Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Fahmil Aliyah Terbaru

Soal Fahmil Aliyah Terbaru
321. Coba bacakan doa Nabi Msa agar Allah membinasakan harta benda fir’aun dan pengikut – pengikut nyan serta mengunci hati mereka karena mereka menggunakan itu untuk kesesatan, seperti tercantum dalam al-Qur’an surat Yunus :88 !

322. Apa yang dimaksud dengan ijmak Qauliy dalam pembahasan ushul fiqh?
Jawab: 
Suatu ijmak dimana para ahli ijtihad mengeluarkan pendapatnya baik lisan ataupun tulisan yang menerangkan persetujuannya atas pendapat mujtahid lainnya dimasanya

323. Dan janganlah kamu berdebat (untuk membela) orang – orang yang mengkhianiti dirinya. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang – orang yang selalu berkhianat lagi bergelimang dosa , mereka bersembunyi dari manusia tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah. padahal Allah berserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak redhai. demikan Allah menjelaskan dalam surat an-Nisa :107-108. bacakan ayat dimaksud !

324. Siapakah raja kerajaan samudra pasai yang pertama?
Jawab: 
Sultan Malikul Shaleh

325. Berapa zakatnya bila seorang muslim mempunyai 100 ekor kambing ?
Jawab: 
1 ekor kambing betina (umur 2 tahun lebih)

326. Coba bacakan doa Nabi Ibrahim yang memohon agar Kota Mekkah aman sentosa, serta penduduknya yang beriman diberi rezeki berupa buah – buahan yang subur oleh Allah SWT, sebagaimana tercantum dalam surat al –Baqarah :126

327. Dengan adanya masjid Qubba, sebagian Bani AMmar mendirikan mesjid Dhirar didekatnya karena dengki dan mengikuti perintah Abu Amir al-Fasiq. mereka meminta Nabi agar mau shalat di mesjid itu yang sedang bersiap- siap pergi perang tabuk. setelah pulang perang turunlah ayat at – taubah : 107 yang melarang Nabi Shalat di mesjid itu karena didirikan untuk memecah belah ummat. bacakan ayat yang dimaksud?

328. Apa yang dimaksud dengan Ijmak Sukutiy dalam pembahasan ilmu ushul fiqh?
Jawab: 
suatu Ijmak dimana para ahli Ijtihad diam, tidak mengatakan pendapatnya (diam dianggap setuju)

329. Orang-orang kafir selalu menarik perhatian dari segi penampilan dan ucapan mereka, meskipun semua itu hanya kamuflase yang kosong nilainya. dan mereka puas dengan hal itu, dan ini menjadi tantangan ummat Islam yang harus diberantas, demikian kandungan yang terdapat dalam surat al-Munafiqun :4 .Bacakan!

330. Siapakah Raja kerajaan Islam Demak yang diberi gelar. Senopati Jimbun Ngabdurrahman Panembahan Palembang Sayyidin panatagama?
Jawab: 
Raden Patah

331. Berapa zakatnya jika seorang muslim mempunyai 2 kg emas?
Jawab: 
50 gram

332. Dalam surat al-Baqarah : 286 terdapat doa agar kita tidak diberi beban yang tidak sanggup kita pikul.coba bacakan doa yang dimaksud.

333. orang orang yahudi mengatakan bahwa al-quran itu bertolak belakang antara satu ayat dengan ayat lainnya.satu tempat mengatakan bahwa Allah hanya memberikan ilmu kepada manusia hanya sedikit, ditempat lain mengatakan bahwa orang yang diberi hikmah ia telah diberi ilmu yang banyak. hal ini melatarbelakangi ucapan surat al-Kahfi :109.coba bacakan!

334. apa beda taqlid dengan ittiba’ dalam pembahasan ushul fiqh?
Jawab: 
Ittiba’ : mengikuti pendapat orang lain dengan mengetahui sumber atau alasan pendapat itu, sedang taqlid : mengikuti pendapat orang lain tanpa mengetahui sumber atau alasannya.

335. Ahli waris : kakek , ibu, bapak, isteri, nenek dan seorang anak perempuan, harta yang ditinggalkan 168.000.000 . berapa rupiahkah bagian bapak?
Jawab 
Rp. 35.000.000

336. In the holy quran there is a surah which means those who reject faith. what surah it is?
Jawab: 
al-Kafirun

337. Ahli waris :suami, Ayah, dan 2 orang anak laki-laki. Harta yang ditinggalkan Rp. 72.000.000,-. Berapa Rupiahkah bagian seorang anak laki-laki?
Jawab 
Rp. 21.000.000,-

338. Coba bacakan surat al-Ma’un dengan lagu Sika Turki!
Jawab 
Salah/Benar

339. Dalam asma’ul husna, Allah bersifat, al-Mu’iid, apa arti al-Mu’iid tersebut?
Jawab: 
Yang mengembalikan

340. Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan. Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat. Kecuali orang-orang yang diberi tahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat Tuhanmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan: sesungguhnya Aku akan memenuhi Neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya. Demikian Allah menjelaskan dalam surah Hud : 117-119. Bacakan ayat dimaksud!