Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Musabaqah Fahmil Terbaru

Kumpulan Soal Musabaqah Fahmil Terbaru
241. Sebelum datang Islam, di kota Mekkah sudah terbentuk sistim pemerintahan yang terdiri dari beberapa majelis (department) . apa nama majelis yang mengurus urusan makanan, terutaman untuk para jama’ah haji yang datang dari luar?
jawab: 
Majelis Ar- Rifadah

242. Provinsi manakah yang menjadi juara umum pada MTQ Nasional XXI?
Jawab: 
DKI Jakarta

243. Apa hukum membaca Talbiyah dalam pelaksanaan haji ?
Jawab: 
Sunat

244. Jelaskan perbedaan antara makhraj huruf Shad (ص) dan huruf Dhad (ض) !
Jawab: 
Makhraj hurud Shad (ص) pada ujung lidah dengan rongga antara gigi atas dan bawah dekat dengan gigi atas, sedang makhraj huruf dhah (ض) pada salah satu tepi lidah (ihda haffatay al – lisan) dengan geraham atas

245. Sikap menghargai materi adalah baik , tetapi mendewakan materi dengan menganggapnya sebagai ukuran paling mendasar untuk menilai hidup ini adalah tidak tepat. dalam kaitan ini. 15 abad yang lalu AL-Quran telah memperingatkan bahwa jika selain al-Quran dan rasulnya serta berjuang dijalannya lebih disukai dan dicintai, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya berupa siksaanNya baik siksa dunia maupun akhirat. demikian Allah mengungkapkan dalam surat at-Taubah : 24. coba bacakan ayat dimaksud!

246. Perang apakah dalam sejarah Islam yang dikenang sebagai perang yang banyak meninggal para sahabat yang hafal Al-Quran !\
Jawab: 
Perang Yamamah

247. Ahli waris : ayah , ibu , seorang anak perempuan dan kakek, hartta yang ditinggalkan Rp. 72.000.000, berapa rupiahkah bagian Ayah ?
Jawab: 
Rp. 24.000.000

248. In the holy Quran there is surah which means the constellation. what surat it is?
Jawab: 
al-Buruj

249. Ahli waris : 2 orang isteri, bapak, kakek, dan 2 orang anak perempuan, harta yang ditinggal kan Rp. 216.000.000 .berapa rupiahkan bagian bapak?
Jawab: 
Rp. 45.000.000

250. Dalam asmaul husna Allah bersifat al-Maani’ . apa arti sifat al-Maani’ tersebut?
Jawab: 
yang maha mencegah

251. Berbakti kepada orang tua adalah salah satu perintah Allah yang sangat penting, sehingga hal itu disejajarkan dengan perintah beribadah hanya kepada Allah. berbakti kepada keduanya harus terus dilaksankan sampai salah satu atau keduanya mencapai masa tua dengan mengucapkan kata kata yang baik dan tidak membentak dan melawan keduanya. baca ayat yang menegaskan perintah Allah tersebut ( al-Isra’ : 23)

252. Dia adalah janda dari Sakran bin Amr bin Abdi Syams. sejak menjandi ia hidup sebatang kara. seandainya ia kembali ke keluarganya maka ia akan dipaksa masuk menjadi kafir kembali. dengan sebab itulah Rasulullah menyelamatkan wanita ini dengan menikahinya. siapakah istri Rasulullah yang dimaksud?
Jawab: 
Saudah binti zam’ah

253. Kapan dan dimakanah dilaksanakan MTQ tingkat Provinsi NAD yang ke 27?
Jawab: 
tahun 2005 di kota Langsa

254. Apa yang dimaksud dengan hijab hirman dalam istilah ilmu faraid?
Jawab: 
hijab/halangan yang menyebabkan ahli waris tidak mendapatkan harta sama sekali karena ada ahli waris yang lebih dekat pertalian kerabatnya.

255. Untuk memudahkan kita mengingat huruf Hamas/mahmus, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus. coba sebutkan kalimat dimaksud!
Jawab:
فحثه شحص سكت

256. Telah diizinkan berperang bagi orang – orang yang telah di usir dari kampong halaman mereka tanpa alasan yang benar, mereka berkata :” tuhan kami hanyalah Allah” dan sekiranya Allah tidak menolah (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain. tentulah telah dirobohkan biara-biara nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang yahudi dan masjid-masjid yang didalamnya banyak disebut nama Allah. demikan Allah menjelaskan dalam surat al-hajj : 40. bacakan ayat dimaksud.!

257. Berdasarkan sumbernya, apa nama Tafsir yang pernafsirannya bersumber dari ayat, hadist dan Aqqalush shahabat?
jawab: 
Tafsir bil Ma’tsur

258. Diantara fungsi diturunkannya AL-quran adalah agar kita menerapkannya sebagai hukum di antara manusia seperti apa yang ditunjukkan Allah.demikian pernyataan Allah dalam surat an-Nisa’ :105. bacakah ayat yang dimaksud !

259. Dia adalah janda dari abu rahmin bin Abdil Izzi. ia isteri Rasulullah yang terakhir. beliah menikahinya sebagai penghormatan bagi keluarganya yang sudah berhubungan baik dengan Rasulullah SAW. siapakah wanita yang dimaksud ?
Jawab: 
Maimunah binti al-Harits al-Hilaliyyah

260. Siapakah Qari terbaik 1 golongan dewasa putra pada MTQ Nasional XXI di Sulawesi Tenggara? dan dari mana asalnya?
Jawab: 
Abdurrahman dari Jakarta