Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Fahmil Tingkat Aliyah

Kumpulan Soal Fahmil Tingkat Aliyah
301. Janganlah kamu shalat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk, jangan pula hampiri mesjid sedangkan kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam keadaan musafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudia kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci).sapulah mukamu dan tanganmu.demikianlah Allah mengatur hidup supaya senantiasa dalam hidayahnya selalu, bacakah ayat yang dimaksud dalam surat an-Nisa : 43 .!

302. Corak tafsir itu ada yang sufistik,falsafi,ilmiy, dan adab ijtima’I apa corak tafsir AL-JAWAHIR, karya imam Thantawi Aljauhari?
Jawab: 
Corak Ilmiy

303. Kalau seandainya kami menurunkan al Quran itu kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. demikian pernyataan Allah dalam surat al-Hijr :21

304. Sebutkan tujuh kata yang terbuang dari piagam Jakarta?
Jawab: 
dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk - pemeluknya

305. Siapakah Qariah terbaik 1 golongan Qiraat sab’ah Putri pada MTQ Nasional XX di Palangkaraya , dan dari mana asalnya?
Jawab: 
Fauziah Ya’kub dari Aceh

306. Apa yang dimaksud dengan shial dalam pembahasan fiqh islam?
Jawab: 
Shiyal adalah tindakan kejahatan seseorang dengan menyerang dan menganiaya orang lain yang menimbulkan hilang nyawa atau terluka badan atau hilang/rusaknya kehormatan keluarga atau hilang/rusaknya kehormatan diri atau hilang/rusaknya harta benda

307. Maka karena itu serulah (mereka ke agama itu) dam tetaplah sebagaimana diperintahkan kepadamu dan janganlah mengikuti hawa nafsu mereka dan katakanlah “aku beriman kepada semua kita yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan supaya berlaku adil diantara kamu, Allahlah tuhan kami dan tuhan kamu. bagi kami amal – amal kami dan bagi kamu amal – amal kamu. tidak ada pertengkarang antara kami dan kamu. Allah mengumpulkan antara kitaaa dan kepadanyalah kembali (kita). demikian pernyataaan Allah dalam surat asy-syuuura : 15. bacakan ayat tersebut!

308. Corak tafsir itu ada yang sufistik, fiqhi, falsafi, ilmiy, dan adab ijtima;i. apa corak tafsir AHKAMUL QURAN, karya imam alJashshash?
Jawab: 
Tafsir Fiqhi

309. Ahli waris : seorang saudara laki – laki kandung, bapak, seorang saudara laki-laki seibu, seorang cucu laki, isteri,kakek,seorang anak laki – laki dan 2 orang anak perempuan. harta yang ditinggalkan Rp.125.000.000, berapa rupiahkah bagian seorang cucu laki – laki ? dan mengapa dia mendapatkan sejumlah itu?
Jawab: 
mahjub, karena ada anak laki - laki

310. In the Holy Quran there is a surah which means the expansion of the breast . what surah it is?
Jawab: 
al-Insyirah

311. Dalam asmaul husna Allah bersifat al-Muhsyi, apa arti al-muhshiy tersebut?
Jawab: 
yang maha menghitung

312. Perbedaan kemampuan, kaya, miskin, pangkat/derajat dalam masyarakat merupakan ketetapan Allah SWT agar dapat dipergunakan untuk saling tolong menolong dan kerja sama. demikian pernyataan dalam surat az-zukhruf : 32 . bacakan ayat dimaksud!

313. Pada tahuuun berapakan pasukan islam berhasil menyeberangi sebuah selat untuk menuju eropa yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad. yang kemudian selat itu diberi nama sesuai dengan namanya, menurut perhitungan tahun masehi?
Jawab: 
711 M

314. Berapa zakat nya bila seorang muslim mempunya 11 ekor unta?
Jawab: 
2 ekor kambing (umurnya 2 tahun lebih)

315. Coba bacakan doa nabi Syuib agar terbuka hatiii kaumnyaaa untuk menerima kebenaran, yang tertera dalam surat al-A’raf : 89 !

316. Bacakan suatu ayat yang turunnya sehubungan dengan larangan kaum Quraisy kepada Nabi Muhammad untuk salat di dekat ka’bah ataaau tentang kaum musyrikin yang menghalangi Nabi dan para sahabatnya untuk datang ke Mekkah untuk melaksanakan umrah pada hari Hudaibiyah. (Al-Baqarah :114)

317. Apa yang dimaksud dengan qiyash dalam pembahasan ushul fiqh?
Jawab: 
menetapkan hukum sesuatu perbuatan yang belum ada kentuannya berdasarkan sesuatu yang sudah ada ketentuan hukumnya

318. Dalam surat al-Baqarah : 237. Allah menjelaskan bahwa isteri yang diceraikan dan belum dicampuri berhak menerima setengah dari mas kawin. kalau wali memaafkan berarti suami bebas, sedang jika suami yang memaafkan maka ia harus menyerahkan mahar kepada isteri. coba bacakan ayat yang dimaksud !

319. Berapa lamakah dinasti bani Umayyah memegang tampuk pemerintahan?
Jawab:
90 Tahun

320. Berapa zakatnya bila seorang muslim mempunyai 41 ekor sapi?
Jawab: 
1 ekor anak sapi (umur 2 tahun lebih)