Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Musabaqah Fahmil Qur'an Terbaru

Kumpulan Soal Musabaqah Fahmil Qur'an Terbaru
221. Kapan dan dimanakah dilaksanakan MTQ Nasional XVII ?
Jawab: 
tahun 1994 di pekanbaru riau

222. Apa dam yang harus dibayar oleh jamaah haji yang melaksanakan haji secar tamattu’ dan qiran. jika tidak mampu menyembelih seekor kambing?
jawab: 
berpuasa 10 hari, 3 hari pada waktu iharam, dan 7 hari sesampai di kampong halaman

223. Jelaskan perbedaan antara makhraj huruf fa (ف) dan qaf (ق) !
jawab: 
makhraj huruf fa (ف) pada ujung dua gigi depan dengan bibir bawah, sedang makhraj huruf qaf (ق) pada pangkal lidah sebelah dalam melekat pada langit-langit.

224. Kita sebagai bangsa Indonesia merasa sebagai bagian dari seluruh manusia. oleh Karen itu kita harus mengembangkan sikap saling menghormati dan bekerja sama dengan bangsa – bangsa lain. dalam Al Qur ‘an dinyatakan bahwa menusia itu pada hakikatnya sebagai umat yang satu, tetapi kemudia mereka saling berselisih, sehingga Allah mengutus para nabi untuk memberikan keputusan yang benar tentang apa yang mereka perselisihkan. demikian Allah mengungkapkan dalam surat al-Baqarah ; 213. Bacakan ayat tersebut.!

225. Termasuk dalam kaidah rasm Usmani adalah : al-Hazf, Az-Ziyadah, penulisan hamzah, al-badal, al-fashl dan al – washl, apa kaidah yang terdapat dalam potongan ayat berikut ? dan pada kata apa?جن عليه اليل
jawab: 
Hazf, pembuangan LAM pada kata اليل

226. Dalam surat az-Zumar : 53. Allah menyatakan bahwa setiap hamba Allah tak boleh berputus asa akan luasnya ampunan Allah. karena itu ia harus memiliki rasa optimis dalam menghadapi segala persoalan. becakan ayat tersebut !

227. Siapakah kakeh dan nenek Nabi Muhammad SAW dari pihak ayahnya?
Jawab: 
kakeknya Abdul Muthalib dan neneknya Fatimah binti ‘Amr

228. Dimanakah kantor LPTQ Nasional sekarang (2007)?
Jawab: 
Mesjid Istiqlal, Jakarta

229. Apa dam yang harus dikerjakan oleh jamaah haji bila meninggalkan salah satu wajib haji?
jawab: 
menyembelih seekor kambing

230. Jelaskan perbedaan antara makhraj huruf ra (ر) dan zay (ز) !
Jawab: 
makhraj huruf ra (ر) adalah pada ujung lidah melekat pada gusi depan (antara lam dan nun), sedang makhraj huruf zay (ز) pada ujung lidah dengan rongga antara gigi atas dan gigi bawah, lebih dekat ke gigi atas.

231. Diantara bukti bahwa AL- Qur’an benar – benar turun dari Allah adalah pernyataan ketidaksanggupan nabi untuk merubahnya ketika orang – orang kafir memintanya. demian pernyataan Allah dalam surat Yunus : 15. bacakan ayat dimaksud !

232. Pada lafadh apakah didalam al-Qur’an dikenal sebagai NISFUL QUR’AN?
Jawab:
 وليتـلطـف

233. Al-Quran tidak bisa disamakan dengan syair atau karya sastra lain, dia adalah pelajaran dank tab yang member penerangan. demikian pernyataan Allah dalam surat Yasin : 69. bacakan ayat dimaksud.

234. Sebelum Islam datang dikota Mekkah sudah terbentuk system pemerintahan yang terdiri dari beberapa Majlis (department). apa nama majlis yang mengurus urusan air minum, terutama untuk para jamaah haji yang datang dari luar.?
Jawab: 
Majelis as-Siqayah

235. Sebutkan 3 Qari/Qariah Provinsi Aceh yang pernah menjadi Juara Nasional yang meninggal dalam Musibah Tsunami 26 Desember 2004!
Jawab: 
H. Hasanuddin Hasyim, Dra.Zuraida M.Din, dan Dra. Fauziah Ya’kub

236. Apa yang dimaksud dengan thawaf Ifadhah dalam pelaksanaan ibadah haji?
Jawab: 
Thawaf yang menjadi salah satu rukun haji

237. Jelaskan perbedaan antara makhraj huruf syain (ش) dan huruf sin (س) !
Jawab: 
makhraj huruf syain (ش) pada pertengahan lidah (wasath al lisan ), sedang makhraj huruf sin (س) pada ujung lidah dengan rongga antara gigi atas dan bawah , lebih dekat dengan gigi atas.

238. Sesuai dengan asas keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha esa, maka segala usaha dan kegiatan pembangunan nasional harus dijiwai, digerakkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. oleh karena itu untuk suksesnya pembangunan negara kita, kepemimpinan harus diserahkan kepada orang – orang yang beriman dan suka beramal saleh. hal ini sesuai dengan janji Allah dal al Qur;an bahwa kepemimpinan di muka bumi ini akan diberikan kepada orang yang beriman dan beramal saleh. demikian Allah mengungkapkan dalam surat an-Nur :55. Coba bacakan ayat yang dimaksud !

239. Bacaan (مجراها) pada surat Hud : 41 sidebut imalah. bacaan imalah apakah tersebut menurut qiraat ‘Ashim riwayat Hafsh?
Jawab: 
Imalah Kubra

240. Dalam AL-Qur’an dinyatakan bahwa Nabi Muhammad sebelum turunnya AL-Quran benar – benar tidak dapat membaca dan menulis , kalaulah dia bisa membaca dan menulis maka akan ragulah orang – orang yang mengingkarinya. demikian pernyataan Allah dalam surat al-Ankabut :48. bacakan ayat yang dimaksud!