Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Perintah Mempelajari Al-Qur'an Dan menjaga Hafalan Al-Qur'an

Hadits Perintah Mempelajari Al-Qur'an Dan menjaga Hafalan Al-Qur'an
181- PERINTAH MEMPELAJARI DAN MENJAGA HAFALAN AL QUR’AN

1009- عَنْ أَبِي مُوْسَى رَضِيَ اللهُ عَنْهُ, عَنِ النَّبِيِّ  قَالَ : (( تَعَاهَدُوْا هذَا الْقُرْْآنَ فَوَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَهُوَ أشَدُّ تَفَلُّتًا مِنَ اْلإِبِلِ فِي عُقُلِهَا)) مُتَّفَقٌ عَلَيْه

1009. Dari Abu Musa RA., dari Nabi SAW., beliau bersabda, “Berhati-hatilah kamu sekalian terhadap Al- Qur’an ini. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, sesungguhnya Al-Qur’an itu lebih cepat terlepasnya, dari pada unta yang terlepas dari tali kekangnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1010- وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُماَ, أَنَّ رَسُوْلَ الله  قَالَ (( إنَّمَا مَثَلُ صَاحبِ الْقُرْْآنَ كَمَثَلِ الإِبِلِ المُعَقَّلَةِ، إنْ عَاهَدَ عَلَيْهَا أمْسَكَهَا، وَإنْ أطْلَقَهَا، ذَهَبَتْ)) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1010. Dari Ibnu Umar RA: “Rasulullah SAW. bersabda, “Sesungguhnya perumpamaan orang yang menguasai Al-Qur’an, seperti unta yang terikat. Apabila ia berhati-hati menjaganya, maka hafalannya akan terpelihara, dan apabila ia membiarkannya, maka ia akan terlepas.” (HR. Bukhari dan Muslim)