Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semua Asma Allah adalah Indah

Semua Asma Allah adalah Indah

Semua Asma Allah adalah Indah

Nama Allah semuanya indah, dan sama sekali tidak ada padanya nama selain yang demikian itu.

Pada pembicaraan yang lalu disebutkan bahwasanya sebagian dari asma-Nya diambil dari perbuatan-Nya, seperti al-Khaaliq (Yang Menciptakan), ar-Raaziq (Yang Memberi Rizki), al-Muhyi (Yang Menghidupkan) dan al-Mumiit (Yang Mematikan). 

Ini menunjukkan bahwasanya semua perbuatan- Nya merupakan kebaikan yang bersifat absolut, tiada kejahatan padanya. Sebab, bila dikatakan bahwa Allah melakukan perbuatan jahat, tentu artinya tidak semua nama-Nya indah, dan ini adalah pendapat yang bathil.

Kejahatan tidak kembali kepada-Nya. Dan, sebagaimana kejahatan tidak termasuk dalam sifat dan Dzat-Nya, maka ia juga tidak masuk pada perbuatan-Nya. Kejahatan tidak terpulang kepada-Nya dan tidak disandarkan kepada-Nya, baik pada perbuatan maupun pada sifat.

Kejahatan yang ada kembali kepada makhluk. Bedakan antara perbuatan Allah dengan makhluk-Nya. Kejahatan yang terjadi itu dilakukan oleh makhluk-Nya yang sangat berbeda dengan-Nya.

Dalam arti lain, kejahatan itu tidak terjadi karena Dia yang melakukannya. Camkanlah hal ini, karena kebanyakan mutakallimiin (ahli kalam) tidak memahaminya dan banyak orang yang tersesat dalam masalah ini.

Allah memberi petunjuk-dengan izin-Nya-kepada ahlul haq (orang-orang yang benar) ketika orang-orang lainnya tengah berselisih tentang masalah ini. Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya menuju ke jalan yang lurus.

Referensi Berdasarkan Buku Syarah Asmaul Husna Karangan Dr.Sa'id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani