Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS KEUTAMAAN SHALAT MALAM

HADITS KEUTAMAAN SHALAT MALAM
212- KEUTAMAAN SHALAT MALAM

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ( وَمِنَ الَّلْيلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ , عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا ) -الإسراء:

Allah berfirman: “Dan pada sebagian malam hari, bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Qs. Al Isra’ (17) : 79)

قَالَ اللهُ تَعَالَى : ( تَتَجَافَى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ)-السجدة: 16

Allah Ta’ala berfirman: “Lambung mereka jauh dari tempat tidur[1].” (Qs. As Sajdah (32) : 16)

قَالَ اللهُ تَعَالَى : (كََانُوا قَلِيْلا ًمِنَ الْلَيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ) – الذاريات-17

Allah Ta’ala berfirman: ”Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.” (Qs. Adz dzaariyaat (51) : 17)

1167- وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , يَقُوْمُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ, فَقُلْتُ لَهُ : لَِمَ تَصْنَعُ هَذَا, يَا رَسُوْلَ اللهِ , وَقَدْ غَفِرُلَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ؟ قَالَ : ( أَفَلاَ أَكُوْنُ عَبْدًا شَكُوْرًا) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1167. Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW. biasa melaksanakan shalat malam, hingga kedua telapak kaki beliau pecah. Aku pun bertanya kepadanya: “Kenapa engkau melakukan hal ini, wahai Rasulullah, sedangkan engkau telah benar-benar diampuni dosa-dosanya, baik yang telah lewat, maupun yang akan datang?“ Rasulullah bersabda, “Apakah aku tidak boleh, menjadi seorang hamba yang bersyukur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1168. وَ عَنْ الْمَغِيْرَةِ بن شُعْبَة نَحْوَهُ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

1168. Dari Mughirah bin Syu’bah, seperti hadis tersebut di atas. (HR. Bukhari dan Muslim.)

1169. وَ عَنْ عَلِيِّ رَضِيَ الله عَنْهُ . أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , طَرَقَةُ وَفَاطِمَةَ لَيْلاً, فقَالَ : ( أَلَا تُصَلِّيَانِ ؟). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1169. Dari Ali RA: “pada suatu malam, ketika ia tidur bersama Fatimah, tiba-tiba Nabi SAW. mengetuk pintu mereka, dan bersabda, “Apakah kalian tidak ingin mengerjakan shalat?” (HR. Bukhari dan Muslim)

1170. وَ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ الله عَنْهُمْ , عَنْ أَبِيْهِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : ( نِعْمَ الرَّجُلُ عَبْدُ اللهِ لَوْ كَانَ يُصَلِّي مِنَ الّلَيْلِ) قَالَ سَالِمُ: فَكَانَ عَبْدُ اللهِ بَعْدَ ذَلِكَ لاَ يَنَامُ مِنَ اللَّيْلِ إِلاَّ قَلِيْلاً . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1170. Dari Salim bin Abdullah bin Umar bin Khaththab RA, dari ayahnya: Nabi SAW. bersabda, “Sebaik-baik orang adalah Abdullah, seandainya ia mengerjakan shalat malam pada sebagian waktu malamnya.” Salim berkata, “Semenjak itu, Abdullah tidak pernah tidur malam, kecuali sebentar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1171- وَ عَنْ عَبْدِ الله بْنِ عَمْرُوْ بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ :( يَا عَبْدَ اللهِ لاَ تَكُنْ مِثْلَ فُلاَنٍ, كَانَ يَقُوْمُ أَللَّيْلَ فَتَرَكَ قِيَامَ الَّلْيلِ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1171. Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Wahai Abdullah, janganlah engkau seperti si fulan! ia bangun pada waktu malam, tetapi ia meninggalkan shalat malam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1172. وَ عَنْ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : ذُكِرَ عِنْدَ النَّبِيِ , رَجُلٌ نَامَ لَيْلَةً حَتَّى أَصْبَحَ! قَالَ : ( ذَاكَ رَجُلٌ بَالَ الشَّيْطَانُ فِي أُُذُنَيْهِ, أو قَالَ : فِي أُذُنِهِ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1172. Dari Ibnu Mas’ud RA, ia berkata, “Kepada Nabi SAW. diceritakan tentang seseorang yang tidur semalaman sampai pagi menjelang (tidak bangun pada waktu malam). Beliau pun bersabda, “Orang itu, kedua telinganya, telah dikencingi oleh setan,” Atau beliau bersabda, “telinganya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1173- وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : ( يَعْقِدُ الشَّيْطَانَ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ, إِذَا هُوَ نَامَ, ثَلاَثَ عُقَدٍ , يَضْرِبُ عَلَى كُلُّ عُقْدَةٍ : عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيْلٌ فَارْقُدْ, فَإِنْ استَيْقًظَ , فَذَكَرَ اللهَ تَعَالَى انحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ, انحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا فَأَصْبَحَ نَشِيْطًا طَيِّبَ النَّفْسِ, وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيْثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1173. Dari Abu Hurairah RA: “Rasulullah SAW. bersabda, “Setan mengikat tengkuk kepala salah seorang di antara kalian sewaktu tidur dengan tiga ikatan. Pada masing-masing ikatan itu setan berkata: “Tidurlah lagi, malam masih panjang.” Apabila orang itu bangun kemudian mengingat Allah Ta’ala, maka lepaslah satu ikatan. Apabila ia berwudhu, lepaslah satu ikatan lagi. Dan apabila ia shalat, lepaslah semua ikatan, sehingga pada waktu pagi ia tampil prima, dan jiwanya baik. Adapun jika ia tidak melakukan hal-hal itu, maka hatinya buruk dan ia akan tampak malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1174. وَ عَنْ عَبْدِ الله بْنِ سَلاَمٍ رَضِيَ الله عَنْهُ , أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : ( أَيُّهَا النَّاسُ أفْشُوا السَّلامَ, وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ , وصَلُّوْا بِالَّليْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ , تَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ) رَوَاهُ التِّرْمِذِي وَ قَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ.

1174. Dari Abdullah bin Salam RA: “Nabi SAW. bersabda, ‘Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam, berikanlah makanan, dan shalatlah pada waktu malam, sewaktu manusia sedang terlelap tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi. Dia berkata: “hadis ini hasan.”)

1175. وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : ( أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ , وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1175. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Puasa yang paling utama sesudah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram dan shalat yang paling utama sesudah shalat wardhu adalah shalat malam (Tahajjud).” (HR. Muslim)

1176- وَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا, أَنَّ النَّبِيَّ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: ( صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى , فَإِذَا خِفْتَ الصَّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1176. Dari Ibnu Umar RA: “Nabi SAW. bersabda, “Shalat malam itu dua rakaat- dua rakaat. Apabila kamu merasa khawatir, subuh telah tiba, maka berwitirlah dengan satu rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim)[2]

1177- وَ عَنْهُ قَالَ : كَانَ النَّبِيَّ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , يُصَلَّي مِنَ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْتَى, وَيُوْتِرُ بِرَكْعَةٍ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1177. Dari Ibnu Umar RA. ia berkata, “Nabi SAW. biasa melakukan shalat malam dua rakaat-dua rakaat dan shalat witir dengan satu rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1178- وَ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : ( كَانَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الله , يُفْطِرُ مِنَ الشَّهْرِ حَتَّى نَظُنَّ أَنْ لاَ يَصُوْمَ مِنْهُ, وَيَصُوْمُ حَتَّى نَظُنَّ أَنْ لاَ يُفْطِرُ مِنْهُ شَيْئًا, وَكَانَ لاَ تَشَاءُ أَنْ تَرَاهُ مِنَ اللَّيْلِ مُصَلِّيًا إِلاَ رَأَيْتَهُ, وَلاَ نَائِمًا إِلاَّ رَأَيْتَهُ. رَوَاهُ الْبُخَارِي.

1178. Dari Anas RA, ia berkata: “Rasulullah SAW. (terlihat) tidak berpuasa dalam satu bulan, sehingga kami menyangka beliau tidak pernah puasa dalam bulan itu, dan beliau (terlihat) berpuasa, sehingga kami menyangka bahwa beliau tidak pernah berbuka sedikitpun dalam bulan itu. Dan beliau, ketika engkau tidak menyangkanya tengah melakukan shalat malam, maka engkau akan mendapatinya tengah melakukannya, dan ketika engkau tidak menyangkanya tidur, maka engkau akan mendapatinya tidur.” (HR. Bukhari)

1179. وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا, أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , كَانَ يُصَلِّي إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً –تَعْنِي فِي اللَّيْلِ – يَسْجُدُ السَّجْدَةَ مِنْ ذَلِكَ قَدْرَ مَا يَقْرَأُ أَحَدُكُمْ خَمْسِيْنَ أَيَةً قَبْلَ أَنْ يَرْفَعُ رَأْسَهُ, وَيَرْكَعُ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ, ثُمَّ يَضْطَجِعُ عَلَى شِقِّهِ الأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ المنُاَدِي للصَلاَةِ. رَوَاهُ الْبُخَارِي.

1179. Dari ‘Aisyah RA: “Rasulullah SAW. biasa shalat sebelas rakaat pada waktu malam. Beliau sujud, lamanya kira-kira sama dengan seseorang diantara kalian yang membaca lima puluh ayat, sebelum beliau mengangkat kepalanya. Dan beliau shalat dua rakaat sebelum shalat subuh, kemudian beliau berbaring pada pinggang kanannya, hingga muadzin mengumandangkan iqamat untuk shalat subuh.” (HR. Bukhari)

1180. وَ عَنْهَا قَالَتْ: مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَزِيْدُ- فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ- عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً : يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وُطُوْلِهِنَّ, ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْألْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وُطُوْلِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا. فَقُلْتُ: يَارَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوْاتِرَ؟ فقَالَ : ( يَاعَائِشَةَ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِي)

1180. Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, ”Rasulullah SAW. tidak pernah shalat malam lebih dari sebelas rakaat, baik itu pada malam bulan Ramadhan maupun bulan lainnnya. (Pertama-tama) Beliau shalat empat rakaat. Jangan tanya, kesempurnaan dan lamanya shalat beliau. Setelah itu, beliau shalat empat rakaat lagi. Jangan tanya, kesempurnaan dan lamanya shalat beliau. Kemudian beliau shalat tiga rakaat. Saya bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah engkau tidak tidur sebelum shalat witir?” Beliau menjawab: “Wahai ‘Aisyah!, sesungguhnya kedua mataku tertidur, tetapi hatiku tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1181. وَ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَنَامُ أَوَلَ اللَّيْلِ , وَيَقُوْمُ أَخِرُهُ فَيُصَلِّي. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1181. Dari ‘Aisyah RA: “Nabi SAW. biasa tidur pada permulaan malam dan bangun pada akhir malam, kemudian beliau mengerjakan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1182. وَ عَنْ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله ُعَنْهُ قَالَ: صَلَّيْتَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لَيْلَةً , فَلَمْ يَزَلْ قَاِئمًا حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سُوْءٍ. قِيْلَ : مَا هَمَمْتَ؟ قَالَ : هَمَمْتُ أَنْ أَجْلِسَ وَأَدَعَهُ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1182. Dari Ibnu Mas’ud RA. ia berkata, “Pada suatu malam saya shalat bersama–sama Nabi SAW. Dan beliau lama sekali berdiri sehingga timbul keinginan yang tidak baik dalam diri saya.” Ada seseorang yang bertanya: “Keinginan apakah itu?” Ia menjawab: “Saya bermaksud untuk duduk dan meninggalkan beliau.” (HR Bukhari dan Muslim)

1183. وَ عَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ, فَقُلْتُ : يَرْكَعُ عِنْدَ المِائَةِ, ثُمَّ مَضَى , فَقُلْتُ : يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى , فَقُلْتُ : يَرْكَعُ بِهَا, ثُمَّ افْتَتَحَ النَّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلِ عِمْرَانِ فَقَرَأَهَا, يَقْرَأُ مُتَرَسِّلاً : إِذَا مَرَّ بِأَيَةٍ فِيْهَا تَسْبِيْحُ سَبَّحَ، وَإِِذَا مَرَّ بِسُؤَالِ سَأَلَ, وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ, ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُوْلُ: ( سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ ) , فَكَانَ رُكًُوْعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ , ثُمَّ قَالَ : ( سَمِعَ الله ُلِمَنْ حَمِدَهُ , رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ) ثُمَّ قَامَ طَوِيْلاً قَرِيْبًا مِمَّا رَكَعَ, ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ : سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلأَعْلَى , فَكَانَ سُجُوْدُهُ قَرِيْبًا مِنْ قِيَامِهِ. رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1183. Dari Hudzaifah RA, ia berkata, “Pada suatu malam saya shalat dengan Nabi SAW. Beliau memulainya dengan membaca Al Fatihah, kemudian surat Al Baqarah. Dalam hati, saya berkata, “Mungkin beliau akan rukuk setelah seratus ayat.” Namun, ternyata beliau melanjutkan bacaannya. Dalam hati, saya pun berkata: “Mungkin beliau akan mengkhatamkan surat Al Baqarah dalam satu rakaat.” Namun, ternyata beliau melanjutkan bacaannya. Dalam hati, saya pun berkata: “Sekarang mungkin beliau akan rukuk.” Namun, ternyata beliau mulai membaca surat An Nisa’ dan dibacanya sampai selesai, kemudian beliau membaca surat Ali Imram dengan sangat hati-hati dan jelas. Apabila beliau membaca ayat yang di dalamnya terdapat kalimat tasbih, maka beliau membaca tasbih. Apabila beliau membaca ayat yang didalamnya ada perintah untuk memohon, maka beliau memohon. Apabila beliau membaca ayat yang didalamnya ada perintah untuk berlindung diri, maka beliau berlindung diri. Kemudian beliau rukuk dengan membaca: SUBHAANA RABBIYAL ‘AZHIIM, lama rukuknya hampir sama dengan lamanya berdiri, kemudian beliau membaca: SAMI’ALLAAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANA LAKAL HAMDU. Kemudian beliau berdiri yang lamanya hampir sama dengan lamanya rukuk, kemudian sujud dan membaca: SUBHAANA RABBIYAL A’LAA. Lama sujudnya hampir sama dengan lamanya berdiri.” (HR. Muslim)

1184. وَ عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : ( سُئِلَ رسولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , أَيُّ الصَّلاَةِ أَفْضَلُ ؟ فقَالَ : ( طُوْلُ القُنُوْتِ) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1184. Dari Jabir RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. pernah ditanya: “Shalat yang bagaimanakah, yang paling utama?“ beliau menjawab, “Yang lama berdirinya.” (HR. Muslim)

1185. وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرُو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ الله عَنْهُمَا , أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : ( أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللهِ صَلاَةِ دَاوُدَ, وَ أَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدُ, كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُوْمُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَيَصُوْمُ يَوْمًا وَيَفْطِرُ يَوْمًا). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1185. Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash RA: “Rasulullah SAW. bersabda, “Shalat yang paling disenangi oleh Allah adalah shalatnya Nabi Daud, dan puasa yang paling disenangi oleh Allah adalah puasanya Nabi Daud. Beliau tidur tengah malam dan bangun pada sepertiganya, kemudian tidur lagi pada seperenamnya. Dan beliau puasa sehari, kemudian berbuka sehari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1186. وَ عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: ( إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً , لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ الله تَعَالَى خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ , إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ , وَذَلِكَ كُلِّ لَيْلَةٍ) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1186. Dari Jabir RA, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda, “Sesungguhnya pada waktu malam terdapat suatu saat, dimana seorang muslim, apabila ia meminta kebaikan, yang berkenaan dengan urusan dunia dan akhiratnya kepada Allah dan ia memintanya tepat pada saat itu, niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya. Dan saat yang istimewa itu, ada pada setiap malam.” (HR. Muslim)

1187. وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : ( إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ فَلْيَفْتَتِحِ الصَّلاَةِ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1187. Dari Abu Hurairah RA: “Nabi SAW. bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat malam, hendaklah ia memulainya dengan dua rakaat yang ringan.” (HR. Muslim)[3]

1188. وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ , إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ إِفْتَتَحَ صَلاَ تَهُ بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ , رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1188. Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW, ketika mengerjakan shalat malam, maka beliau memulainya dengan dua rakaat yang ringan.” (HR. Muslim)

1189. وَ عَنْهَا رَضِيَ الله عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : إِذَا فَاتَتْهُ الصَّلاَةُ مِنَ اللَّيْلِ مِنْ وَجَعٍ أَوُ غَيْرِهِ , صَلَّى مِنَ النَّهَارِ اثِنْتَي عَشَرَةَ رَكْعَةً . رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1189. Dari A’isyah RA, ia berkata, “Apabila Rasulullah SAW. tidak dapat mengerjakan shalat malam karena sebab sakit atau yang lainnya, maka beliau mengerjakan shalat duabelas rakaat pada waktu siang.” (HR. Muslim)

1190. وَ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : ( مَنْ نَامَ عَنْ حِزْبِهِ أَوْ شَيْئٍ مِنْهُ , فَقَرَأَهُ فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَصَلاَةَ الظَّهْرِ , كُتِبَ لَهُ كَأَنَّمَا قَرَأَهُ مِنَ اللَّيْلِ ) رَوَاهُ مُسْلِمُ .

1190. Dari Umar bin Khaththab RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa tertidur, hingga tidak sempat membaca keseluruhan atau sebagian hizibnya[4], kemudian ia membacanya antara shalat subuh dan shalat dhuhur, maka dicacatkan baginya, seolah-olah ia telah membaca pada waktu malam.” (HR. Muslim)

1191. وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : رَحِمَ الله ُرُجُلاً قَامَ مِنَ اللَّيْلِ , فَصَلَّى وَ أَيْقَظَ إِمْرَأَتَهُ , فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَتْ فِي وَجْهِهَا الْمَاءَ, وَرَحِمَ الله ُإِمْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ , وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ) رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدُ بِإِسْناَدٍ صَحِيْحٍ.

1191. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Allah mengasihi seorang suami yang bangun pada waktu malam, kemudian mengerjakan shalat dan membangunkan istrinya. Dimana, ketika isterinya menolak untuk bangun, ia menyiramkan air pada muka istrinya. Allah juga mengasihi seorang isteri yang bangun pada waktu malam, kemudian mengerjakan shalat dan membangunkan suaminya. Dimana, ketika suaminya menolak untuk bangun, ia menyiramkan air pada muka suaminya.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih)

1192. وَ عَنْهُ وَ عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالاَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : ( إِذَا أَيْقَظَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّيَا- أَوْ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَمِيْعًا, كُتِبَا فِي الذَّاكِرِيْنَ وَالذَّاكِرَاتِ) رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدُ بِإِسْناَدٍ صَحِيْحٍ.

1192. Dari Abu Hurairah RA. dan Abu Sa’id RA. Mereka berdua berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Apabila seorang suami membangunkan isterinya pada waktu malam, kemudian keduanya shalat dua rakaat, maka keduanya dimasukkan dalam golongan orang-orang yang selalu zikir kepada Allah Ta’ala.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih)

1193. وَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ الله عَنْهَا, أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : ( إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلاَةِ , فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ , فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ , لَعَلَّهُ يَذْهَبُ يَسْتَغْفِرُ فَيُسَبَّ نَفْسَهُ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1193. Dari A’isyah RA: “Nabi SAW. bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian mengantuk ketika mengerjakan shalat, maka hendaknya ia tidur sehingga rasa kantuknya hilang. Karena, jika ia shalat, sementara ia mengantuk, bisa jadi ketika ia bermaksud memohon ampunan, malahan ia mengutuk dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1194. وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الله : ( إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنَ اللَّيْلِ , فَاسْتَعْجَمَ الْقُرْأَنَ عَلَى لِسَانِهِ , فَلَمْ يَدْرِ مَا يَقُوْلُ , فَلْيَضْطَجِعُ) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1194. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW. bersabda, “Apabila salah seorang diantara kalian mengerjakan shalat pada waktu malam, kemudian ia membaca Al Qur’an, tetapi ia tidak mengetahui apa yang diucapkan lisannya, maka hendaklah ia tidur.” (HR. Muslim)

[1] maksudnya mereka tidak tidur di waktu manusia tidur, melainkan mengerjakan shalat malam

[2] Pendapat kami: Penafsiran tentang arti dari lafad hadis diatas, di dapatkan dalam riwayat muslim. Dikatakan kepada Ibnu Umar, “Apa maksud dua rakaat-dua rakaat?” Ibnu Umar menjawab, “Hendaknya bersalam setiap selesai dua rakaat.” Lihat buku kami Shalaat At Taraawih. – N –

[3] Pendapat kami: Hadis ini diriwayatkan oleh selain Imam Muslim dari Abu Hurairah secara marfuu, berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Nabi SAW. Lihat Dhaif Sunan Abu Dawud (240).

[4] Maksudnya, bacaan atau dzikir khusus yang telah ditetapkan oleh seseorang untuk senantiasa membacanya.