Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Sunnah Berpakaian Putih

Hadits Sunnah Berpakaian Putih
117- SUNNAH BERPAKAIAN WARNA PUTIH DAN KEBOLEHAN MENGGUNAKAN PAKAIAN WARNA MERAH, HIJAU, KUNING DAN HITAM

وَ قَالَ الله تَعَالَى: (( يَا بَنِي آَدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآَتِكُمْ وَرِيْشًا وَ لِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ)) اَلْأَعْرَافُ : 26

Allah SWT. berfirman: “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (Qs. Al A’raaf (07): 26)

وَ قَالَ الله تَعَالَى: ((وَ جَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيْلَ تَقِيْكُمُ الْحَرَّ وَ سَرَابِيْلَ تَقِيْكُمْ بَأْسَكُمْ )) النَّحْلُ : 81

Allah SWT. berfirman: “Dan dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memeliharamu dalam peperangan.” (Qs. An Nahl (16): 81)

783- وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسِ رَضِيَ الله عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قَالَ : ((اَلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضَ، فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ، وَكَفَّنُوْا فِيْهَا موتَاكُمْ)) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدُ، وَتِرْمِذِي وقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

783. Dari Ibnu Abbas RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “pakailah pakaian berwarna putih! Karena itu adalah sebaik-baiknya pakaian. Dan kafanilah orang yang meninggal dunia diantara kalian dengan kain putih!” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi. Tirmidzi berkata: hadis ini hasan-shahih)

784- وَعَنْ سَمُرَة رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ : ((اَلْبَسُوْا الْبَيَاضَ، فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ، وَكَفَّنُوْا فِيْهَا مَوْتَاكُمْ )) رَوَاهُ النَّسَائِي وَ الْحَاكِمُ, وَ قَالَ: حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ

784. Dari samurah RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Pakailah pakaian warna putih. Karena pakaian putih adalah pakaian yang paling suci dan paling baik. Dan kafanilah orang yang meninggal diantara kalian dengan kain putih!” (HR. An-Anasa’I dan Al-Hakim. Hakim berkata: “hadis ini shahih)

785- وَعَنِ الْبَرَّاءِ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ : مَرْبُوْعًا، وَلَقَدْ رَأَيْتُهُ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

785. Dari Al Barra bin Azib RA, dia berkata: “Tubuh Rasulullah SAW. berukuran sedang[1]. Saya pernah melihat beliau mengenakan kain merah, dan belum pernah melihat orang yang lebih tampan dari beliau”. (HR. Bukhari dan Muslim)

786- وَعَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ وَهْبِ بن عَبْدِ الله رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : رَأَيْتُ النَّبِيّ  بِمَكَّةَ وَهُوَ باِْلأَبْطَحِ فِي قُبَّةٍ لَهُ حَمْرَاء مِنْ أَدْمِ، فَخَرَجَ بِلاَلٌ بِوَضُوْئِهِ، فَمِنْ نَاضِحٍ وَنَائِلٍ، فَخَرَجَ النَّبِيّ  وَعَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءٌ، كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى بَيَاضٍ سَاقَيْهِ، فَتَوَضَّأُ وَاَذَّنَ بِلاَلٌ، فَجَعَلْتُ أََتتَتَبَّعُ فَاهُ هَهُنَا وَهَهُنَا، يَقُوْلُ يَمِيْنًا وَشِمَالاً : حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ. ثُمَّ رُكِزَتْ لَهُ عَنَزَةٌ، فَتَقَدَّمَ فَصَلِّى يَمُرُّ بَيْنَ يَدَيْهِ الْكَلْبُ وَالْحِمَارُ لاَ يُمْنَعُ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

786. Dari Abu Juhaifah Wahab bin Abdullah RA, dia berkata: “Saya melihat Nabi SAW. di Mekkah. Beliau berada di Abthah dalam sebuah tenda berwarna merah terbuat dari kulit. Kemudian Bilal keluar dengan membawa tempat air wudhu Nabi SAW., orang-orang ada yang membasahi diri dan ada pula yang hanya mengambil sedikit dari air wudhu itu. Lalu Nabi SAW. keluar dengan pakaian warna merah, seolah-olah Aku melihat putih betisnya. Beliau pun berwudhu, lalu Bilal berazan. Aku pun memperhatikan mulutnya yang bergerak ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan: “HAYYA ‘ALASHALAH” menoleh ke kanan, dan bila mengucap: “HAYYA “ALAL FALAH” menoleh ke kiri. Kemudian ditancapkan tongkat di muka Nabi SAW. Dan beliau pun melaksanakan salat, anjing atau keledai lewat di depannya dan tidak dihalaunya”. (HR Bukahari dan Muslim)

787- وَعَنْ أَبِي رَمْثَةُ رِفَاعَةَ التَّيْمِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : رَأَيْتُ رَسُوْلُ اللهِ  وعَلَيْهِ ثَوْبَانِ أَحْضَرَانِ. رَوَاهُ أَبُو دَاوُدُ، وَالتِّرْمِذِي بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ.

787. Dari Abu Rimtsah Rifaah At-Taimiy RA, dia berkata: “Saya pernah melihat Raslullah SAW. memakai dua baju yang hijau”. (HR Abu Dawud dan Tirmidzi dengan sanad yang shahih)

788- وَعَنْ جَابِرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  دَخَلَ يَوْمَ فَتْحِ مَكَّةَ وَعَلَيْهِ عِمَامَةٌ سَوْدَاءٌ. رَوَاهُ مُسْلِمُ.

788. Dari Jabir RA., dia berkata: “Ketika Rasulullah SAW. memasuki kota Mekkah pada hari penaklukannya, beliau memakai sorban hitam”. (HR. Muslim)

789- وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ عَمْرُو بْنُ حُرَيْثٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ  وَعَلَيْهِ عِمَامَةٌ سَوْدَاءٌ، قَدْ أرْخَى طَرَفَيْهَا بَيْنَ كَتِفَيْهِ. رَوَاهُ مُسْلِمُ.
وَ فِى رِوَايَةٍ لَهُ: إِنَّ رَسُوْلَ الله خَطَبَ النَّاسُ وَ عَلَيْهِ عِمَامَةً سَوْدَاءُ

789. Dari Abu Said Amr Huraits RA, dia berkata: ”Seakan-akan saya masih melihat Rasullullah SAW. memakai sorban hitam yang ujungnya dilepas antara kedua bahunya”. (HR. Muslim)
Dalam riwayat lain dikatakan: “Rasulullah SAW. Berkhutbah sambil mengenakan sorban hitam”.

790- وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ : كُفِّنَ رَسُوْلُ اللهِ  فيِ ثَلاَثَةِ أَثْوَابٍ بَيْضٍ سَحُوْلِيَّةٍ مِنْ كُرْسُفٍ، لَيْسَ فِيْهَا قَمِيْصٌ وَلاَ عِمَامَةٌ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

790. Dari Aisyah RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. dikafani dengan tiga lembar kain putih dari kapas buatan sahul, tanpa baju gamis dan sorban”. (HR. Bukhari dan muslim)

791- وَعَنْهَا قَالَتْ : خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ  ذَاتَ غَدَاةٍ وَعَلَيْهِ مِرْطٌ مُرَحَّلٌ مِنْ شَعْرٍ أَسْوَدٍ. رَوَاهُ مُسْلِمُ.

791. Dari Aisyah RA, dia berkata: “Suatu pagi Rasulullah SAW. keluar mengenakan pakaian yang bergambar kendaraan terbuat dari bulu hitam”. (HR. Muslim)

792- وَعَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ  ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي مَسِيْرِهِ، فقَالَ لِي : (( أَمَعَكَ مَاءٌ )) ؟ قُلْتُ : نَعَمْ، فَنَزَلَ عَنْ رَاحِلَتِهِ فَمَشَى حَتَّى تَوَارَى فِي سَوَادِ الَّليْلِ، ثُمَّ جَاءَ فَأَفْرَغْتُ عَلَيْهِ مِنَ اْلإِدَاوَةِ، فَغَسَلَ وَجْهَهُ وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوْفٍ، فَلَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يُخْرِجَ ذِرَاعَيْهِ مِنْهَا حَتَّى أَخْرَجَهُمَا مِنْ أَسْفَلِ الْجُبَّةِ، فَغَسَلَ ذِرَاعَيْهِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ، ثُمَّ أَهْوَيْتُ لِأَنْزَعَ خَفَّيْهِ فَقَالَ : دَعْهُمَا فَإِنِّي أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ)) وَمَسَحَ عَلَيْهِمَا. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

792. Dari Al-Mughirah bin Syu’bah RA, dia berkata: “Suatu malam, ketika saya berada dalam perjalanan bersama Rasulullah SAW., beliau bertanya: “Apakah kamu membawa air?” Saya menjawab: “Ya.” Kemudian beliau turun dari kendaraannya dan berjalan dalam kegelapan malam sampai tidak terlihat. Beliau datang, dan saya telah persiapkan air pada tempatnya. Kemudian beliau membasuh muka, sedangkan beliau mengenakan jubah dari wol. Beliau terlihat susah sekali mengeluarkan kedua lengannya, hingga saya membantu mengeluarkannya dari bawah, kemudian beliau membasuh kedua lengan dan mengusap kepalanya. Sesudah itu, saya bermaksud melepas kedua sepatunya, tetapi beliau bersanda: “ Biarkan, tidak usah dilepas kerena saya memakainya dalam keadaan suci”. Beliau pun mengausap kedua sepatunya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

[1] Maksudnya tidak terlalu tinggi, tidak terlalu pendek, namun mendekati ke tinggi.