Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Larangan Berbisik

Hadits Larangan Berbisik
LARANGAN BERBISIK BAGI DUA ORANG DENGAN TIDAK MENYERTAKAN ORANG KETIGA

Allah SWT. Berfirman,

إِنَّمَا النَّجْوَى مِنَ الشَّيْطَانِ

“Sesungguhnya pembicaan rahasia itu adalah dari setan.” (Qs. Al Mujaadalah(58) : 10)

1606- وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ  قَالَ : إذَا كَانُوا ثَلاَثَةً ، فَلاَ يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الثَّالِثِ, مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

1606. Dari Abdullah bin Umar RA, “Rasulullah SAW. bersabda, ‘Apabila ada tiga orang, maka janganlah dua orang di antara mereka berbisik-bisik tanpa mengikutsertakan orang ketiga.” (HR. Bukhari dan Muslim)[1]

1607- وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ  قَالَ : إذَا كُنْتُمْ ثَلاَثَةً ، فَلاَ يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الآخَرِ حَتَّى تَخْتَلِطُوْا بِالنَّاسِ ، مِنْ أجْلِ أنَّ ذلِكَ يُحْزِنُه, مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

1607. Dari Abdullah bin Mas’ud RA., “Rasulullah SAW. bersabda, ‘Apabila kalian bertiga, maka janganlah dua orang berbisik-bisik tanpa mengikut sertakan yang lain, sehingga kalian berkumpul dengan orang banyak, karena yang demikian itu bisa menyusahkan orang yang tidak diajak berbisik-bisik.” (HR. Bukhari dan Muslim)

[1] Hadis ini juga diriwayatkan oleh Abu Dawud, dengan tambahan, “Abu Shalih bertanya kepada Abdullah bin Umar, ‘Bagaimana kalau ada empat orang?’ Abdullah menjawab, ‘Tidak apa-apa.’

Di dalam kitab Al Muwaththa, Malik meriwayatkan hadis ini dari Abdullah bin Dinar, dimana ia berkata, ‘Saya bersama-sama dengan Abdullah berada di rumah Khalid bin Ukbah yang berada di pasar, kemudia ada seseorang yang bermaksud berbisik-bisik dengannya dan tidak seorangpun di dekat Abdullah kecuali saya, Abdullah lantas memanggil orang lain sehingga kami berempat. Abdullah berkata kepada saya dan kepada orang ketiga yang dipanggilnya: “Silahkan kalian menyisih sebentar, karena sesungguhnya saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda, “Janganlah ada dua orang berbisik-bisik tanpa mengikutsertakan satu orang yang lain.”