Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS LARANGAN MAKAN HARTA ANAK YATIM

HADITS LARANGAN MAKAN HARTA ANAK YATIM
LARANGAN MAKAN HARTA ANAK YATIM

Allah SWT. Berfirman,

إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَالَ الْيَتَامَى ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ نَارًا وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا

“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menElan api sepenuh perutnya, dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (Qs. An Nisaa(4) : 10)

وَلاَ تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلاَّ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَن

“Dan jangalah kamu mendekati hartA anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat.” (Qs. Al An’aam(6) : 152)

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْيَتَامَى قُلْ إِصْلاَحٌ لَهُمْ خَيْرٌ وَإِنْ تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim. Katakanlah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu, dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan kebaikan.” (Qs. Al Baqarah(2) : 220)

1621- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضيَ الله عَنْهُ، عَنِ النَّبيّ ، قاَلَ: ((اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ)) قَالُوْا: يَا رَسُولَ اللهِ وَمَا هُنَّ ؟ قَالَ : ((الشِّرْكُ بِاللهِ، والسِّحْرُ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ الله ُإلاَّ بالحَقِّ، وَأكْلُ الرِّبَا، وأكْلُ مَالِ الْيَتِم،ِ وَلتَّوَالِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ)) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1621. Dari Abu Hurairah RA., dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Jauhilah tujuh perkara yang merusak.’ Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah itu?” Rasulullah SAW. menjawab, ‘Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah, kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh berzina wanita mukmin yang telah bersuami.’” (HR. Bukhari dan Muslim)