Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Larangan Memakai Sutra Bagi Pria

Hadits Larangan Memakai Sutra Bagi Pria

122- LARANGAN MEMAKAI KAIN SUTRA BAGI PRIA DAN KEBOLEHAN MEMAKAINYA BAGI PEREMPUAN

808- عَنْ عُمَرِ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رسو ل الله  : (( لاَ تَلْبَسُوا الْحَرِيْرَ، فَإِنَّ مَنْ لَبِسَهُ فِي الدُّنْيَا لَمْ يَلْبَسْهُ فيِ اْلآخِرَةِ )) ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

808. Dari Umar bin Khattab RA,, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, “’Janganlah kamu sekalian memakai kain sutera, karena sesungguhnya orang yang memakainya di dunia, maka kelak di akhirat ia tidak akan memakainya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

809- وَعَنْه قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلُ اللهِ  يَقُوْلُ : إِنَّمَا يَلْبَسُ الْحَرِيْرَ مَنْ لاَ خَلاَقَ لَهُ )) ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

وَ فِى رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِي: (( مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ فِى اْلآَخِرَةِ))

809. Dari Umar bin Khaththab RA,, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang memakai kain sutera (ketika di dunia) adalah orang yang tidak akan mendapat bagiannya kelak (di akhirat).” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dan dalam riwayat Bukhari dikatkan: “ Orang yang tidak akan mendapat bagian sutera, kelak (diakhirat).”

810- وَعَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( مَنْ لَبِسَ الْحَرِيْرَ فِى الدُّنْيَا لَمْ يَلْبِسَهُ فِي اْلآخِرَةِ )) ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

810. Dari Anas RA,, ia berkata: “Rasulullah SAW. Bersabda, “Barang siapa yang memakai kain sutera di dunia, maka tidak akan memakainya di akhirat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

811- وَعَنْ عَلِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : رَأَيْتُ رَسُوْلُ اللهِ  أَخَذَ حَرِيْرًا، فَجَعَلَهُ فِي يَمِيْنِهِ، وَذَهَبًا فَجَعَلَهُ فِي شِمَالِهِ، ثُمَّ قَالَ : (( إِنَّ هَذَيْنِ حَرَامٌ عَلَى ذُكُوْرِ أُمَّتِي )) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدُ بِإِسْنَاٍد حَسَنٍ.

811. Dari Ali RA,, ia berkata: “saya melihat Rasulullah SAW memegang kain sutera di tangan kanannya, dan memegang emas ditangan kirinya, kemudian bersabda, “Sesungguhnya dua benda ini adalah haram bagi laki-laki dari umatku.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang hasan)

812- وَعَنْ أَبِي مُوْسَى الأَشْعَرِيّ رَضِيَ الله عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قَالَ : ((حُرِّمَ لِبَاسُ الْحَرِيْرِ وَالذَّهَبِ عَلَى ذُكُور أُمَّتِي، وَأُحِلَّ ِلِإنَاثِهِمْ )) رَوَاهُ التِّرْمِذِي وقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

812. Dari Abu Musa Al Asy’ariy RA, bahwasanya Rasullah SAW. bersabda, “Diharamkan memakai kain sutera dan emas bagi umatku yang laki-laki, dan dihalalkan bagi umatku yang perempuan.” (HR. Tirmidzi. Dia berkata: “hadis ini hasan-shahih)

813- وَعَنْ خُذَيْفَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : نَهَانَا النَّبِيّ  أَنْ نَشْرَبَ فِي آَنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ، وَأَنْ نَأْكُلَ فِيْهَا وَعَنْ لُبْس الْحَريرِ والدِّيبَاج، وَأَنْ نَجْلِسَ عَلَيْهِ. رَوَاهُ اْلبُخَارِي.

813. Dari Hudzaifah RA,, ia berkata: “Nabi SAW. telah melarang kami untuk minum dan makan menggunakan bejana emas dan perak, dan melarang kami untuk memakai kain sutera baik yang tipis maupun yang tebal, serta melarang kami untuk duduk di atasnya.” (HR. Bukhari)

123- KEBOLEHAN MEMAKAI PAKAIAN SUTERA BAGI YANG BERPENYAKIT KULIT (GATAL)

814- عَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : رَخَّصَ رَسُوْلُ اللهِ  لِلزُّبَيْرِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ بن عَوْفٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا فِي لُبْس الْحَرِيرِ لِحَكَّةٍ كَانَتْ بِهِما. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

814. Dari Anas RA. ia berkata: “Rasulullah SAW telah memberikan rukhsah kepada Zubair dan Abdurrahman bin ‘Auf RA. untuk memakai kain sutera karena penyakit gatal-gatal yang diderita keduanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)