin hidup aman dan tenteram. 
  3. Adapun Sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. menganjurkan para sahabat hijrah ke Habasyah karena ancaman dan siksaan kaum Kafir Quraisy, memperluas daerah penyebaran agama Islam dan di Negeri Habasyah terkenal rajanya yang bijaksana.
  4. Hijrah para sahabat ke Habasyah tahap pertama diikuti lima belas orang, terdiri atas sepuluh orang laki-laki dan lima orang perempuan.
  5. Hijrah para sahabat ke Habasyah tahap kedua diikuti seratus satu orang terdiri atas 83 orang laki-laki dan 18 orang perempuan.
  6. Raja Habasyah adalah raja yang sangat bijaksana. Kaum muslimin yang hijrah ke Habasyah dilindungi dari ancaman kaum Kafir Quraisy.
  7. Kaum Muslimin yang hijrah ke Habasyah selalu sabar dan tabah menghadapi ancaman dan siksaan kaum kaum Kafir Quraisy.
Adapun RPP tentang Materi tentang Hijrahnya para shahabat Nabi Muhammad ke Habasyah, Silakan download [ di sini..!! ]

Download Juga:
  • Silabus SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • PROMES SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • PROTA SKI Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • Penetapan Indikator SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • Pemetaan Kompetensi Indikator SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • KKM SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • Analisis KI / KD Mapel SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]
  • Analisis Alokasi Waktu SKI Semester Ganjil Kelas 4 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini...!! ]

Juga Tersedia:

Kumpulan RPP Mapel Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Ibtidaiyah [di sini..!!]

Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini..!!!]