Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PELATIHAN IKM BERBASIS KOMUNITAS

PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA  BERBASIS KOMUNITAS

Kompetensi"Memahami sumber-sumber belajar"

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka bisa berjalan dengan baik jika semua komponen dapat terlibat secara aktif mendukung dan berperan sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya. Komponen ini baik dari internal Kementerian Agama sebagai yang memiliki kebijakan pengembangan kurikulum, pimpinan dan warga madrasah yang menjalankan kurikulum, maupun pihak lain yang mendukung pelaksanaan kurikulum, seperti perguruan tinggi, LSM, Lembaga keagamaan yang memiliki konsen pengembangan pendidikan, dan lainnya.

Selain itu, penunjang penting dalam pelaksanaan kurikulum adalah sumber-sumber belajar yang juga dapat memberikan sarana bagi warga madrasah dalam melaksanakan kurikulum. Karena kurikulum merdeka ini memilih strategi dalam implementasinya memanfaatkan dan memaksimalkan digital dengan mengembangkan menggunakan platform digital, maka semua komponen pelaksana kurikulum harus memahami untuk bisa memanfaatkannya secara optimal.

Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi.

Platform Merdeka Mengajar dapat digunakan melalui aplikasi di gawai Android atau melalui laman situs. 

Untuk dapat masuk ke Platform Merdeka Mengajar, gunakan akun Belajar.id. Jika belum memiliki akun Belajar.id, pendidik dan tenaga kependidikan yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) bisa mendapatkan akun Belajar.id secara mandiri melalui tautan.  

Jika sudah memiliki akun Belajar.id, masuk ke pengaturan lalu klik “Masuk”. Pilih akun Belajar.id yang akan digunakan, jika tidak ada email yang sesuai, pilih tambahkan akun lain (mengisi e-mail dan password). Selanjutnya, klik “Saya setuju”

Menu Pada Platform Merdeka Mengajar

Tentang Kurikulum Merdeka: Berisi informasi lengkap mengenai prinsip dan dokumen-dokumen penting terkait Implementasi Kurikulum Merdeka seperti Panduan Pembelajaran & Asesmen, Capaian Pembelajaran (CP) & Contoh-contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka Mengajar

Asesmen Murid

Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Perangkat Ajar

Berisi beragam referensi perangkat ajar untuk guru berbasis kurikulum merdeka yang bisa diunduh, dibagikan ataupun membuat folder RPP, Bahan Ajar, Modul Proyek Buku Murid.