Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Cerdas Cermat PAI Tingkat SMA

Soal Cerdas Cermat PAI Tingkat SMA
Tingkat : SMA/MAN Kode : FP.2
Paket : Final

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, sebagai sarana pendidikan Allah telah memberikan pancaindera dan hati untuk mengetahui. Al Qur’an menjelaskan bahwa Allah telah mengeluarkan manusia dari perut ibunya dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa, kemudian Tuhan menjadikan manusia pendengaran, penglihatan dan hati. Bacakan ayat dimaksud yang tersebut dalam surat An Nahl : 78!
Jawaban:
وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

2. Lanjutkan yang berikut dengan satu ayat selanjutnya!
ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيدُ
Jawaban:
فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ

3. Siapakah anak Nabi Muhammad SAW yang bungsu atau paling terakhir?
Jawaban:
Ibrahim

4. Terjemahkanlah ayat berikut ini!
مَنْ كَفَرَ بِاللَّهِ مِنْ بَعْدِ إِيمَانِهِ إِلَّا مَنْ أُكْرِهَ وَقَلْبُهُ مُطْمَئِنٌّ بِالْإِيمَانِ
Jawaban:
Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa),

5. Dia lahir tahun 1888 dan meninggal pada tahun 1956.dia berkebangsaan Mesir dan merupakan seorang penulis yang terkenal yang juga dikenal sebagai sastrawan diantara karyanya yang terkenal adalah HAYATU MUHAMMAD dan Novel ZAINAB, Siapakah tokoh muslim dimaksud?
Jawaban:
Muhammad Husein Haikal

6. قال تعالى فى سورة البقرة : قالوا ربنا أفرغ علينا صبرا وثبت أقدامنا وانصرنا على القوم الكافرين. من دعا ﻫﺬا الدعاء؟
Jawaban:
جيش طالوت

7. What is the term for a tradition that does not fit into the categories of authentic, good or dependable. It is therefore a ‘weak’ tradition?
Jawaban:
Hadits dlaif

8. Kenapa NUN pada MIN QABLIKUM dibaca Ikhfa?
Jawaban:
karena nun mati tersebut berjumpa dengan QAF

9. Siapakah yang memberitahukan kepada Umar Bin Khaththab bahwa adiknya sudah masuk Islam yang menyebabkan ia marah kepada adiknya fathimah?
Jawaban:
Naim bin Abdullah

10. Nomor surat pada mushaf adalah 100.Arti dari surat ini adalah kuda pe`rang yang berlari kencang .Surat apakah yang dimaksud?
Jawaban:
al-'adiyat