Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB III Metode Tabyin Dalam Persektif Al-qur'an


                                               
metodelogi Pendidikan Islam

BAB III

KESIMPULAN

Berdasarkan uraian-uraian yang penulis kemukakan pada bab sebelumnya, maka pada bab terakhir ini penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan yaitu:
  1. Metode Tabyin adalah suatu cara atau system penjelasan dengan menggunakan keterangan dan hujjah yang nyata menyangkut dengan proses pendidikan islam.
  2. Metode Tabyin yang sangat banyak sekali dijelaskan dalam al-qur’an tentang cara pemakaian yang tepat. Adapun hal yang penulis anggap urgen untuk dikaji dalam makalah ini tentang pemakaian metode tabyin yang perlu untuk dikembangkan adalah sebagai berikut: Untuk check and recheck informasi, Untuk menjelaskan kebenaran yang hakiki, Untuk memberikan penjelasan yang tepat, Untuk mendidik ketelitian, Untuk pembuktian suatu hal, Mengingatkan kepad sejarah masa lalu, Untuk menguatkan keyakinan.
  3. Penerapan metode tabyin dalam pendidikan islam dapat digabungkan dengan beberapa teknik yang sesuai seperti: Teknik mendengar, Teknik membaca, Teknik mengalihkan realitas indrawi kepada realitas kejiwaan, yaitu Teknik untuk memperkuat dan meyakini sebuah teori ilmu pengetahuan, Teknik pertanyaan untuk menyelami kecerdasan dan pemahaman, Teknik argumentasi ,Teknik mengarahkan kepada pemikiran yang bernilai tinggi, Teknik mendekatkan realitas abstrak dalam bentuk konkret, serta Teknik Menjelaskan suatu kebenaran yang sesuai dengan hakikatnya dengan gamblang dan objektif