Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Fahmil Qur'an Terbaru 6

Kumpulan Soal Fahmil Qur'an Terbaru 6
81. Allah menurunkan al-Qur’an kepada Nabi Muhammad dengan melalui wahyu. Andaikan al-Qur’an di turunkan dalam bentuk tulisan di atas kertas, tentu orang-orang kafir akan menuduhnya sebagai sihir. Tunjukkan ayat yang menyatakan hal itu! Al-An’am : 7

82. Ada satu surat dalam al-Qur’an yang dikenal dengan surat Sulaiman. Surat apakah yang dimaksud?
Jawab 
Surat An-Naml

83. Ahli Waris : Ayah, Suami dan 2 orang anak laki-laki. Harta yang ditinggalkan Rp. 18.000.000,-. Berapa ripiahkah bagian seorang anak laki-laki?
Jawab 
Rp. 5. 250.000.000,-

84. Who is the president of Republic Indonesia now?
Jawab 
Joko Widodo

85. Ahli Waris : seorang anak perempuan, Ayah, Ibu, dan kake. Harta yang ditinggalkan Rp. 72.000.000,-. Berapa rupiahkah bagian Ayah?
Jawab 
Rp. 24.000.000,-

86. Coba peragakan lagu Nahawand dengan membacakan surat al-Lahab!
Jawab 
Salah/benar

87. Dia meninggal dunia pada tahun 797 Masehi : Seorang ulama nahwu yang berasal dari Fersi. Beliau adalah salah seorang dari ulama-ulama nahwu Arab yang terkemuka. Beliau telah mengarang kitab nawhu yang dikenal dengan nama “Kitab Sibawaih”. Siapakah dia?
Jawab 
Imam Sibawaih

88. Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung. pohon korma, taman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya), dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Demikian firman Allah dalam surat Al-An’am : 141. Bacakan ayat dimaksud!

89. Siapakah ilmuwan muslim penulis karya di bidang Ilmu Falak berikut ini, CONCERNING THE MOTION OF THE STARS?
Jawab 
Al-Battaniy

90. Please read the verse (ayat) of holy qur’an which means: Those who have faith and do righteous deeds, They are the best of creatures. (Al-Bayyinah : 7)

91. Kapan dan dimanakah dilaksanakan MTQ Nasional ke VII?
Jawab 
Tahun 1974, di Surabaya – jawa Timur

92. Sebagian ulama membolehkan penggunaan zakat untuk membiayai dakwah karena dakwah termasuk dalam cakupan salah satu dari 8 asnaf mustahiq zakat. Sebutkan salah satu asnaf mustahiq zakat yang mencakup kegiatan dakwah tersebut!
Jawab 
Sabilillah

93. Peragakan Lagu Nahawand dengan membacakan surah al-Ikhlas!

94. Apa yang dimaksud dengan saktah dalam ilmu tajwid?
Jawab 
Berhenti sejenak antara dua kata, tanpa bernafas

95. Berdakwah tidak hanya melaksanakan dengan anjuran dan bicara saja akan tetapi harus dengan perbuatan sebagai keteladanan, Allah sungguh benci dengan orang yang mengatakan tetapi tidak berbuat apa yang dikatakannya itu, sebutkan ayat dimaksud? al-Shaff : 2-3

96. Apa beda penulisan kata “RIBA” yang terdapat dalam surat Makkiyah dan Madaniyyah!
Jawab 
Madaniyyah pakai huruf WAW sesudah huruf BA, dan Makkiyyah pakai huruf ALIF sesudah BA

97. Katakanlah : “Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui”. Demikian pernyataan Allah dalam sura AL-‘Araf : 33. Bacakan ayat dimaksud!

98. Siapakah ilmuwan muslim penulis karya di bidang Matematika berikut ini, FI MA YAHTAJ ILAIHI AL-KUTTAB WAL UMAM MIN ‘ILMIL HISAB?
Jawab 
Abu Al-Wafa al-Buzzajani

99. Please read the verse (ayat) of holy qur’an which means: (To the righteous soul will be said): “O (thou) soul, in (complete) rest and satisfaction! (Al-Fajr : 27)

100. Siapakah yang mempunyai gagasan untuk didirikan Bayt al-Qur’an di Indonesia?
Jawab 
Dr. H. Tarmizi Thaher (Menteri Agama)