Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Larangan Minum Dari Mulut Qirbah

MAKRUH MINUM DARI MULUT QIRBAH (POCI)
112- MAKRUH[1] MINUM DARI MULUT QIRBAH (POCI)

766- عَنْ أَبِي سَعِيْدْ اَلْخُدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ، قَالَ : نَهَي رَسُوْلُ اللهِ عَنْ اِخْتِنَاثِ اْلأَسْقِيَةِ يَعْنِى أَنْ تُكْسَرَ أَفْوَاهُهَا، وَيُشْرَبَ مِنْهَا. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

766. Dari Abu Sa’id Ai-Khudriy RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. melarang untuk memecah mulut poci (qirbah) dan sebagainya untuk minum dari padanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

767- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : نَهَى رَسُوْلُ اللهِ  أَنْ يُشْرَبَ مِنْ فِي السِّقَاءِ أَوِ الْقِرْبَةِ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

767. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut tempat air atau qirbah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

768- وَعَنْ أُمِّ ثَابِتٍ كَبْشَةَ بِنْتِ ثَابِتٍ أُخْتِ حَسَّأَنْ بن ثَابِتٍ رَضِيَ الله عَنْهُما قَالَت : دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ، فَشَرِبَ مِنْ فيِ قِرْبَةٍ مُعَلَّقَةٍ قَائِمًا، فَقُمْتُ إِلَى فِيْهَا فَقَطَعْتُهُ. رَوَاهُ التِّرْمِذِي وقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

768. Dari Ummu Tsabit Kabsyah binti Tsabit, saudara Hasan bin Tsabit RA, dia berkata: “Rasullah SAW. masuk ke rumahku, kemudian beliau minum dengan berdiri pada mulut qirbah yang tergantung, maka aku berdiri dan mulut qirbah itu aku patahkan.”[2] (HR. Tirmidzi)

[1] Yang dimaksud dengan makruh disini adalah makruh tanzih bukan makruh tahrim (yang mengandung unsure pengharaman
[2] Ummu Tsabit mematahkan mulut kirbah itu dengan maksud untuk menandainya sebagai tempat minum Rasulullah SAW yang dimaksudkan untuk mengambil berkah dari padanya.