Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Metode Mengajar Guru Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Analisis Metode Mengajar Guru Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Analisis Metode Mengajar Guru Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah MI Banda Masen Lhokseumawe

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MI Banda Masen yang terletak pada jl. Kenari lr.Pemda Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, NAD. Peneliti memilih kelas 5 Hamzah fansuri untuk melakukan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ekletik yang dimana guru menggabungkan suatu metode dengan metode lainnya. metode yang diajar guru sesuai dengan materi, hanya saja terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung, karena kurangnya media pembelajaran, bahan ajar dan juga motivasi belajar siswa khususnya belajar Bahasa arab, Sebaiknya guru senantiasa melakukan personal-quality control agar pembelajaran memberikan makna bagi perubahan perilaku peserta didik dan guru mampu mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Kata Kunci : Analisis,Metode Pembelajaran

Abstract

This study aims to analyze the Arabic learning method used by the teacher during the learning process. This research was conducted at the MI Banda Masen school which is located on Jl. Kenari lr. Pemda Kec. Banda Sakti, Lhokseumawe City, NAD. The researcher chose class 5 Hamzah fansuri to do the research. Based on the results of the study it can be concluded that in the learning process the teacher uses an eclectic method in which the teacher combines one method with another. the method taught by the teacher is in accordance with the material, it's just that there are some students who pay less attention to the teacher's explanation during the learning process, due to a lack of learning media, teaching materials and also student learning motivation, especially learning Arabic, It is better for the teacher to always carry out personal-quality control so that learning gives meaning to changes in the behavior of students and the teacher is able to develop learning methods so that the learning process achieves effective learning objectives.

Keyword : Analysis/Learning methods

PENDAHULUAN

Setiap manusia mempunyai kemampuan dan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami pelajaran, hingga yang lamban. Mulai dari siswa yang berprestasi, hingga anak yang sarat akan masalah.

Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik. Dalam hal ini saya selaku mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab melakukan observasi di Mis Banda Masen untuk memenuhi tugas dalam bentuk laporan observasi pembelajaran di kelas. Laporan hasil observasi ini disusun untuk mememenuhi tugas mata kuliah Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Dengan adanya observasi ini kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran, kemudian kita sebagai guru tentunya dapat memilih metode mana yang bagus dan efektif untuk diajarkan kepada siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.

PELAKSANAAN OBSERVASI

Tempat dan waktu pelaksanaan

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana metode guru dalam proses pembelajaran di sekolah terkhusus pada pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MI Banda masen yang terletak di Jl. Pemda, kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, dengan kepala sekolah ibu Asmatun, S.Ag, M.A, guru yang mengajar disekolah ini sebanyak 25 Kelas, dan guru yang mengajar Bahasa Arab bernama Muthmainnah, S.Pd, siswa disekolah ini berjumlah 340 siswa. MI Banda Masen berjumlah 15 kelas yang terdiri dari kelas 1 (2 kelas), kelas 2 (2 kelas), kelas 3 (2 kelas), kelas 4 (3 kelas), kelas 5 (3 kelas), kelas 6 (3 kelas). Oleh karena itu, peneliti memilih kelas 5 Hamzah Fansuri yang berjumlah 25 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan untuk meneliti bagaimana proses belajar mengajar dan metode apa yang guru gunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Aspek-aspek yang berkaitan dengan observasi

Guru Bahasa Arab : Muthmainnah, S.Pd.

Mata pelajaran : Bahasa Arab

HASIL PENGAMATAN

Observasi ini dilakukan secara langsung oleh peneliti dikelas 5 hamzah fansuri ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, berikut ini rincian kegiatan guru dan siswa saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran di kelas.

Kegiatan guru dan siswa
  • Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa siswa dengan salam.
  • guru mengecek kehadiran siswa
  • guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. a. siswa menjawab salam dan membaca doa sebelum memulai proses pembelajaran.
  • siswa menyahut saat dipanggil
  • mendengarkan penjelasan guru
  • Guru meminta siswa membuka materi اعضاء الجسم yang akan diajarkan. Siswa membuka buku materi dan mengamati gambar tentang anggota tubuh
  • Guru menjelaskan materi tentang اعضاء الجسم kepada siswa. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang اعضاء الجسم
  • Guru memberikan materi اعضاء الجسم berupa teks bacaan. Siswa memperhatikan secara seksama teks bacaan tersebut.
  • Guru membaca teks bacaan secara perlahan dengan gerakan-gerakan dan isyarat dari guru. Siswa menyimak teks bacaan yang dibaca guru.
  • guru mengulang kembali teks bacaan tersebut. siswa mengikuti bacaan guru beserta gerakan tersebut.
  • guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari kosakata atau bacaan yang sulit dipahami. Siswa mencari kosakata atau bacaan yang sulit dipahami dan menanyakan kepada guru.
  • Guru menjawab pertanyaan siswa dan menulis kosakata tersebut di papan tulis. Siswa mendengar jawaban dari guru dan menyalin kosakata tersebut.
  • Guru memberikan latihan PR kepada siswa terkait materi اعضاء الجسم Siswa mendapat latihan PR untuk dikumpulkan minggu depan.
  • Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan nasihat dan mengucapkan salam Siswa menjawab salam guru
ANALISIS METODE PEMBELAJARAN

Penelitian ini dilakukan langsung pada saat proses pembelajaran dan berfokus kepada metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas 5 Hamzah fansuri. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan penggabungan metode pembelajaran, metode tersebut adalah Metode ekletik. Metode ekletik merupakan metode pembelajaran yang mengkombinasikan beberapa metode, sehingga siswa tidak merasa bosan dan semakin antusias dalam belajar, Guru menggunakan metode tersebut dikarenakan siswa kurang dalam memahami kosakata bahasa arab dan juga kurang dalam memahami teks bacaan Bahasa Arab.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti saat proses pembelajaran Bahasa Arab berlangsung dan wawancara dengan guru, yaitu ibu Nanda Masna diperoleh informasi bahwa aktivitas belajar siswa kelas 5 Hamzah Fansuri secara umum tergolong baik, dan metode yang diajar guru sesuai dengan materi, hanya saja terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru saat proses pembelajaran berlangsung, karena kurangnya media pembelajaran, bahan ajar dan juga motivasi belajar siswa khususnya belajar Bahasa arab, juga disebabkan oleh berbagai faktor yang datang dari dalam diri siswa seperti tidak suka Bahasa arab.

Sebaiknya guru senantiasa melakukan personal-quality control untuk menjamin mutu pembelajaran sebagai bagian penting kewajiban seorang guru. Penggunaan teori belajar untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran dilaksanakan dikelas harus melihat pada kondisi-kondisi tertentu, seperti peserta didik, materi pembelajaran dan lainnya. Hal ini dimaksud agar pembelajaran memberikan makna bagi perubahan perilaku peserta didik dan guru mampu mengembangkan metode pembelajaran sehingga proses pembelajaran mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.