Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP SKI Kelas 3 Semester Ganjil Terbaru

Download RPP SKI Kelas 3 Semester Ganjil Terbaru

Pada RPP SKI kelas 3 semester ganjil terdiri dari V BAB. Penjelasannya adalah sebagai berikut:


Pada BAB I menjelaskan tentang Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam. Materi pembelajarannya adalah menyangkut dengan:
  1. Jazirah Arab merupakan wilayah padang pasir yang terletak di bagian barat daya asia. Jazirah adalah padang pasir terluas dan tergersang di dunia.
  2. Tihamah, Hijaz, Najed, Yaman, dan Al-Arudh adalah 5 wilayah Jazirah Arab berdasarkan keadaan alamnya.
  3. Nabi Muhammad Saw. tergolong bangsa Arab Al-Musta'ribah. Sedangkan Bangsa Arab terdiri dari 3 bangsa besar yaitu, Arab Al-Baidah, Arab Al-' Aribah, dan Arab Al Musta'ribah.
  4. Bangsa Arab Jahiliyah suka berkelompok berdasarkan bani (marga). Bani ini berkelompok menjadi satu kabilah (suku).
  5. Kebiasaan buruk bangsa Arab, seperti: (1) menyembah berhala, dewa, malaikat, jin, roh, dan benda-benda langit seperti matahari, bulan, dan bintang. (2) percaya pada takhayul dan hantu.
  6. Sifat baik bangsa Arab, contohnya, dermawan, mereka sangat bangga jika disebut dermawan. Apabila seseorang kedatangan tamu, sementara ia tidak memiliki harta apa pun kecuali seekor unta, karena sifat dermawannya, ia rela menyembelih untuknya itu untuk menghormati tamunya.
Adapun RPP tentang Materi Tradisi Masyarakat Arab Sebelum Islam Silakan download [ di sini..!! ]

Pada BAB II materi pembelajarannya berkenaan dengan Mata Pencaharian Masyarakat Arab Sebelum Islam. Materi Pembelajarannya adalah sebagai berikut:
  1. Penduduk yang tinggal di kota disebut suku Hadary, artinya penduduk yang menetap di kota. Mata pencaharian mereka adalah berdagang. Sedangkan penduduk pedesaan disebut suku Badawi (Badui) yang suka berpindah-pindah tempat.
  2. Peternakan menjadi sumber kehidupan bagi Arab Badui. Mereka berpindah-pindah menggiring ternaknya ke daerah yang sedang musim hujan atau padang rumput. Mereka mengkonsumsi daging dan susu dari ternaknya, serta membuat pakaian dari bulu domba.
  3. Masyarakat perkotaan yang tinggal di daerah subur, seperti Yaman, Thaif, Madinah, Najd, Khaibar atau yang lainnya, mereka menggantungkan sumber kehidupan pada pertanian.
  4. Para Kafilah Arab melakukan perjalanan niaga pada musim dingin menuju Yaman, dan perniagaan musim panas ke negeri Syam.
Adapun RPP tentang Materi Mata Pencaharian Masyarakat Arab Sebelum Islam Silakan download [ di sini..!! ]


Pada BAB III menjelaskan tentang Agama dan Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam. Materinya meliputi:
  1. Masyarakat Arab sudah mengenal nama Allah sebagai sesuatu yang layak disembah, dan zat yang maha terpuji. Ajaran ini adalah agama tauhid yang dibawa oleh Nabi Ibrahim As. kemudian dilanjutkan oleh puteranya Nabi Ismail a.s.
  2. Berawal dari seorang yang bernama Amru bin Luhai seorang pembesar suku Khuza'ah yang membawa patung berhala, dari hasil perjalanananya ke daerah Balqa di negeri Syam (Syiria).
  3. Zaman Jahiliah, artinya zaman kebodohan atau kegelapan. Maksudnya manusia pada zaman itu tidak menggunakan akal pikirannya untuk mengikuti ajaran yang benar. Mereka hanya mengikuti keinginan nafsu dan kesenangannya.
  4. Hubal yakni berhala yang terbuat dari batu akik berwarna merah dan berbentuk manusia. Hubal, dewa mereka yang terbesar diletakkan di Kabah.
  5. Masyarakat Arab jahiliyah juga menyembah, benda laingit, malaikat, menyembah jin, roh leluhur dan hantu.
Adapun RPP tentang Materi Agama dan Kepercayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam Silakan download [ di sini..!! ]

Pada BAB IV menjelaskan tentang Masa Kanak-kanak Nabi Muhammad. Materi pada BAB ini meliputi:
  1. Kelahiran Nabi Muhammad adalah kehendak Allah Swt untuk menciptakan perubahan.
  2. Rasulullah Muhammad saw. lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi.
  3. Keadaan masyarakat Mekah menjelang kelahiran Nabi Muhammad saw. akhlak atau tingkah laku dan iman mereka sangat jauh menyimpang dari ajaran Allah Swt. yang telah dibawa oleh para nabi terdahulu.
  4. Nabi diserahkan oleh ibunya kepada seorang wanita Badiyah yang bernama”Halimatussa'diyah”dari Bani Sa'ad kabilah Hawazin. Untuk disusui sesuai dengan tradisi masyarakat Arab.
  5. Nabi Muhammmad saw. dan ibunya tinggal di Madinah kurang lebih 1 bulan. Ketika akan kembali ke Makkah dan baru sampai di kampung Abwa ', tiba-tiba Aminah jatuh sakit, sehingga meninggal dan dimakamkan di sana juga.
  6. Nama Nabi Muhammad saw. itu adalah dua buah, yaitu Muhammad, nama yang diberikan oleh kakeknya (Abdul Muthalib) dan Ahmad, nama yang datang dari Allah Swt..
  7. Hingga dewasa Abu Thalib mengasuh Nabi Muhammad saw.. Dia pulalah yang melindungi jiwa Nabi Muhammad saw., baik sewaktu masih kanak-kanak maupun setelah menjadi Rasul. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw. sangat sayang terhadap pamannya itu.
Adapun RPP tentang Materi Masa Kanak-kanak Nabi Muhammad Silakan download [ di sini..!! ]

Pada BAB V menjelaskan tentang Masa Remaja Nabi Muhammad. Materinya adalah sebagai berikut:
  1. Masa remaja Nabi Muhammad saw. digunakan untuk hal yang baik. Kegiatannya adalah kegiatan yang membawa manfaat bagi dirinya dan bagi orang lain.
  2. Nabi Muhammad saw. sangat rajin bekerja. Baik membantu pekerjaan rumah, maupun membantu orang tuanya (pamannya) dalam mencari nafkah.
  3. Pada usia 12 tahun ikut dengan pamannya berniaga ke negeri Syam.
  4. Berpartisipasi dalam perang Fijar adalah bentuk sifat pemberani dari seorang remaja Muhammad, untuk mempertahan keutuhanan negerinya.
  5. Muhammad saw. menghindari semua perilaku buruk yang menjadi tradisi di kalangan pemuda seusiannya pada masa itu seperti berjudi, berzina, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga beliau dikenali sebagai As-Sadiq (yang benar) dan Al-Amin (yang dapat dipercaya).
Adapun RPP tentang Materi Masa Remaja Nabi Muhammad Silakan download [ di sini..!! ]

Download Juga:
  1. Silabus SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  2. PROMES SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  3. PROTA SKI Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  4. Penetapan Indikator SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  5. Pemetaan Kompetensi Indikator SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  6. KKM SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  7. Analisis KI / KD Mapel SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
  8. Analisis Alokasi Waktu SKI Semester Ganjil Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini ...!! ]
Juga Tersedia:
  1. Kumpulan RPP PAI Tingkat Madrasah Ibtidaiyah [di sini..!!]
  2. Silabus SKI Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [ di sini..!!!]