Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS AURAT LAKI-LAKI

HADITS AURAT LAKI-LAKI

AURAT LAKI-LAKI

453) Ali ibn Abi Thalib ra, berkata:

ٍقَالَ رَسُولُ اللهِ لَا تُبْرِزْ فَخِذَكَ وَلَا تَنْظُرْ إِلىَ فَخِذِ حَيٍّ وَلَا مَيِّت

"Nabi saw. bersabda: Janganlah kamu memperlihatkan pahamu dan janganlah kamu melihat kepada paha orang yang masih hidup dan jangan pula kepada paha orang yang telah mati." (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah, Al-Muntaga 1: 267)

454) Ibnu Abbas ra. berkata:

إِنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: الْفَخِذُ عَوْرَةٌ
"Nabi saw. bersabda: Paha adalah aurat." (HR. Ahmad dan At-Turmudzy, Al- Muntaga 1: 267) 

455) Muhammad ibn Jahasy ra. berkata:

مَرَّ رَسُولُ الله ﷺ عَلَى مُعْمَرَ وَفَخِذَهُ مَكْشُوْفَتَانِ، فَقَالَ: يَا مَعْمَرُ، عَطِّ فَخِذَيْكَ فَإِنَّ الفَخِذَيْنِ عَوْرَةٌ
"Suatu hari Rasulullah saw. berlalu di hadapan seorang sahabat bernama Ma'mar. Ketika itu, kedua belah paha Ma'mar terbuka. Nabi saw. berkata: Wahai Ma'mar, tutuplah kedua pahamu karena dua paha itu aurat." (HR. Ahmad dan Al- Bukhary, Al-Muntaga 1: 267)

456) Jarhad Al-Aslami ra. berkata:

مَرَّ رَسُولُ اللهِ وَعَلِيٌّ يُرْدَةٌ وَقَدْ انْكَشَفَ فَخِذِى، فَقَالَ: غَطِّ فَخِذَكَ فَإِنَّ الْفَخِذَ عَوْرَةٌ 
"Rasulullah saw, berlalu di hadapanku. Aku ketika itu berselimut dengan kain burdah (kain buatan Yaman), Pahaku terbuka. Maka Nabi saw. berkata kepadaku, tutuplah pahamu, karena paha itu aurat." (HR. Malik, Al-Muntaqa 1: 268)

457) Aisyah ra. menerangkan

اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ﷺ كَانَ جَالِسًا كَاشِفًا عَنْ فَخِذِهِ فَاسْتَأْذَنَ أَبُو بَكْرِ، فَأَذِنَ لَهُ وَهُوَ عَلَى حَالِهِ، ثُمَّ اسْتَاْذَنَ عُمَرُ فَأَذِنَ لَهُ وَهُوَ عَلَى حَالِهِ، ثُمَّ اسْتَأْذَنَ عُثْمَانُ فَارْخَى عَلَيْهِ ثِيَابَهُ, فَلَمَّا قَامُوْا قُلْتُ، يَارَسُولَ الله اِسْتَأْذَنَ أَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرُ فَأَذِنْتَ لَهُمَا وَأَنْتَ عَلَى حَالِكَ. فَلَمَّا اسْتَأْذَنَ عُثْمَانُ أَرْخَيْتَ عَلَيْكَ ثَيَابَكَ فَقَالَ: يَا عَائِشَةَ أَلَا أَسْتَحْيِ مِنْ رَجُلٍ وَاللَّهُِ إِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَسْتَحْيِ مِنْهُ
"Bahwasanya Rasulullah saw. duduk pada suatu hari dengan membuka pahanya. Abu Bakar meminta izin masuk, Rasulullah mengijinkannya, sedang pahanya masih terbuka. Sesudah itu datang 'Umar, meminta izin masuk. Rasul mengijinkannya. Sesudah itu, datanglah Utsman, maka barulah Nabi menutupkan pahalanya. Ketika mereka telah pulang, aku ('Aisyah) bertanya: Wahai Rasulullah, ketika Abu Bakar dan 'Umar masuk, paha tuan tetap terbuka. Tetapi ketika Utsman masuk, tuan menurunkan kain. Maka Nabi menjawab: Wahai 'Aisyah, apakah aku tidak malu kepada orang demi Allah, yang dimalui adalah Malaikat?" (HR. Malik, Ahmad, Abu Daud dan At-Turmudzy, Al-Muntaqa 1: 268)

458) Anas ibn Malik ra. menerangkan:

ِاِنَّ النَّبِيَّ يَوْمَ خَيْبَرَ خَسَرَ الْإِزَارَ عَنْ فَخِذِهِ حَتَّى إِنِّى لَأَنْظُرُ إِلَى بَيَاض فَخِذِهِ
"Bahwasanya Rasulullah saw. pada Perang Khaibar, mengangkat kain dari pahanya (membukakan pahanya), lantaran itu, dapatlah aku melihat warna pahanya yang putih bersih." (HR. Ahmad, dan Bukhary, Al-Muntaqa 1: 270)

SYARAH HADITS

Hadits (453), Abu Daud mengatakan, "Dalam sanad hadits ini, ada orang diingkari riwayatnya." Hadits ini menyatakan bahwa paha adalah aurat.

Hadits (454). At-Turmudzy mengatakan, "Hadits ini hasan gharib." Al- Baihaqi mengatakan, "Hadits ini shahih." Alauddin At-Turmudzy mengatakan, "Dalam hadits ini terdapat orang yang bernama Abu Yahya Al-Qattat, seorang yang banyak meriwayatkan hadits yang lemah." Yahya ibn Ma'in mengatakan, "Dalam sanad hadits ini, ada kelemahan." Al-Bukhary, menurut riwayat Ad-Daraquthni dan Ibnu Daqiqil Id juga melemahkan hadits ini. Hadits ini menyatakan, bahwa paha adalah aurat.

Hadits (455), diriwayatkan oleh Al-Bukhary dalam Tarikh-nya. Dalam sanad ini ada orang yang cacat. Demikian kata Ibnu Hajar dalamn Fathul Bari. Alauddin At-Turkumani mengatakan, "Dalam sanad hadits ini terdapat dua illat." Hadits ini me nyatakan, bahwa paha adalah aurat. 

Hadits (456) diriwayatkan oleh Malik dalam Al-Muwaththa. Diriwayatkan juga oleh Ahmad, Abu Daud dan At-Turmudzy dari Jarhad Al-Aslami. Turmudzy mengatakan, "Hadits ini hasan." Alauddin At-Turkumani mengatakan, "Hadits ini tidak hasan. Di dalamnya terdapat tiga kecacatan, bahkan sanadnya terbolak balik, atau kacau. Hal ini telah ditegaskan juga oleh Ibnu Qaththan." Al-Haitamy mengatakan dalam Majma uz Zawaid, "Dalam hadits Jarhad ini terdapat seseorang yang dhaif, yaitu Abdurrahman ibn Abu Zinad." Hadits menyatakan, bahwa paha adalah aurat.

Hadits ini (457), juga diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim dari Jabir dengan cara ta'liq. Hadits ini menyatakan, bahwa paha bukan aurat.

Hadits (458), menyatakan bahwa paha bukan aurat. Ahli hadits berbeda pendapat tentang paha, apakah aurat atau bukan. Golongan yang berpegang kepada hadits Ali, Ibnu Abbas, Muhammad ibn Jahasy dan Jarhad Al-Aslami menetapkan, bahwa paha adalah aurat. Golongan yang berpegang kepada hadits 'Aisyah dan Anas menetapkan, bahwa "paha" bukan aurat.

An-Nawawy mengatakan, "Pendapat yang masyhur dalam madzhab Asy-Syafi'y menetapkan, bahwa aurat laki-laki ialah bagian badan antara pusar dengan lutut." Menurut pendapat Abu Hanifah, aurat laki-laki, dari lutut ke pusar. Pusar bukan aurat. Pendapat ini, diterima dari Atha'. Daud dan Muhammad Ibnu Jarir mengatakan, "Aurat hanyalah dua kemaluan." Ibnu Hazm mengatakan, "Aurat yang difardhukan bagi laki-untuk laki menutupinya di luar dan di dalam shalat hanyalah zakar dan halqah (lubang) dubur."

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi mengatakan, "Aurat, menurut nash Ahmad, Malik dan Asy-Syafi'y ialah bagian yang berada di antara pusar dan lutut. Pusar dan kedua lutut bukan aurat." Menurut madzhab Abu Hanifah, lutut termasuk aurat, dan pusar tidak. Aurat wajib ditutup dengan kain yang tidak tembus pandang. Kalau kain tersebut tipis, hingga nampak warna kulit seseorang tidak sah shalatnya. Kalau menutupi wamanya, walaupun sangat lekat, yakni kelihatan bentuk anggota (badan), diperbolehkan.

Hadits di atas, satu sama lain berlainan lahirnya. Karena itu, perlu dikumpulkan (dikompromikan). Kesimpulannya, menetapkan bahwa: 

  • Membuka paha adalah makruh (menutupinya sunnat, tidak fardhu). Adapun yang fardhu ditutupi adalah dua kemaluan saja. 
  • Aurat ada dua macam. Pertama, aurat mughalladhah. Kedua, sunnat mukhaffafah.
  • Aurat yang dimaksud hadits 'Ali, Ibnu Abbas dan Jarhad, adalah kedua macam aurat tersebut. Aurat yang dikehendaki hadits 'Aisyah dan Anas, aurat mughaladhah saja. Aurat mughaladhah (yang amat sangat kita dituntut menutupinya), ialah qubul dan dubur. Aurat mukhaffafah yang dipandang kurang baik terbukanya ialah paha. 
  • Nabi mencegah dan Nabi melakukan yang dicegah tersebut, memberi kesan, bahwa cegahan tersebut bersifat makruh dan perbuatannya bersifat mubah, bukan sunnat. Membuka (memperlihatkan) paha tidak untuk Nabi saw. saja, seperti yang dikatakan oleh sebagian ahli ilmu."

Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy dalam buku Koleksi Hadits-hadits Hukum-1 Bab Aurat laki-laki