Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Menggapai Suatu Kebaikan

 
Anda Tidak Akan Menggapai Suatu Kebaikan, Kecuali Bila Mencintainya

MAKSUDNYA, anda tidak akan mendapatkan keunggulan dalam satu perkara, atau menggapai suatu kebaikan secara tersendiri hingga anda mencintai semua jalan yang membawa anda untuk mencapainya, dan semua sebab yang menarik anda ke sana. Sehingga, ketika anda mencapainya, anda mendapatkannya dengan dada yang lapang, dengan kalbu yang sejuk, dan dengan hati yang tenang. Dan anda berjalan menuju padanya dengan dorongan cinta yang besar untuk segera mencapainya.


Sesungguhnya hambatan besar yang ada pada orang - orang munafik, adalah mereka demikian benci terhadap kebaikan yang datang kepada mereka, sehingga mereka melakukan syiar - syiar agama dengan cara seadanya, tanpa ruh dan tanpa spirit di dalamnya. Sebagaimana dalam  firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, dalam surat An-Nisaa': 142 dan surat At-Taubah : 54.

Cinta itu pemicu semangat kerja, ruh bagi kehidupan. Tidak ada kerja yang baik kecuali dengan cinta. Ambil misal untuk anda dalam hal menuntut ilmu. Barangsiapa yang menginginkan pemahaman yang tajam, bisa secara konprehensif mencapai apa yang diinginkan, sampai pada target dan tujuan dalam ' keimaman ", maka tidak ada cara lain kecuali dengan cinta, optimisme yang disertai keinginan yang kuat dan ketekunan yang dibarengi kerinduan.

Sesungguhnya orang yang tidak senang untuk menuntut ilmu, dia tidak akan bertahan lama. Hingga akan segera mengumumkan kebangkrutan dan kegagalan mereka. Sebab bara semangat mereka demikian cepat padam, dan keinginan mereka untuk mencapai ilmu layu sebelum berkembang. Adakah anda pernah mendengar seorang ilmuwan dan intelektual yang tidak menyenangi mata studinya ? Adakah anda pernah melihat seorang faqih brilian bosan untuk belajar ? Adakah pernah sampai kepada anda bahwa seorang yang cerdas dan genius pernah meninggalkan buku bukunya ? 

Jika anda ingin menapaki perjalanan nan indah dalam pekerjaan pekerjaan yang baik, jadikanlah rasa cinta mengusai semua kepedulian dan perhatian anda dan menjadi penentu semua emosi anda. Dengan cinta anda pada sesuatu, maka anda akan unggul, akan melejit dan akan melakukan lompatan - lompatan berarti. Hanya kepada Allah, kita memohon pertolongan. Wallahu Al - Mustaan.
 

Sumber:

Buku "Hadaa'iq Dzatu Bahjah" yang di tulis oleh 'Aidh Abdullah Al-Qarni