Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Fahmil Qur'an Terbaru pemerataan

Soal Fahmil Qur'an Terbaru Babak pemerataan

Paket : Soal Pemerataan Penyisihan
Kode : PTKG.1

Kita bangsa Indonesia mempunyai keaneka ragaman suku bangsa, bahasa dan agama. Kita dituntut memelihara kerukunan umat beragama secara dinamis. Dalam hal ini Allah membolehkan berbuat baik dan berlaku adil terhadap pihak agama lain selama mareka tidak memusuhi kita, seperti tertuang dalam surat Al Mumtahanah ayat 8. Bacakan ayat dimaksud !
Jawaban:
لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Sempurnakanlah ayat berikut ini!
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِنْ دُونِكُمْ..........
Jawaban:
............. لَا يَأْلُونَكُمْ خَبَالًا وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الْآيَاتِ إِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُونَ

Terjemahkanlah ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik!
اتَّبِعُوا مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ وَلا تَتَّبِعُوا مِنْ دُونِهِ أَوْلِيَاءَ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ
Jawaban:
Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya).

Coba peragakan lagu………………dengan membacakan beberapa ayat dari surat…………

Coba jelaskan awal dan akhir waktu shalat Zhuhur!
Jawaban:
Sejak matahari tergelincir dari titik kulminasinya sampai dengan bayang-bayang suatu benda sama tingginya dengan tinggi benda aslinya yang berdiri tegak lurus.

6. أين و متى انعقدت مسابقة تلاوة القران الوطنية الثامنة عشرة؟
Jawaban:
بجمبي سنة 1997

Apa yang disebut Mad Farqi, dan berikan contohnya !
Jawaban:
Mad Farqi yaitu apabila ada hamzah istifham ( أ ) bertemu dengan lam ta’rif (ال), baik diidghamkan atau sukun. Contoh الان - االذكرين

Mention the verse of holy Qur'an which means! Seest you not how your Lord dealt with the Companions of the Elephant?
Jawaban:
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ

Dalam istilah Musthalah Hadits dikenal istilah mudawwin. Coba anda jelaskan apa mudawin itu dan berikan contohnya !
Jawaban:
Ialah orang yang mencatat atau menghimpun hadits-hadits Nabi,contoh Imam Buhkari, Imam Muslim.

Kapan dilaksanakan MUNAS LPTQ yang pertama dan di kota mana?
Jawaban:
Tahun 1979 di Semarang

Nabi SAW menganjurkan kita untuk berobat karena Allah tidaklah meletakkan suatu penyakit kecuali baginya ada kesembuhan.Bacakan hadits yang berkenaan dengan pernyataan tersebut!
Jawaban:
تداووا عباد الله, فإن الله لم يضع داء إلا وضع له شفاء

Berdasarkan ayat ini nanti di akhirat Allah SWT akan menghalau ke neraka jahannan orang-orang yang mempunyai hati tapi tetapi tidak dipakai untuk meyakini dan mengamalkan ajaran Allah, punya telinga dan mata tidak dipakai mendengar dan melihat tanda-tanda kekuasaan Allah. Sikap mereka seperti binatang saja bahkan labih sesat dari itu. Coba oleh saudara bacakan ayatnya yang tertera dalam surat Al-'Araf:179!
Jawaban:
وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لايُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالأنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Ushul Fiqh menurut jumhur ulama adalah kaidah-kaidah yang menghubungkan penggalian hukum dari dalil-dalilnya.Ungkapkan dalam bahsa Arab pernyataan tersebut!
Jawaban:
القواعد التى يتوصل بها استنباط الاحكام من الادلة

Siapakah raja mongol Muslim yang hidup (1336-1405)M yang kekuasaannya meliputi sebagian besar Persia, Turki, Rusia dan India dan menjadikan Samarkand sebagai ibu kota kerajaan. 
Jawaban:
Timur Lenk