Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS ARBAIN #26 MENSYUKURI NIKMAT ALLAH

HADITS ARBAIN #26 MENSYUKURI NIKMAT ALLAH
HADITS KE-26 MENSYUKURI NIKMAT ALLAH

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ - قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : "كُلُّ سُلَامَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلِّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَايَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةِ تَمْشِيْهَا إلَى الصَّلاة صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah diriwayatkan bahwa ia berkata: Rasulullah pernah bersabda: "Setiap ruas tulang manusia harus bersedekah, setiap hari selama matahari masih terbit. Engkau mendamaikan dua orang yang berselisih adalah sedekah; engkau menolong seseorang untuk menaiki tunggangannya atau menaikkan barang-barang ke atas tunggangannya adalah sedekah; kata yang baik adalah sedekah; setiap langkah yang diayunkan menuju shalat adalah sedekah; serta engkau singkirkan gangguan dari jalan juga merupakan sedekah." HR. Al-Bukhari dan Muslim.

PENGANTAR

Hadits ini begitu agung dan merupakan salah satu dari kaedah agama yang lurus. Sebab, hadits ini menjelaskan bahwa amal-amal shalih itu tidak hanya terbatas pada amalan yang dilakukan oleh manusia itu, akan tetapi setiap amalan yang di dalamnya terdapat nasehat untuk manusia lain juga ada pahalanya.

PENJELASAN

Sabda Nabi:

كُلُّ سُلَامَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ

"Setiap ruas tulang manusia harus bersedekah." Disebutkan bahwa jumlah ruas ini adalah sebanyak 160. Masing-masingnya setiap hari wajib bersedekah. Setiap bentuk amal kebajikan yang berupa tasbih, atau tahlil, atau takbir, atau langkah yang diayunkan menuju shalat seluruhnya adalah sedekah. Barangsiapa yang menunaikan hal ini di awal harinya, maka ia berarti telah menunaikan zakat jasadnya, sehingga ia akan bisa menjaga selebihnya. 

Dalam hadits disebutkan:

إِنَّ رَكْعَتَيْنِ مِنَ الضُّحَى تَقُوْمُ مَقَامَ ذَلِكَ

"Sesungguhnya dua rekaat di waktu dhuha itu sejajar dengan semuanya itu. (HR. Ahmad dan Abu Daud)

Dalam hadits lainnya disebutkan:

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: " يَا بْنَ آدَمَ صَلِّ لِيْ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِي أُوَّلِ الْيَوْمِ أَكْفِكَ فِي أُوَّلِ الْيَوْمِ وَ أَكْفِكَ فِي آخِرِه

"Allah Ta'ala berfirman: Wahai Anak Adam, shalatlah untuk-Ku empat rekaat di awal hari, niscaya aku akan mencukupimu di awal hari dan juga mencukupimu pula di akhir hari. (HR.Ahmad dan Abu Ya'la)

MUATAN HADITS

  1. Sedekah-sedekah yang diwajibkan atas setiap hamba. 
  2. Sedekah-sedekah yang bisa dilakukan oleh setiap hamba adalah: Memperbaiki hubungan antara sesama, Membantu seseorang untuk menaiki tunggangannya, Kata-kata yang baik, Berjalan menuju shalat, Menyingkirkan ganguan dari jalan.
KESIMPULAN HADITS
  1. Badan itu ada zakatnya sebagaimana harta itu ada zakatnya.
  2. Zakatnya badan adalah amalan-amalan kebaikan.
  3. Pintu-pintu sedekah itu sangat banyak dalam Islam. 
  4. Ibadah dalam Islam itu tidak hanya terbatas pada keadaan tertentu.