Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Final Cerdas Cermat Materi PAI

Soal Final Cerdas Cermat Materi PAI

Tingkat : SMA/MAN                  Kode : FP.4
Paket : Final

1. Dalam surat Al-Hujrat :12, Allah berfirman : Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka , karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya..Bacakan ayat dimaksud !
Jawaban:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ (12)

2. Lanjutkan yang berikut dengan satu ayat selanjutnya!
لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍ
Jawaban:
فَمَا لَهُمْ لا يُؤْمِنُونَ

3. Siapakah anak Rasulullah yang dijuluki dengan at-thayyib?
Jawaban:
Abdullah

4. Terjemahkanlah ayat berikut ini!
إِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاءِ وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ مَا لا تَعْلَمُونَ
Jawaban:
Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.

5. Dia adalah seorang wanita Mesir yang meraih gelar doktor di bidang sastra klasik. Selain sastrawati dia juga seorang wartawati dan editor harian al-ahram Mesir. Dia dikenal dengan nama Bintu Syathi'. Dan dia menulis sebuah kitab tafsir yang dikenal dengan tafsir Binti Syathi'.Siapakah wanita dimaksud?
Jawaban:
Aisyah Abdurrahman

6. من الرئيس العام للهيئة اﻟﺘﻨﻔﻴﺬية لجمعية نهضة العلماء حاليا؟
Jawaban:
السيد عاقل سراج

7. What is the term for a jurist consult who attempts to deduce legal rulings from the source according to a certain discipline.?
Jawaban:
Mujtahid

8. Kenapa RA pada FIL BARRI dibaca TARQIQ?
Jawaban:
Karena berbaris kasrah

9. Ali Bin Abi Thalib punya asli yang Rasullullah Saw. tidak menyukainya dan memanggilnya Ali yang berarti memiliki derajat yang tinggi di sisi Allah. Siapakah nama asli Ali Bin Abi Thalib?
Jawaban:
Haydar Bin Abi Thalib

10. Nomor surat pada mushaf adalah 84 .Arti dari surat ini adalah terbelah .Surat apakah yang dimaksud? 
Jawaban:
al-insyiqaq