Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal fahmil Terbaru

Kumpulan Soal fahmil Terbaru
261. Sebutkan sebab – sebab gugurnya ahli waris untuk mendapatkan warisan !
Jawab: 
hamba sahaya – pembunuh – murtad – berlainan agama

262. Untuk memudahkan mengingat huruf isti’la, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus.sebutkan kalimat tersbeut!
Jawab: 
خص ضغط قظ

263. Nabi Sulaiman adalah selalu bersyukur kepada Allah. Tatkala dipindahkan singasana ratu Balqis kehadapannya. ia berkata : “ ini termasuk karunia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar maka sesungguhnya Tuhanku maha Kaya lagi Maha Mulia”. Bacakan ayat yang menukilkan kisah di atas yang tertera dalam surat an-Naml :40. coba bacakan!

264. Berdasarkan sumbernya , apa nama tafsir yang pernafsirannya bersumber dari ijtihad dan pemikiran mufassir setelah mengetahui bahasa Arab. dalil hukum yang ditunjukkan serta persoalam – persoalan yang berhubungan dengan penafsiran asbabun nuzul , nasikh mansuukh dan lain – lain?
Jawab: 
Tafsir bil Ra’yi

265. Meskipun kita diwajibkan berbuat baik kepada orang tua , dengan taat dan patuh kepada keduanya, namun dalam hal keyakinan ada pengecualian. jika keduanya menyuruh kita berbuat sesuai yang bertentangan dengan ajaran agama seperti perbuatan syirik. maka kita dilarang untuk mematuhinya. bacakan ayat yang menegaskan tentang hal tersebut? (Luqman : 15)

266. Dia menjadi pimpinan kaum muslimin (23-35) H. ia lebih muda lima tahun dari Rasulullah SAW. ia seoarang saudagar yang kaya raya. dialah yang membeli sumur RAUMAH yang menjadi sumur umum.karena beliau banyak bersedekah maka orang menggelarnya Ghaniyyun Syakir. siapakah shahabat yang dimaksud?
Jawab: 
Usman bin Affan

267. Provinsi manakah yang berhasil memperoleh juara 1 Cabang Fahmil Quran pada MTQ Nasional XXI tahun 2006 ?
Jawab: 
Jawa Timur

268. Apa yang dimaksud dengan ahlul halli wal ‘aqli dalam istilah fiqh khilafah?
Jawab: 
wakil-wakil rakyat yang menjadi anggota majlis syura

269. Untuk memudahkan kita menghafal huruf izlaq, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus.sebutkan kalimat yang dimaksud!
Jawab: 
فر من لب

270. Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (tidak ikut berperang) yang tidak mempunyai uzur dengan orang – orang yang berjihad dijalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan orang- orang yang berjihad dengan harta dan jiwan nya atas orang – orang yang duduk satu derajat. kepada masing – masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (syurga) dan Allah melebihkan orang – orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahal yang besar, demikian pernyataan Allah SWT dalam surat an-Nisa : 95. bacakan ayat dimaksud !

271. Apa nama metode tafsir yang menjelaskan ayat – ayat AL-Quran dengan meneliti aspek dan menyingkapi seluruh maksudnya. mulai dari uraian kosa kata,makna kalimat, munasabat, dengan mengikuti susunan mashaf, ayat per ayat dan surat persurat?
Jawab: 
Metode Tahlili

272. Sesungguhnya kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu. dan janganlah kamu menjadi penantang (orang – orang yang tidak bersalah), karena membela orang – orang yang khianat, an – Nisa : 105. bacakan ayat yang dimaksud!

273. Sahabat ini lebih muda 13 tahun dari Rasulullah SAW . sejak kecil sudah dikenal cerdas dan pemberani. beliau wafat dalam usia 63 tahun. meninggal karena dibunuh oleh budak milik Al-Mughirah bin Syu’bah. siapakah sahabat dimaksud?
Jawab: 
Umar bin Khattab

274. Siapakah Hafizh 1 juz + tilawah terbaik 1 putra pada MTQ Nasional XXI di Sulawesi Tenggara ? dan dari Mana Asalnya?
Jawab: 
Eva Maulizar dari Aceh

275. Untuk memudahkan kita mengingat huruf Syiddah, para ulama tajwid telah membuatnya dalam kalimat khusus.coba sebutkan kalimat dimaksud?
Jawab: 
أجد قط بكت

276. Dalam fiqh islam, berapa nishab pencurian yang dikenakan had/hukuman?
Jawab: 
kadar atau nishab pencurian adalah ¼ dinar atau tiga dirham. atau setara dengan emas sebarat 3,34 gram

277. Dalam surat an-Nisa : 136, Allah mengajak orang – orang yang beriman senantiasa beriman kepada Allah dan Rasulnya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasulnya, serta kita yang Allah turunkan sebelumnya. keingkaran kepada hal – hal tersebut adalah kesesatan yang yata. bacakan ayat yang dimaksud !

278. Apa metode tafsir yang menafsirkan al-Quran secara global, yang berupaya menjelaskan makna- makna al-quran dengan uraian singkat. yang dilakukan ayat per ayat, surat per surat sesuai urutannya dalam mashaf?
jawab: 
tafsir Ijmali

279. Ahli waris : seorang saudara laki – laki kandung, bapak, isteri, seorang anak laki-laki dan 2 orang anak perempuan, harta yang ditinggalkan Rp. 120.000.000 . berapa rupiahkah bagian seorang anak perempuan?
Jawab: 
Rp.21.250.000

280. In the Holy Quran there is a surah which means the glorious morning light. what surah it is?
Jawab: 
adh-Dhuha