Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Tentang Sumpah Tak Disengaja

Hadits Tentang Sumpah Tak Disengaja
317-SUMPAH TIDAK DISENGAJA
Adapun yang dimaksud dengan sumpah yang tidak disengaja terlanjurnya lisan mengatakan kata-kata sumpah, tapi tanpa kesengajaan untuk bersumpah. Misalnya ucapan: “Tidak, demi Allah,” atau “Ya, demi Allah.” Dan sumpah seperti ini tidak wajib membayar kifarat sumpah.

Allah SWT berfirman:

قَالَ اللهُ تَعَالَى : ) لاَ يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ , وَلَكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُمُ اْلأَيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُوْنَ أَهْلِيكُمْ , أَوْ كِسْوَتُهُمْ , أَوْ تَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ , فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ , ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُوْا أَيْمَانَكُمْ ( [ سورة المائدة الا ية : 89]

“Allah SWT tidak menghukum kamu, disebabkan sumpah-sumpahmu[1] yang tidak disengaja(untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluarga kamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kafaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kafarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah(dan kamu melanggarnya), dan jagalah sumpah-sumpahmu.” (QS. Al-Maidah[5]:89).

1728- وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : أُنْزِلَتْ هَذِهِ الأَيَةِ : ) لاَ يُؤَ اخِذُكُمُ اللهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ (فِي قََوْلِ الرَّجُلِ : لاَ وَاللهِ , وَبَلَى وَاللهِ . رَوَاهُ الْبُخَارِي 

1728. Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Firman Allah SWT yang berbunyi, “LAA YU AAKHIDZUKUMULLAAHU BILLAGHWI FII AIMAANIKUM” diturunkan berhubungan dengan sumpah seseorang yang tidak disengaja; Tidak, Demi Allah SWT, benar, demi Allah.” (HR. Bukhari).

[1] . Sesuatu yang telah terlanjur terucapkan tanpa bermaksud sumpah, “tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja” yaitu sumpah yang diucapkan dengan sengaja.