Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Fahmil Qur'an Madrasah Aliyah

Soal Fahmil Qur'an Madrasah Aliyah

Paket : Final
Kode : FAB.4

Hidayah dan taufik Allah dapat dinamakan cahaya atau nur ilahi.Pancaran cahaya tidak dianugerahi kepada setiap orang.Untuk itu agar kita mendapat pancaran cahaNya, maka kita wajib memperbaiki akhlaq kita dengan selalu berzikir kepada Allah di pagi dan sore hari, tidak dilalaikan oleh urusan perdagangan dari mengingatNya, selalu mendirikan shalat dan membayar zakat.Bacakan ayat yang menegenai hal tersebut yang tercantum dalm surat An-Nur 36-37.
Jawaban:
فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ.رِجَالٌ لا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالأبْصَارُ

Sempurnakanlah ayat berikut ini!
فَلِذَلِكَ فَادْعُ وَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ .............................
Jawaban:
فَلِذَلِكَ فَادْعُ وَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَقُلْ آَمَنْتُ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنْ كِتَابٍ وَأُمِرْتُ لِأَعْدِلَ بَيْنَكُمُ اللَّهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ لَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ لَا حُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ اللَّهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ (15)

Terjemahkanlah ayat berikut ini!
وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ لا يَبْعَثُ اللَّهُ مَنْ يَمُوتُ بَلَى وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لا يَعْلَمُونَ
Jawaban:
Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpahnya yang sungguh-sungguh: "Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati". (Tidak demikian), bahkan (pasti Allah akan membangkitkannya), sebagai suatu janji yang benar dari Allah, akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

Peragakan lagu ...... Dengan membacakan beberapa ayat dari surat.....
Jawaban:
Benar/salah

Siapakah ilmuwan muslim yang menulis kitab HAYY BIN YAQZHAN di bidang Filsafat?
Jawaban:
Ibnu Thufail

6. ماالمراد بقطع الجميع في قراءة الاستعاذة والبسملة؟
Jawaban:
قطع الاستعاذة عن البسملة عن أول السورة

Dalam pembahasa Bank syari'ah, jual beli barang dengan tambahan harta atau cost plus atas dasar harga pembelian yang pertama secara jujur, dikenal dengan istilah apa?
Jawaban:
Murabahah

hukum taklifi adalah Hukum yang mengharuskan atau membolehkan dilakukan atau ditinggalnya suatu perbuatan.Ungkapkan dalam bahsa Arab pernyataan tersebut!
Jawaban:
مااقتضى طلب فعل اوالكف عن فعل او تخييرا بين امرين

Ungkapan siapakah firman Allah berikut ini !
إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَلا تَتَّقُونَ.أَتَدْعُونَ بَعْلا وَتَذَرُونَ أَحْسَنَ الْخَالِقِينَ
Jawaban:
Ilyas AS

Apa yang anda ketahui tentang hadits maqlub?
Jawaban:
Hadits maqlub adalah hadits yang terbalik, baik dalam matan atau nama perawinya

Mention the verse of the holy Qur'an which means!
those who reject (Truth), among the people of the Book and among the Polytheists, will be In Hell-Fire, to dwell therein (for aye). They are the worst of creatures.
Jawaban:
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُولَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ