Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Sunnah Sujud Syukur Bila Mendapat Nikmat

Hadits Sunnah Sujud Syukur Bila Memdapat Nikmat
211- SUNNAT SUJUD SYUKUR BILA MENDAPATKAN NIKMAT

1166- عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : خَرَجْنَا مَعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ مِنْ مَكَّةَ نُرِيْدُ الْمَدِيْنَةَ, فَلَمَّا كُنَّا قَرِيْبًا مِنْ عَزْوَرَاءِ نَزَلَ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ فَدَعاَ الله سَاعَةً, ثُمَّ خَرَّ سَاجِدًا, فَمَكَثَ طَوِيْلًا, ثُمَّ قَامَ فَرَفَعَ يَدَيْهِ سَاعَةً, ثُمَّ خَرَّ سَاجِدًا, – فَعَلَهُ ثَلَاثًا- وَ قَالَ: ( إِنِّيْ سَأَلْتُ رَبِّي, وَ شَفَعْتُ لِأُمَّتِي, فَأَعْطَانِي ثُلُثَ أُمَّتِي, فَخَرَرْتُ سَاجِدًا لِرَبيِّ شُكْرًا, ثُمَّ رَفَعْتُ رَأْسِي, فَسَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي, فَأَعْطَانِي ثُلُثَ أُمَّتِي, فَخَرَرْتُ سَاجِدًا لِرَبيِّ شُكْرًا, ثُمَّ رَفَعْتُ رَأْسِي, فَسَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي, فَأَعْطَانِي الثُّـلُثَ الآخَرَ, فَخَرَرْتُ سَاجِدًا لِرَبيِّ) رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدُ.

1166. Dari Sa’ad bin Abu Waqqa RA, ia berkata, “Kami bersama-sama Rasulullah SAW. keluar dari Makkah menuju ke Madinah. Ketika kami hampir tiba di Azwara, beliau turun (dari tunggangannya), kemudian mengangkat kedua tangannya dan berdoa sejenak kepada Allah lantas bersujud, -Beliau melakukannya tiga kali. Lalu beliau pun bersabda, “Sesungguhnya aku telah memohon kepada Tuhanku, agar aku diizinkan untuk memberi syafaat kepada umatku. Dan Allah telah memperkenankan untuk sepertiga umatku, maka aku pun bersujud kepada Tuhanku sebagai ungkapan rasa syukur. Setelah itu aku mengangkat kepalaku dan memohon kepada Tuhanku agar diizinkan memberi syafaat kepada umatku. Dan Allah telah memperkenankan untuk sepertiga umatku, maka aku pun bersujud kepada Tuhanku sebagai ungkapan rasa syukur. Setelah itu aku mengangkat kepala lagi dan memohon kepada Tuhanku agar diizinkan memberi syafaat kepada umatku. Dan Allah telah memperkenankan untuk sepertiga yang lain, maka aku pun bersujud kepada Tuhanku.” (HR. Abu Dawud)[1]

[1] Dalam sanadnya terdapat kelemahan sebagaimana yang telah dijelaskan dalam kitab Irwa (467) dan Al Ahaadiits Adh Dhaiifah (3229) 
Hadis ini juga terdapat dalam kitab Dhaif Sunan Abu Dawud dengan nomor 509. Lihat juga Shahih Sunan Abu Dawud dengan ringkasan sanad 2/534 dengan nomor 2412. Di dalanya disebutkan, “Rasulullah SAW. apabila menemukan hal yang menyenangkan dirinya atau mendapatkan kabar gembira, beliau sujud sebagai ungkapan syukur kepada Allah. Hadis ini diriwayatkan dari Abu Bakrah dan Syaikh Al bani berpendapat bahwa hadis ini shahih.