Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Fahmil Tingkat Madrasah Aliyah

Soal Fahmil Tingkat Madrasah Aliyah

281. Ahli waris : seorang anak perempuan, seorang saudara laki – laki kandung, suami dan ibu, harta yang ditinggalkan Rp. 180.000.000 , berapa rupiahkah bagian suami?
Jawab: 
Rp.45.000.000

282. dalam asmaul husna, Allah bersifat,at-tawwab, apa arti at-tawwab tersebut?
Jawab: 
yang maha penerima taubat

283. Dan ta’atlah kepada Allah dan Rasulnya, dan janganlah kamu berbantah – bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu. dan bersabarlah. sesungguhnya Allah berserta orang – orang yang sabar. demikian pernyataan Allah dalam surat al-Anfal :46. bacakah ayat yang dimaksud!

284. Dia hidup (1870-1910), dia berjuang melawan penjajah bersama suaminya. Teuku Cik Tunong, setelah Teuku Cik Tunong meninggal dia kawin dengan pang Nanggroe, dan juga bersamanya menentang Belanda. suami keduanya juga gugur, dia tetap berjuang menentang belanda.siapakah pahlawan manita dimaksud?
Jawab: 
Cut Meutia

285. Apa yang dimaksud dengan istishhab dalam istilah ushul fiqh?
Jawab: 
Mengambil hukum yang telah ada atau ditetapkan pada masa lalu dan tetap dipakai hingga masa selanjutnya sebelum ada hukum yang mengubahnya

286. Untuk memudahkan kita mengingat huruf tawassuth, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus. coba sebutkah kalimat dimaksud!
Jawab: 
لن عمر

287. Dalam surat al-Fushshilat : 33-34. Allah mempertanyakan : siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata : sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. senantiasalah kita berbuat baik sekalipun terhadap orang yang berbuat jahat kepada kita. bacakah ayat dimaksud?

288. Apa nama metode tafsir yang menfasirkan al-Quran dengan membandingkan berbagai perjelasan beberapa mufassir, dengan mengumpulak sejumlah ayat, mengemukakan pernafsiran para mufassir, dan menjelaskan siapa diantara mereka yang penafsirannya dipengaruhi oleh mazhab tertentu dan lain – lain?
Jawab: 
Tafsir Muqaran

289. Hai orang-orang yang berimah belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa’at. dan orang – orang kafir itulah orang – orang zalim.bacakan ayat dimaksud!

290. Siapakah pendiri sarekat dagang islam?
Jawab: 
Haji Samanhudi

291. Siapakah hafizh satu juz + tilawah terbaik 1 putra pada MTQ Nasional XX di Palangkaraya ? dan dari mana asalnya?
Jawab: 
Rajid Fandi dari provinsi NAD

292. Apa yang dimaksud dengan sadduz zari’ah dalam istilah ushul fiqh?
Jawab: 
melarang perkara – perkara yang lahirnya boleh, karena ia menjadi jalan pembuka perbuatan – perbuatan yang dilarang agama

293. Untuk memudahkan mengingat huruf Qalqalah, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus, coba sebutkan kalimat dimaksud?
Jawab: 
قطب جد

294. Dialah yang menciptakan kamu dari diri yang satu dari daripadanya dia menciptakan isterinya. agar dia merasa senang kepadanya. maka setelah dicampurinya. isterinya itu mengandung kandungan yang ringan dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami – isteri) bermohon kepada Allah, tuhannya seraya berkata : “ sesungguhnya jika engkau member kami anak yang sempurna, tentulah kami termasuk orang orang yang bersyukur”. demikan cuplikan firman Allah dalam surat al-a’raf : 189. bacakan ayat dimaksud!

295. Apa nama metode tafsir yang menjelaskan penafsiran ayat – ayat al-quran berdasark tema – tema tertentu dengan membahas ayat – ayat yang berkenaan secara mendetail dalam berbagai aspek?
Jawab: 
Tafsir Mawdhu’i

296. Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang –orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap – tiap bulir seratus biji, Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki.dan Allah maha luas (karunianya) lagi maha mengetahui. demikian pernyataan Allah dalam surat al-Baqarah : 261 . bacakan ayat dimaksud!

297. Siapakah tokoh utama gerakan DII/TII wilayah Sulawesi?
Jawab: 
Kahar Muzakkar

298. Provinsi manakah yang memperoleh predikat juara umum pada MTQ Nasional XX di Palangkaraya?
Jawab: 
Jawa Barat

299. Apa yang dimaksud dengan Mashalihul Mursalah ?
Jawab: 
penetapan hukum berdasarkan kemaslahatan, mamfaat bagi manusia atau menolah kemudharatan atas mereka

300. Untuk memudahkan kita mengingat hufur MAD LAZIM MUKHAFFAH HARFI, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus.coba sebutkan kalimat dimaksud!
Jawab: 
حي طهر