Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Kewajiban Pelunasan Hutang Si Mayit

Hadits Kewajiban Pelunasan Hutang Si Mayit
159- KEWAJIBAN UNTUK MENYEGERAKAN PELUNASAN HUTANG SI MAYIT

950- وَ عَن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ, عَنِ النَّبِيِّ  قَالَ: نَفْسُ الْمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ بِدَيْنِهِ حَتَّى يَقْضِى عَنْهُ) رَوَاهُ التِّرْمِذِي وقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ.

950. Dari Abu Hurairah RA., dari Nabi SAW., beliau bersabda, “Jiwa seorang mukmin itu tergantung dengan utangnya sampai utang itu dilunasi.” (HR. Tirmidzi)

160- PESAN YANG DISAMPAIKAN DI KUBURAN

952- عَنْ عَلِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: كُنَّا فِي جَنَازَةٍ فِي بَقِيعِ الْغَرْقَدِ فَأَتَانَا رَسُوْل الله  فَقَعَدَ, وَقَعَدْنَا حَوْلَهُ وَمَعَهُ مِخْصَرَةٌ فَنَكَّسَ وَجَعَلَ يَنْكُتُ بِمِخْصَرَتِهِ, ثُمَّ قَالَ: (( مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ كُتِبَ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ وَمَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ), فَقَالُوْا : يَا رَسُوْلَ الله أَفَلاَ نَتَّكِلُ عَلىَ كِتَابِنَا؟ فقَالَ: ((اعْمَلُوْا: فَكُلُّ مُيَسِّرُ لِمَا خُلِقَ لَهُ)) وَذَكَرَ تَمَامَ الْحَدِيْثِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

952. Dari Ali RA, Ia berkata: “Pada waktu kami mengantarkan jenazah di Baqqi’, Rasulullah SAW. mendekati kami, lantas beliau duduk, maka kami pun duduk di sekelilingnya. Beliau memegang tongkat kecil. Sambil menekankan tongkatnya ke tanah beliau bersabda, “Tidak ada seorang pun diantara kamu sekalian melainkan ia telah ditentukan tempatnya di neraka atau di surga.” Para sahabat bertanya: ”Wahai Rasulullah, apakah kita diperbolehkan hanya tawakkal saja pada ketentuan itu?“ Beliau menjawab: “Beramallah kamu sekalian, karena tiap-tiap orang akan mendapatkan kemudahan dalam menjalani apa yang telah ditentukan baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)