Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Minta Tolong Kepada Allah

 

Meminta dan Memohon Pertolongan Hanya kepada Allah

HADITS Pentingnya Meminta Pertolongan itu hanya kepada Allah

 إِذَا سَأَلْتَ فَسْئَلِ اللهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ (رواه الترمذي)

 "Jika kamu meminta, maka mintalah kepada Allah dan jika kamu memohon pertolongan, mohonlah pertolongan kepada Allah." (HR. Tirmidzi)

SYARAH HADITS

Hadits di atas menjelaskan kepada kita agar senantiasa menggantungkan hati kepada Allah Jalla Jalaluh. Allah sangat suka untuk diminta. Allah mengatakan:

"Dan Tuhan yang memeliharamu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku kabulkan." (Ghafir: 60)

Allah tempat meminta, oleh karenanya kita harus melatih diri untuk senantiasa meminta kepada Allah. Itulah mengapa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam mengajarkan kita untuk berdoa dalam segala hal, dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali.

Kejadian apa saja Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam selalu mengajarkan kita untuk berdoa (meminta) kepada Allah Jalla Jalaluh. Kenapa? Karena hati seorang hamba, semakin dia meminta (bergantung) kepada Allah, maka dia semakin dekat dengan Allah dan semakin tinggi derajatnya di sisi Allah Jalla Jalaluh.

Biasakan kita meminta kepada Allah dalam segala hal. Jangankan urusan khirat, urusan dunia pun kita minta kepada Allah Jalla Jalaluh. Karena jika seseorang meminta kepada manusia, walau bagaimanapun akan nerasa rendah di hadapan manusia tersebut.

Jika Allah tidak dimintai, maka Dia murka. Berbeda dengan anak Adam, jika diminta justru murka. Oleh karenanya, seseorang hendaknya meminta hanya kepada Allah Jalla Jalaluh.