Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Zikir Waktu Pagi Dan Sore

Hadits Zikir Pada Waktu Pagi Dan Sore
ZIKIR PADA WAKTU PAGI DAN SORE

Allah SWT. berfirman,

وَ اذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَ خِيْفَةً وَ دُوْنَ الْجَهْرِ مِنَ اْلَقْولِ باِلْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَ لاَ تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِيْنَ

"Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai." (Qs. Al A'raaf(7) : 205)

وَ سَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَ قَبْلَ غُرُوْبِهَا

"Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya." (Qs. Thaaha(20) : 130)

وَ سَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ باِلْعَشِيِّ وَ اْلإِبْكَارِ

Allah SWT. berfirman, "Dan bertasbilah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi." (Qs. Al Mu'min(40) : 55)

فِي بُيُوْتٍ أَذِنَ الله أَنْ تُرْفَعَ وَ يُذْكَرَ فيِهْاَ يُسَبِّحُ لَهُ فِيْهَا بِالْغُدُوِّ وَ الآصَالِ , رِجَالٌ لاَ تُلْهِيْهِمْ تِجَارَةٌ وَ لاَ بَيْعُ عَنْ ذِكْرِ اللهِ

Allah SWT. berfirman, “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan petang, laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah.” (Qs. An Nuur(24) : 36-37)

إِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَ اْلإِبْكَارِ

"Sesungguhnya kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Dawud) di waktu pagi, petang dan pagi." (Qs. Shaad(38) : 18)

1459- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ (( مَنْ قَالَ حِيْنَ يُصْبِحُ وَحِيْنَ يُمْسِي: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، مِائَةَ مَرَّةٍ، لَمْ يَأْتِ أَحَدٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ بِهِ، إِلاَّ أَحَدَ قَالَ مِثْلَ مَا قَالَ أَو ْزَادَ )), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1459. Dari Abu Hurairah RA., ia berkata, "Rasulullah SAW. Bersabda, "Barangsiapa pada waktu pagi dan sore membaca, Subhaanallaahi wabihamdihi' sebanyak seratus kali, maka kelak pada hari kiamat tidak ada seorang pun yang lebih utama daripadanya, kecuali orang yang membaca seperti apa yang dibacanya itu, atau orang yang membacanya lebih dari seratus kali.'" (HR. Muslim)

1460- وَعَنْهُ، قَالَ: جَاءَ الرَّجُلٌ اِلَى الَّنِبِّي ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ مَا لَقِيْتُ مِنْ عَقْرَبٍ لَدَغَتْنِي البَارِحَةَ ! قَالَ: (( أَمَا لَوْ قُلْتَ حِيْنَ أَمْسَيْتَ: أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرّ ِمَا خَلَقَ: لَمْ تَضُرَّكَ )), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1460. Dari Abu Hurairah RA., ia berkata, "Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW. dan berkata, 'Wahai Rasulullah, tadi malam saya disengat kalajengking.' Kemudian beliau bersabda, 'Kalau sekiranya pada waktu sore kamu membaca 'Auudzu bi kalimaatit taammati min syarri maa khalaq' (Saya berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) niscaya kamu tidak akan diganggu oleh makhluk-Nya yang jahat.'" (HR. Muslim)

1461- وَعَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ ، أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ إِذَا أَصْبَحَ: (( اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ )). وَإِذاَ أَمْسَي قَالَ: (( اَللَّهُمَّ وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ )), رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ، وَالتُّرْمُذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ.

1461. Dari Abu Hurairah RA. dari Nabi SAW. bahwasanya Nabi SAW. di waktu pagi membaca, 'Alaahumma bika ashbanhaa wailaikan nusyuur’ (Ya Allah atas Engkau saya berada pada waktu pagi, atas Engkau saya berada pada waktu sore, atas Engkau saya hidup, atas Engkau pula saya mati, dan hanya kepada-Mu saya kembali). Dan apabila waktu sore beliau membaca, 'Allaahumma bika amsainaa wabika nahyaa wabika namuutu wailaikan nusyuur' (Ya Allah, atas Engkau saya berada pada waktu sore, atas Engkau saya hidup, atas Engkau saya mati, dan hanya kepada Engkau saya kembali).'" (HR. Abu Dawud dan Turmudzi)

1462- وَعَنْهُ، أَنَّ أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيْق رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ مُرْنِي بِكَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ إِذَا أَصْبَحْتُ وَإِذَا أَمْسَيْتُ، قَالَ: (( قُلْ: اَللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، اَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اَنْتَ، أَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ نًَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ )) قَالَ: (( قُلْهَا إِذَا أَصْبَحْتَ، وَإِذَا أَمْسَيْتَ، وَإِذَا أَخَذْتَ مَضَجَعَكَ )), رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ، وَالتُّرْمُذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

1462. Dari Abu Hurairah RA. dari Abu Bakar Ash Shiddiq RA. ia berkata, "Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya beberapa kalimat yang harus saya baca pada waktu pagi dan sore.' Beliau bersabda, 'Bacalah!, 'Allahumma faathiras samaawaati wal ardli aalimal ghaibi wa asyhadu allaa ilaah illallaa anta a'uudzu bika min syarri nafsii wa syarrisy syaithaani wa syirkihii' (Ya Allah, Zat yang menciptakan langit dan bumi, Zat yang mengetahui yang ghaib dan yang terang. Tuhan pemilik segala sesuatu, saya bersaksi bahwa tidak Tuhan selain Engkau, saya berlindung diri dari kepada-Mu dari kejahatan diriku dan kejahatan setan dan sekutunya). Beliau bersabda, 'Bacalah kalimat-kalimat tersebut apabila kamu berada di waktu pagi, sore dan apabila kamu akan tidur.'" (HR. Bukhari dan Turmudzi)

1463- وَعَنِ اْبنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله ُعَنْهُ قَالَ: كَانَ نَبِيُّ الله ِ إِذاَ أَمْسَي قَالَ: ((أَمْسَيْنَا وَأَمْسَي الْمُلْكُ ِللهِ، وَالْحَمْدُ ِللهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ )) قَالَ الرَّاوِي: أُرَاَهُ قَالَ فِيْهِنَّ: (( لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَمَا بَعْدَهَا، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّمَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَمَا بَعْدَهَا، وَأَعُوْذ ُبِكَ مِنْ شَرِّمَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرّمَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوْذ ُبِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ، وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ )) وَإِذَا أَصْبَحَ قَالَ ذَلِكَ أَيْضًا (( أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ ِللهِ )), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1463. Dari Abdullah bin Mas'ud RA. ia berkata, "Adalah Nabi SAW. apabila berada pada waktu sore, beliau membaca, 'Amsainaa wa amsal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi laa ilaaha illallaahi wal hamdu lillaaho laa ilaaha illallaahu wahadahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syaiin qadirr, Rabbi as'aluka khaira maa fi hadzihil lailati wa khaira maa ba'dahaa wa a'uudzu bika min syarri maa fii hadzihil lailati wa syarri maa ba'dahaa, Rabbi a'uudzu bika minal kasali wa suu'il kibari a'uudzu bika min adzaabin fin naari fil qabri' (Kami berada pada waktu sore, segala kekuasaan dan pujian hanyalah bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala keuasaan dan segala pujian; Dia adalah zat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Tuhanku, saya memohon kepada-Mu akan kebaikan malam ini dan kebaikan waktu sesudahnya. Saya berlindung diri kepada-Mu dari kejelekan waktu sesudahnya. Ya Tuhanku, saya berlindung diri kepada-Mu dari sifat malas dan tua yang menyusahkan. Saya berlindung diri kepada-Mu dari siksaan di dalam neraka dan siksaan di dalam kubur).' Dan apabila berada di waktu pagi doa tersebut juga dibaca, dengan mengganti kalimat, Amsainaa wa amsal mulku lillaahi' Menjadi, 'Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaah.'" (HR. Muslim)

1464- وَعَنْ عَبْدِ االلهِ بْنِ خُبَيْبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ لِي رَسُوْلُ الله ِ (( إِقْرَأْ : قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ، وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ حِيْنَ تُمْسِي وَحِيْنَ تُصْبحُ، ثَلاَثَ مَرَّاَتٍ تَكْفِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ)), رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ، وَالُّتْرمُذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

1464. Dari Abdullah bin Khubaib RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda kepada saya, ‘Bacalah !, ‘Qul Huwallaahu Ahad’ serta ‘Qul A’uudzu birabbil falaq dan Qul A’uudzu birabbin naas’ tiga kali apabila kamu mema­su­ki waktu sore dan menaiki waktu pagi, niscaya kamu akan terjaga dari segala kejahatan.’" (HR. Abu Dawud)

1465- وَعَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : (( مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ فِيْ صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ : بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيءٌ فِي اْلأَرْضِ وَ لاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ، ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، إِلاَّ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ )), رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ، وَالتُّرْمُذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

1465. Dari Usman bin Affan RA., ia berkata, “Rasulullah SAW. Bersabda, ‘Seseorang yang apabila memasuki waktu pagi dan waktu sore selalu membaca Bismillaahilladzii laa yadlurru ma’asmihii syai’in fil ardli walaa fis samaa’i wahuwas samii’ul aliim’ (Dengan nama Allah, Zat yang tidak akan berbahaya dengan asma-Nya segala sesuatu yang ada di bumi dan di langit. Dia adalah Zat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan ditimpa oleh sesuatu kejahatan.’" (Abu Dawud dan Tirmidzi)