Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Fahmil Qur'an Terbaru 10

Kumpulan Soal Fahmil Qur'an Terbaru 10

161. Apa yang dimaksud dengan HISAB dalam penetapan awal waktu berpuasa Ramadhan?
Jawab: 
suatau cara untuk menetapkan awal bulan Qamariah (Ramadhan) dengan menggunakan perhitungan ilmu astronomi, sehingga dapat ditentukan secara pasti letak bulan.

162. Apa yang dimaksud dengan Naqal menurut Imam Hafash ?
Jawab: 
memindahkan harakat suatu huruf kepada huruf sebelumnya yang asalnya sukun

163. Dalam al- Qur’an dinyatakan bahwa berkeluarga (bersuami istri serta beranak dan berketurunan ) itu termasuk sunnah para rasul sejak dahulu sampai Rasul terakhir Nabi Muhammad SAW. sebutkan ayat yang menyatakan hal tersebut. (al-Ra’du: 38)

164. Para ulama syi’ah juga banyak menulis kita tafsir. salah satunya yang terkenal adalah tafsir al-Mizan , kitab tafsir ini tidak hanya dibaca oleh kaum syi’I tapi juga oleh kaum sunni. siapakah pengarang kita tafsir al-Mizan tersebut?
Jawab
Muhammad Husain Ath Thabathaba’i

165. Dalam surat An-Nahl : 71 Allah menegaskan bahwasanya dia melebihkan sebahagian manusia dari sebahagian yang lain dalam hal rizki, tetapi orang – orang yang dilebihkan (rizki itu) tidak mau memberikan rizki mereka kepada budak – budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezki itu, seharusnyalah nikmat Allah sama sama dirasakan oleh manusia, bacakah ayat dimaksud !

166. Siapakah ilmuwan muslim penulis karya di bidang Geografi berikut ini , AR RIHLAH?
Jawab: 
Ibnu Bathuthah

167. Please read the verse (ayat) of holy qur’an which means : Nor do ye Encourage one another to feed the poor (Al-Fajr: 18)

168. Siapakah perancang bangunan Bayt Al – Quran?
Jawab: 
Ir.Ahmad Noerman

169. Apa yang dimaksud dengan puasa Kifarat?
Jawab: 
puasa yang dilakukan karena denda untuk menghapus dosa, karena melanggar ajaran agama

170. Dalam pembahasan sifatul huruf , apa yang dimaksud dengan SHAFIR?
Jawab: 
bunyi huruf menyerupai siulan

171. Keanekaragam suku dan bahasa dalam masyarakat Indonesia tidak menjadi hambatan terciptanya persatuan dan kesatuan. karena keanekaragaman itu tanda kekuasaan Allah , diamana Allah menciptakan langit dan bumi serta berlainan bahasa dan warna kulit. manakah ayat yang menjelaskan hal itu ? (al-Rum : 22)

172. Az-Zarkasyi adalah ulama yang luas wawasannya dibidang Ulumul Quran . Beliau telah menulis sebuah kita yang membahas secara mendalam tentang ulumul Quran . apa nama kitab karya Imam Az-Zarkasyi tersebut?
Jawab:
al-Burhan fi Ulumil Qur’an

173. Ahli waris : ibu , suami, seorang saudara laki – laki kandung dan seorang saudara perempuan kandung. harta yang ditinggalkan 126.000.000,- berapa rupiahkah bagian seorang saudara laki – laki?
jawab: 
Rp. 28.000.000

174. Who is the author the book of Qu’anic interpretation, AL-MISBAH which written into Indonesian Languange?
Jawab: 
Quraisy Syihab

175. Ahli waris : kakek, saudara laki – laki kandung, bapak, isteri, seorang anak laki – laki dan 2 orang anak perempuan. harta yang ditinggalkan Rp. 240.000.000. berapa rupiahkah bagian seorang anaka perempuan?
Jawab: 
Rp.42.500.000

176. Dia hidup (1002-1071 Masehi) : seorang ahli sejarah dan ulama hadis yang berasal dari Baghdad. beliah telah menulis lebih dari Sembilan buah buku, di antara yang termasyhurnya ialah buku “Tarikh Baghdad” (Sejarah Baghdad) dalam empat belas jilid . siapakah dia?
Jawab: 
al-Khatib Al-Baghdadi

177. Dalam surat An-Nisa : 9 Allah menjelaskan bahwa generasi idaman kita semua adalah generasi yang kuat, kuat iman dan amal, oleh sebab itu hendaklah senantiasa bertaqwa kepada Allah dan mengucapkan perkataan yang benar. bacakan ayat dimaksud.

178. Siapakah ilmuwan muslim penulis karya dibidang Fiqh berikut ini, BIDAYATUL MUJTAHID?
Jawab: 
Ibnu Rusyd

179. Please read the verse (ayat) of holy qur’an which means : Come back thoo to thy Lord, Well pleased (thyself), and well-pleasing unto him! (AL-Fajr:28)

180. Pada MTQ berapakah dan dimana pertama kalinya ditetapkan adanya kejuaran umum?
Jawab:
MTQ Nasional ke V tahun 1972 di Jakarta