Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal fahmil Qur'an Terbaru 12

Kumpulan Soal fahmil Qur'an Terbaru 12

201. Termasuk dalam qaidah rasm Usmani adalah : al-hazf, az-Ziyadah, penulisan hamzah, al-badal, al-Fashl, dan AL-Washl. apa kaidah yang terdapat pada potongan ayat berikut ? dan dikata apa? كمشكوة فيها مصباح
jawab: 
al-Badal, alif diganti dengan waw, pada kata مسكوة

202. Dalam surat al-Maidah : 101. Allah SWT melarang orang – orang yang beriman menanyakan hal – hal yang macam – macam yang bisa membawa kepada kesusahan jika diterangkan. bacakan ayat seperti terungkap diatas.!

203. Siapa nama lain dari sunan Giri?
Jawab: 
Maulana Syarifuddin

204. Siapakah Qari terbaik 1 dari Indonesia pada MTQ Internasional pada tahun 1983?
Jawab: 
H.Mirwan Batu bara

205. Dimana Miqat Makani bagi Jama’ah Haji yang datang dari Nejd?
Jawab: 
Qamil /Qamil Manazil

206. Bedakan tempat keluar (makhraj) huruf ‘ain (ع) dan ghayn (غ)
Jawab: 
makhraj huruf ‘ain (ع) di tengah tenggorokan (wasathal al – halq) dan makhraj huruf ghayn (غ) di ujung tenggorokan (adna al halq)

207. Termasuk dalam kaidah rasm Usmani adalah al-Hazf, az-Ziyadah, penulisan hamzah, al-badal, al-Fashl dan al –Washl. apa kaidah yang terdapat dalam potongan ayat berikut? dan pada kata apa? واولوالأرحام
Jawab: 
al-Ziyadah , ditambah dengan waw, pada kata اولو

208. Ibrahim adalah bukan yahudi dan bukan pula nasrani, akan tetapi beliau orang yang lurus, muslim (berserah diri) dan bukan golongan musyrik.manakah ayat yang menjelaskan hal tersebut? (Ali Imran : 67)

209. sebutkan 2 pasar terkenal yang sering dijadikan sebagai tempat pagelaran seni baca syair / puisi bangsa Arab di masa Jahiliyah?
Jawab: 
Pasar ‘Ukkazh dan Pasa Zul Majaz

210. Kapan dilaksanakan MTQ Nasional yang XIX ? dan dimana?
Jawab: 
tahun 2000 di Palu

211. Dimana Miqat makani bagi Jama’ah haji yang datang dari mesir?
jawab: 
Juhfah / dekat Rabigh

212. Jelaskan perbedaan antara makhraj huruf ta (ت) dan tsa (ث) !
Jawab: 
makhraj huruf ta (ت) pada ujung lidah dengan pangkal dua gigi depan atas,sedangkan makhraj hudur tsa (ث) pada ujung lidah dengan ujung dua gigi depan atas

213. Dalam surat al-Fushshilat : 44 , Allah menjelaskan , meskipun Al – Quran diturunkan dalam bahasa arab, tetap saja orang – orang kafir Mekkah tau mau beriman. apalagi , andaikan diturunkan dalam bahasa ‘ajam, tentu mereka akan menuntut macam – macam.telinga dan mata mereka memang sudah tertutup,yang tidak mungkin lagi mau mendengar ajakan Al Qur’an yang menjadi pentunjuk dan penawar bagi orang – orang yang beriman. bacakan ayat tersebut!

214. Termasuk dalam kaidah rasm Usmani adalah : al-Hazf, az-Ziayadah, penulisan hamzah, al-badal, al-Fashl dan al – Washl. apa kaidah yang terdapat pada potongan ayat berikut ? dan pada kata apa? هم فيها خلدون
Jawab: 
al-Hazf, pembuangan alif pada kata خلدون

215. Ahli waris : seorang saudara laki – laki kandung, ibu, paman, bapak, 2 orang anak laki-laki dan seorang cucu laki-laki. harta yang ditinggalkan 720.000.000, berapa rupiahkah bagian seorang anak laki – laki?
Jawab: 
Rp. 240.000.000

216. In the holy Quran there is a surah whick means the dealers in fraud. what surah it is?
Jawab
al-Muthaffifin

217. Ahli waris : isteri, ibu, bibi dari pihak ayah, bapak dan seorang anak perempuan, harta yang ditinggalkan 84.000.000. berapa rupiahkah bagian bapak?
Jawab: 
Rp. 17.500.000

218. Dalam asma’ul husna, Allah bersifat, al-Muqsith, apa arti al-Muqsith tersebut?
jawab: 
yang maha adil

219. Penjajahan oleh suatu bangsa atas bangsa lain, akan menimbulkan penderitaan kepada bangsa yang terjajah. al Quran mengisyaratkan hal itu seperti di khawatirkan oleh ratu Bilqis, sebagaimana dalam surat al-Naml : 34. bacakan ayat dimaksud.!

220. Apa istilah untuk para sahabat yang pertama-tama sekali masuk Islam?
Jawab: 
Assabiqunal Awwalun