Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fahmil qur'an Babak Pemerataan Terbaru

Fahmil qur'an Babak Pemerataan Terbaru

Paket : Soal Pemerataan Penyisihan
Kode : PTKG.2

Negara kita adalah Negeri yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, karena itu kita wajib bersyukur kepada Allah SWT dan dilarang kufur terhadap nikmat Allah tersebut. Hal ini pernah diperingatkan dalam Al Quran Surat An Nahl ayat 112 tentang keberadaan negeri yang mencapai keberhasilan dan kemajuan, aman dan tentram, tetapi rakyatnya kufur kepada Allah, lalu Allah menimpakan cobaan berupa kelaparan dan ketakutan. Coba bacakan ayat tersebut !
Jawaban:
وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَانَتْ آَمِنَةً مُطْمَئِنَّةً يَأْتِيهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِأَنْعُمِ اللَّهِ فَأَذَاقَهَا اللَّهُ لِبَاسَ الْجُوعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوا يَصْنَعُونَ

Sempurnakanlah ayat berikut ini!
فَقَالَ الْمَلأ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَوْمِهِ مَا نَرَاكَ
Jawaban:
إِلا بَشَرًا مِثْلَنَا وَمَا نَرَاكَ اتَّبَعَكَ إِلا الَّذِينَ هُمْ أَرَاذِلُنَا بَادِيَ الرَّأْيِ وَمَا نَرَى لَكُمْ عَلَيْنَا مِنْ فَضْلٍ بَلْ نَظُنُّكُمْ كَاذِبِينَ

Terjemahkanlah ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik!
وَكَمْ مِنْ قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا فَجَاءَهَا بَأْسُنَا بَيَاتًا أَوْ هُمْ قَائِلُونَ
Jawaban:
Betapa banyaknya negeri yang telah Kami binasakan, maka datanglah siksaan Kami (menimpa penduduk) nya di waktu mereka berada di malam hari, atau di waktu mereka beristirahat di tengah hari.

Coba peragakan lagu………………dengan membacakan beberapa ayat dari surat…………

Sikap hati-hati dalam fiqh Islam dikenal dengan istilah apa?
Jawaban:
Ihtiyath

. من مؤلف كتاب تنوير المقباس من تفسير ابن عباس؟
Jawaban:
الإمام فيروالزبادي

Apa yang disebut huruf Al-Lisawiyyah, dan sebutkan huruf-hurufnya
Jawaban:
Huruf Al-Litsawiyyah adalah huruf yang keluar dari gusi depan, hurufnya ada 3 :
zha, tsa, dzal.(ظ – ث - ذ)

Mention the verse of holy Qur'an which means!: on that Day will men proceed In companies sorted out, to be shown the deeds that They (had done).
Jawaban:
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ

Sikap selalu menjaga diri dari perbuatan dosa besar dan tidak berterusan melakukan dosa-dosa kecil, dalam ilmu hadits dikenal dengan istilah apa?
Jawaban:
adil/'adalah

MTQ Nasional yang ke berapakah yang dilaksanakan di Palagkaraya tanhun 2003?
Jawaban:
MTQN XX

Nabi SAW memerintahkan kita untuk makan, minum, berpakaian dan bersedekah dengan tidak boros dan sombong.Bacakan hadits yang menyatakan hal tersebut!
Jawaban:
كل واشرب والبس وتصدق في غير سرف ولا مخيلة

Siti Khadijah sangat cinta kepada Allah dan Islam ketimbang kepada hartanya. Tapi diantara manusia ada orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah bahkan mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah, orang seperti ini akan menyesal karena siksa Allah itu alangkah dahsyatnya. Bacakan ayat al Qur’an yang berkenaan dengan pernyataan tersebut yang terdapat dalam surat Al-Baqarah : 165!
Jawaban:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ وَالَّذِينَ آَمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Hukum menurut jumhur ulama adalah firman Allah yang berkaitan dengan perbuatan mukallaf berupa keharusan, pilihan dan kondisi (yang menyertainya).Ungkapkan dalam bahsa Arab pernyataan tersebut!
Jawaban:
خطاب الله المتعلق بافعال المتكلفين او تخييرا او وضعا

Siapakah pendiri kerajaan Islam Safawi? 
Jawaban:
Syah Ismail Safawi