Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Hadits Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Keutamaan Mendoakan Orang Lain

Allah SWT. Berfirman,

وَ الَّذِيْنَ جَاءُوْا مِنْ بَعْضِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَناَ وَ لإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِا اْلإِيْمَانِ

“Dan mereka yang datang di belakang mereka berdo’a: Ya Tuhan ampunkan kami dan saudara-saudara kami yang telah mendahului kami beriman. (Qs. Al Hasyr(59) : 10)

وَ اسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ اْلُمْؤمِنَاتِ

“Mintalah ampun untuk dosamu sendiri dan untuk kaum mukmin lelaki dan perempuan. (Qs. Muhammad(47) : 19)

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَ لِوَالِدَيَّ وَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يقُوْمُ الْحِسَابُ

“Ya Tuhan, ampunkanlah aku dan kedua ayah bundaku, dan kaum mukminin pada hari perhitungan (hari kiamat).” (Qs. Ibraahiim(14) : 41)

1502- وَعَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ يَقُوْلُ: (( مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُوْ ِلأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ: وَلَكَ بِمِثْلٍ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1502. Dari Abu Dardaa RA., ia mendengar Rasulullah SAW. Bersabda, “Tiadalah seorang Muslim yang mendo’akan temannya tanpa diketahui oleh orang yang didoakan, melainkan disambut oleh malaikat, dengan ucapan, “Dan untukmu juga seperti itu.’” (HR. Muslim)

1503- وَعَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ  يَقُوْلُ: (( دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ ِلأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: أَمِيْنَ وَلَكَ بِمِثْلٍ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1503. Abu Darda’ RA., ia berkata, “Rasulullah SAW. Bersabda, “Doa orang muslim untuk saudaranya di luar penge­tahuan yang didoakan itu adalah doa yang mustajab, di atas kepala orang yang berdoa itu ada malaikat yang ditugaskan supaya tiap kali ia berdoa, baik untuk saudaranya itu supaya disambut, ‘Aamiin, wa laka bimitslin’ (semoga diterima dan untukmu sendiri seperti itu).’” (HR. Muslim)