Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Berhubungan Di Siang Hari Bulan Ramadhan

Hukum Berhubungan Di Siang Hari Bulan Ramadhan

Ketika masuk dalam puasa, kaum muslimin harus menahan diri dan diharamkan makan minum dan bersetubuh, ialah terbit fajar shadiq.

Demikianlah Mazhab Asy Syafi'i dan demikianlah Mazhab Abu Hanifah, Malik, Ahmad dan Jumhur ulama Shahabat, Tabi'in dan orang-orang sesudah mereka.

Berkatalah Ibn Mundzir: "Kami meriwayatkan dari Ali bahwasanya beliau itu mengatakan, ketika telah bershalat shubuh: "Sekaranglah kita mulai puasa ketika telah terang benang putih dari benang hitam."

Dan diriwayatkan dari Abu Hudzaifah bahwa beliau tatkala telah terbit fajar, bersahur kemudian Shalat, Berkata Masruq: "Tiadalah para Shahabat menganggap fajar, fajarmu ini. Mereka memandang fajar, ialah sinar yang me menuhi rumah dan jalan-jalan."

Berkata Ibn Mundzir lagi: Ishaq condong pada pendapat pertama tanpa mencela golongan kedua. Ishaq berkata: Tak ada qadla atas orang yang makan di waktu yang disebutkan tokoh-tokoh agama itu. Dinukilkan oleh ulama-ulama Syafi'iyah bahwa A'masy membolehkan makan dan lain-lain hingga terbit matahari. Mungkin riwayat ini tidak benar berasal daripadanya.

Boleh makan minum dan bersetubuh sampai terbit fajar, Hukum ini tidak diperselisihkan para ulama.

Andaikata seseorang ragu telah terbit fajar, apakah fajar telah terbit, atau belum, bolehlah ia makan dan minum juga bersetubuh, sehingga telah pasti terbit fajar.

Andaikata seseorang makan sedang dia ragu tentang terbit fajar dan tidak nyata kepadanya apa-apa, sesudah dia makan, sahlah puasanya, tak ada qadla atasnya. Menurut Malik wajib qadla atasnya.

Andaikata seseorang menyangka telah terbenam matahari lalu bersetubuh kemudian nyata belum terbenam, wajiblah qadla atasnya.

Demikianlah Mazhab Syafi'i. Menurut Al Baghawi, Al Mutawali dan lain-lain tidak dikenakan kaffarat atasnya, karena dia dianggap ma'dzur.

Apabila seseorang bersetubuh di malam hari dan masih junub di ketika masuk Shubuh, maka puasanya sah. Demikian pula apabila berhenti darah haidl dan nifas di malam hari lalu berniat puasa esok hari, walaupun dia belum mandi sah puasanya itu.

Beginilah Madzhab Jumhur ulama Shahabat, Tabi'in dan orang sesudah mereka. Di antara yang berpendapat yang demikian, Ali, Ibnu Masud, Zaid bin Tsabit, Abu Zarda', Ibn Abbas, Ibn Umar, 'Aisyah, Jumhur Tabi'in, Ats Tsaury, Malik, Abu Hanifah, Ahmad dan Abu Tsaur.

Berkata Al Abdari: demikianlah pendapat umum Fuqaha. Dalam pada itu Salim bin Abdullah tidak mensahkan puasa orang itu. Inilah pendapat yang paling terkenal dari Abu Hurairah, Hasan, Thaus, Urawah. Menurut pendapat An Nakhai sah puasa sunat tidak puasa fardlu. Menurut pendapat Al Auza'i tidak sah puasa wanita yang berhenti haidl di malam hari lalu berniat sebelum mandi.18. Apabila fajar terbit sedang dalam mulut masih ada makanan, maka jika langsung diludah sah puasanya. Jika ditelan, barallah puasanya. Tetapi kalau berusaha meludah dan masuk sedikit makanan dalam perut tanpa sengaja, maka menurut pendapat yang paling shahih tidak batal puasa.

Apabila seseorang berjima' kemudian dia mencabut kembali dan menghentikannya persis waktu fajar, maka menurut mazhab Syafi'i tidak batal puasa dan tak ada kaffarat. Demikian pulalah mazhab Abu Hanifah dan sebahagian ulama. Menurut Malik, Al Muzani, Zufar dan Daud batal puasa dan wajib kaffarat.

Referensi Buku Pedoman Puasa Karya Hasbi Ash-Shiddieqy