Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Pemerataan Penyisihan Fahmil Qur'an

Soal Pemerataan Penyisihan Fahmil Qur'an
Paket : Soal Pemerataan Penyisihan
Kode : PTKG.3


Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.Bacakan penegasan Allah tersebut yang terdapat dalam surat Al-Hajj;37!
Jawaban:
لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

Sempurnakanlah ayat berikut ini!
مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا
Jawaban:
إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ وَالَّذِينَ يَمْكُرُونَ السَّيِّئَاتِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَكْرُ أُولَئِكَ هُوَ يَبُورُ

Terjemahkanlah ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik!
فَمَا كَانَ دَعْوَاهُمْ إِذْ جَاءَهُمْ بَأْسُنَا إِلا أَنْ قَالُوا إِنَّا كُنَّا ظَالِمِينَ
Jawaban:
Maka tidak adalah keluhan mereka di waktu datang kepada mereka siksaan Kami, kecuali mengatakan: "Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang lalim".

Coba peragakan lagu………………dengan membacakan beberapa ayat dari surat…………

Shalat sunat Rawatib terbagi kepada dua bagian; muakkad dan ghairu muakkad. Coba anda sebutkan 5 (lima) macam shalat sunat Rawatib yang muakkad?
Jawaban:
a. Dua Rakaat sebelum shalat dzuhur 
b. Dua Rakaat sesudah shalat dzuhur 
c. Dua Rakaat sesudah shalat maghrib 
d. Dua Rakaat sesudah shalat isya 
e. Dua Rakaat sebelum shalat shubuh

6. متى استقلت إندونيسيا من أيدي المستعمرين؟
Jawaban:
في السابع عشر من أغسطس سنة 1945

Apa yang disebut huruf Al-Asaliyyah, dan sebutkan huruf-hurufnya!
Jawaban:
Huruf Al-Asaliyyah adalah huruf yang keluar dari ujung lidah, bagian depan, hurufnya ada 3 : shad, zay, sin(ص –ز - س)

Mention the verse of holy Qur'an which means!: Let them adore the Lord of this House,
Jawaban:
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ

Apa yang dimaksud dengan rawi majhul?
Jawaban:
yaitu perawi hadits (rawi) yang tidak dikenal/terkenal sebagai seorang perawi hadits

Tahun berpakah BAYT AL-QUR'AN didirikan?
Jawaban:
Tahun 1997

Rasulullah SAW memerintahkan untuk menyuruh seorang anak melakukan shalat di saat berumur 7 tahun dan memukulnya di saat 10 tahun bila enggan melakukan shalat. Bacakan hadits yang menerangkan hal tersebut!
Jawaban:
مروا أولادكم بالصلاة وهم أبناء سبع واضربوهم عليها وهم أبناء عشر

Zina adalah perbuatan keji, pezina laki-laki dan pezina perempuan hukumannya didera seratus kali. Janganlah ada belas kasihan dalam melaksanakan hukum Allah jika anda orang-orang yang beriman. Coba anda baca ayat yang menyatakan demikian sebagaimana tercantum dalam surat An Nur ayat 2!
Jawaban:
الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِئَةَ جَلْدَةٍ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآَخِرِ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

hukum taklifi adalah Hukum yang mengharuskan atau membolehkan dilakukan atau ditinggalnya suatu perbuatan.Ungkapkan dalam bahsa Arab pernyataan tersebut!
Jawaban:
مااقتضى طلب فعل اوالكف عن فعل او تخييرا بين امرين

Perjanjian ini terjadi pada 1252 H antara warga Aljazair di bawah pimpinan Abdul Kadir Aljazairi di satu pihak, dengan Prancis di pihak lain. Dengan perjanjian ini, Prancis mengakui kekuasaan Abdul Kadir atas Aljazair barat, dan sebaliknya, Abdul Kadir mengakui kekuasaan Prancis atas beberapa daerah yang berada di bawah kekuasaannya.Perjanjian apakah yang dimaksud? 
Jawaban:
Perjanjian Tafna