Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Orang Meninggal Dan Meniggalkan Anak Kecil

Hadits Orang Meninggal Dan Meniggalkan Anak Kecil164- KEUTAMAAN ORANG YANG MENINGGAL DAN MENIGGALKAN ANAK-ANAK KECIL

959- وَ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الله  : (( مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ لَهُ ثَلاَثَةٌ لَمْ يَبْلُغُ الْحِنْثَ إِلاَّ أَدْخَلَهُ الله الْجَنَّةَ بِفَضْلِ رَحْمَتِهِ اِيَّاهُمْ)) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

959. Dari Anas RA., ia berkata : “Rasulullah SAW. bersabda, “Setiap orang Islam, apabila ketiga anaknya yang belum dewasa meninggal dunia, maka ia akan dimasukkan ke dalam surga atas berkat rahmat Allah terhadap anak-anaknya itu.”[1] (HR. Bukhari dan Muslim)

960- وَ عَن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الله  : ( لاَ يَمُوْتُ ِلأَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ ثَلاَثَةٌ مِنَ الْوَلَدِ لاَ تَمَسُّهُ النَّارُ اِلاَّ تَحِلَّةَ الْقَسَمِ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

960. Dari Abu Hurairah RA., ia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Tidaklah seseorang di antara kaum muslimin yang ketiga orang anaknya meninggal dunia, tidak lah ia akan tersentuh api neraka, melainkan sebagai pembebas dari sumpah[2].” (HR. Bukhari dan Muslim)

961. وَ عَن أَبِي سَعِيْدٍ اَلْخُدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : جَاءَتِ امْرَأَةٌ اِلَى رَسُوْلِ الله  , فَقَالَتْ : يَارَسُوْلَ الله ذَهَبَ الرَّجُلُ بِحَدِيْثِكَ, فَاجْعَلْ لَنَا مِنْ نَفْسِكَ يَوْمًا نَأْتِيْكَ فِيْهِ تُعَلِّمُنَا مِمَّا عَلَّمَكَ الله, قَالَ : ( اِجْتَمِعْنَ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا) فاَجْتَمَعْنَ, فَأَتَاهُنَّ النبيُّ  فَعَلَّمَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَهُ اللهُ, ثُمَّ قَالَ : ((مَا مِنْكُنَّ مِنِ امْرَأَةٍ تُقَدَّمُ ثَلاَثَةً مِنَ الْوَلَدِ اِلاَّ كَانُوْا لَهَا حِجَابًا مِنَ النَّارِ ) فَقَالَتِ امْرَأَةٌ : وَاثْنَيْنِ, فَقَالَ رَسُوْل الله  :( وَاثْنَيْنِ) . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

961. Dari Abu Sa’id Al Khudriy RA., ia berkata: “Ada seorang perempuan datang kepada Rasulullah SAW. dan berkata: “Wahai Rasulullah, banyak orang yang telah memperoleh hadis dari engkau, maka berilah kami kesempatan suatu hari dimana kami akan datang dan saat itu, sudilah kiranya engkau mengajarkan kepada kami, tentang apa yang telah Allah ajarkan kepadamu.” Beliau bersabda, “Kumpullah kamu sekalian pada hari anu dan hari anu.” Maka berkumpullah mereka pada hari yang telah ditentukan, dan Nabi SAW menandatangi mereka serta mengajarkan apa yang telah diajarkan oleh Allah, dimana belau bersabda, “Tiada seorang perempuan pun yang kematian tiga anaknya melainkan mereka menjadi tirai bagi perempuan itu.” Kemudian ada seorang perempuan bertanya: “Juga dua orang anak (juga akan menjadi tirai.” Rasulullah SAW bersabda, “dan juga dua orang anak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

[1] Dalam riwayat Ibnu Majah disebutkan : “berkat rahmat Allah untuk mereka”. Sedangkan dalam riwayat Nasa’i dari hadis Abu Dzar RA. Disebutkan: “Melainkan Allah akan mengampuni dosanya, berkah dari rahmat-Nya.” Hadis ini, Shahih. Dan asal usulnya telah dibahas dalam kitab At Ta’liiq ar Raghiib (3/89) –Imam Nawawi-

[2] Sumpah yang dimaksud adalah firman Allah: “Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu” (QS. Maryam (19) : 71)