Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS KEUTAMAAN MAJLIS ZIKIR

HADITS KEUTAMAAN MAJLIS ZIKIR
KEUTAMAAN MAJLIS ZIKIR

Allah SWT. berfirman,

وَاْصِبْر َنفْسَكَ مَعَ الّذِيْنَ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاِة وَ اْلعَشِىِّ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَهُ وَ لاَ تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُم

"Dan bersabarlah kamu bersama-sama orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka." (Qs. Al-Kahfi(18) : 28)

1455- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ : (( إِنَّ ِللهِ تَعَالَى مَلاَئِكَةً يَطُوْفُوْنَ فِي الطُّرُقِ يَلْتَمِسُوْنَ أَهْلَ الذِّكْرِ، فَإِذاَ وَجَدُوا قَوْمًا يَذْكُرُوْنَ الله عَزَّ وَجلَّ، تَنَادَوْا : هَلُّمُوْا إِلَى حَاجَتِكُمْ، فَيَحُفُّوْنَهُمْ بِأَجْنِحَتِهِمْ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُم ْ-وَهُوَ أعْلَم-: مَا يَقُوْلُ عِبَدِي؟ قَالَ: يَقُوْلُوْنَ: يُسَبِّحُوْنَكَ، وَيُكَبِّرُوْنَكَ، وَيَحْمَدُوْنَكَ، وَيُمَجِّدُونَكَ، فَيَقُوْلُ: هَلْ رَأَوْنِي؟ فَيَقُوْلُونَ: لاَ وَاللهِ مَا رَأَوْكَ، فَيَقُوْلُ كَيْفَ لَوْ رَأَوْنِي ؟ قَالَ: يَقُوْلُوْنَ: لَوْ رَأَوْكَ كَانُوْا أَشَدَّ لَكَ عِبَادَةً، وَأَشَدّ لَكَ تَمْجِيْدًا، وَأَكْثَرَ لَكَ تَسْبِيْحَا. فيقول: فَمَاذَا يَسْأَلُوْنَ ؟ قال: يَقُوْلُوْنَ: يَسْأَلُوْنَكَ الْجَنَّةِ. قَالَ: يَقُوْلُ: وَهَلْ رَأَوْهَا؟ قَالَ: يَقُوْلُوْنَ: لا,َ وَاللهِ يَا رَبَّ مَا رَأَوْهَا؟ قَالَ: يَقُوْلُ: فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا؟ قَالَ: يَقُوْلُوْنَ: لَوْ أَنَّهُمْ رَأَوْهَا كَانُوا أَشَدَّ عَلَيْهَا حِرْصًا، وَأَشَدَّ لَهَا طَلَبَا، وَأَعْظَمَ فِيْهَا رَغْيَةً. قَالَ: فَمِمَّ يَتَعَوَّذُوْنَ؟ قَالَ يَقُوْلُوْنَ: يَتَعَوَّذُوْنَ مِنَ النَّارِ: قَالَ فَيَقُوْلُ: وَهَلْ رَأَوْهَا؟ قَالَ: يَقُوْلُوْنَ: لاَ, وَ اللهِ مَا رَأَوْهَا. فَيَقُوْلُ: فَكَيْفَ لَوْ رَأَوْهَا؟ لَوْ أَنَّهُمْ رَأَوْهَا كَانُوا أَشَدَّ مِنْهَا فِرَارًا، وَأَشَدَّ لَهَا مَخَافَةً. قَالَ: فَيَقُوْلُ: فَأَُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ، قَالَ: يَقُوْلُ مَلَكٌ مِنَ المَلاَئِكَةِ: فِيْهِمْ فُلاَنٌ لَيْسَ مِنْهُمْ، إِنَّمَا جَاءَ لِحَاجَةٍ، قَالَ: هُمُ الْجُلَسَاءُ لاَ يَشْقَى بِهِمْ جَلِيْسُهُمْ)), مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1455. Dari Abu Hurairah RA. ia berkata, "Rasulullah SAW. Bersabda, 'Sungguh, Allah SWT. mempunyai malaikat-malaikat yang berkeliling mencari ahli zikir. Apabila mereka menemukan kaum yang berzikir kepada Allah Azza wa Jalla, mereka saling menyeru, 'Datanglah kemari untuk memenuhi hajat kalian!'. Para malaikat itu lalu melingkupi para ahli zikir dengan sayap-sayapp mereka sampai ke langit dunia, lalu Tuhan mereka bertanya -dan Dia lebih tahu-, "Apa yang diucapkan oleh para hamba-Ku?" Para malaikat menjawab, "Mereka bertasbih kepada-Mu, bertakbir kepada-Mu, memuji-Mu dan mengagungkan-Mu." Allah bertanya, "Apakah mereka melihat-Ku?" Para malaikat menjawab, 'Tidak, demi Allah, mereka tidak melihat-Mu.' Allah bertanya, 'Bagaimanakah seandainya mereka melihat-Ku?' Para malaikat menjawab, 'Seandainya mereka melihat-Mu tentu mereka lebih keras beribadah kepada-Mu, lebih bersungguh-sungguh mengagungkan-Mu dan lebih banyak bertasbih kepada-Mu.' Allah bertanya, 'Lalu apakah yang mereka minta?'. Para malaikat menjawab, 'Mereka minta surga kepada-Mu.' Allah bertanya, 'Apakah mereka pernah melihat surga?'. Para malaikat menjawab, 'Tidak, demi Allah Wahai Tuhan, mereka tidak pernah melihatnya.' Allah bertanya, 'Lantas bagaimanakah seandainya mereka melihatnya?'. Malaikat menjawab, 'Seandainya mereka pernah melihatnya, tentu lebih kuat keinginan mereka terhadap surga itu dan selalu memintanya, serta lebih besar dambaan mereka terhadapnya.' Allah bertanya. 'Dari apakah mereka mohon perlindungan?'. Malaikat menjawab, 'Mereka mohon perlindungan dari neraka.' Allah bertanya, 'Apakah mereka pernah melihatnya?'. Malaikat menjawab, 'Tidak, demi Allah mereka tidak pernah melihatnya.' Allah bertanya, "Bagaimanakah seandainya mereka melihatnya?'. Malaikat menjawab, 'Seandainya mereka melihatnya, tentu bertambah kuat dan semakin lari menjauh mereka terhadapnya.' Allah berfirman, 'Saksikanlah oleh kalian bahwa Aku telah mengampuni mereka.' Ada malaikat yang menyela, 'Di antara mereka terdapat si Fulan yang tidak termasuk mereka. Dia datang hanya karena keperluan pribadi.' Allah berfirman, 'Mereka sama-sama duduk, dan tidak akan celaka oleh teman duduk mereka.'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Di dalam riwayat Muslim dikatakan, dari Abu Hurairah RA., dari Nabi SAW., beliau bersabda, 'Sungguh Allah mempunyai malaikat-malaikat yang mulia yang selalu berjalan mencari majlis zikir, apabila mereka mendapatkan suatu majlis yang dipergunakan untuk berzikir, maka mereka duduk di situ dan masing-masing malaikat membentangkan sayapnya, sehingga memenuhi ruangan yang berada di antara ahli zikir dan langit dunia. Apabila ahli zikir itu telah kembali ke rumah masing-masing, maka para malaikat itu naik ke langit, dan kemudian ditanya oleh Allah Azza wa Jalla padahal Allah telah mengetahui, 'Darimana kalian datang?'. Para malaikat menjawab, 'Kami baru saja mendatangi hamba-Mu di bumi yang membaca tasbih, takbir, tahlil, tahmid dan memohon kepada-Mu." Allah bertanya, 'Apakah yang mereka minta?'. Malaikat menjawab, 'Mereka minta surga.' Allah bertanya, 'Apakah mereka pernah melihat surga-Ku?'. Para malaikat menjawab, 'Belum pernah.' Allah bertanya, 'Bagaimana jika mereka melihat surga-Ku?'. Para malaikat menjawab, 'Mereka juga mohon diselamatkan.' Allah bertanya, 'Mereka mohon diselamatkan dari apa?'. Para malaikat menjawab, 'Dari neraka-Mu." Allah bertanya, 'Apakah mereka pernah melihat neraka?'. Para malaikat menjawab, 'Belum pernah.' Allah bertanya, 'Bagaimanakah seandainya mereka melihatnya?". Para malaikat menjawab, 'Mereka juga memohon ampun kepada-Mu.' Allah berfirman, 'Aku telah mengampuni mereka, maka Aku akan memenuhi permohonan mereka dan akan menjauhkan mereka dari apa yang mereka mohon untuk diselamatkan.' Para malaikat berkata, "Wahai Tuhan, di dalam majlis itu ada si Fulan, seorang hamba yang banyak berdosa, ia hanya lewat kemudian ikut duduk bersama mereka." Allah berfirman, 'Kepada Fulan pun Aku mengampuninya. Mereka semua adalah termasuk ahli zikir, di mana tidak ada seorang yang duduk di situ akan mendapatkan celaka.’"

1456- وَعَنْهُ وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ رَضِيَ اللهِ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( لاَ يَقْعُدُ قَوْمٌ يَذْكُرُوْنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَ حَفَّتْهُمُ المَلاَئِكَةِ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ، وَذَكَرُ هُمُ الله ُفِيْمَنْ عِنْدَهُ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1456. Dari Abu Hurairah RA., dari Abu Sa'id RA., keduanya berkata, "Rasulullah SAW. Bersabda, 'Tiadalah Sekelompok orang yang duduk berzikir kepada Allah, kecuali pasti dikelilingi para malaikat, diliputi rahmat, dituruni ketenangan dan disebut-sebut Allah di kalangan makhluk yang berada di sisi-Nya." (HR. Muslim)

1457- وَعَنْ أَبِي وَاقِدٍ الحَارِثِ بِنْ عَوْفِ رَضِيَ الله ُعَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ ، بَيْنَمَا هُوَ جَالِسٌ فِي الْمَسْجِدِ، وَالنَّاسُ مَعَهُ، إِذْ أَقْبَلَ ثَلاَثَةُ نَفَرٍ، فَأَقْبَلَ اثْنَانِ إِلَى رَسُوْلُ اللهِ r، وَذَهَبَ وَاحِدٌ، فَوَقَفَا عَلَى رَسُولِ اللهِ . فَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَرَأَى فُرْجَةٌ فِي الحَلْقَةِ فَجَلَسَ فِيْهَا، وَأَمَّا الأَخَرُ فَجَلَسَ خَلْفَهُمْ، وَأَمَّا الثَّالِثُ فَأَدْبَرَ ذَاهِبًا. فَلَمَّا فَرَغَ رَسُوْلُ الله ، قَالَ: (( أَلاَ أُخْبِرُكُمْ عَنِ النَّفَرِ الثَّلاَثَةِ: أَمَّا أَحَدُهُمْ فَأَوَى إِلَى اللهِ فَأَوَاهُ الله ُإِلَيْهِ. وَأَمَّا الأَخَرُ فَاسْتَحْيَ فَاسْتَحْيَ الله ُمِنْهُ، وَأَمَّا الأَخَرُ، فَأَعْرَضَ، فَأَعْرَضَ الله ُعَنْهُ )), مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1457. Dari Abu Waqid Al Harits bin Auf RA. bahwasanya Rasulullah SAW. duduk bersama para sahabat di dalam mas­jid, kemudian tiba-tiba datang tiga orang yang mana dua di antara tiga orang itu menuju Rasulullah SAW. dan yang seorang lagi pergi begitu saja. Dua orang itu berhenti di hadapan Rasulullah SAW., kemudian salah seorang di antara dua orang itu melihat ada suatu tempat kosong di tengah-tengah majlis, lantas ia duduk di tempat kosong itu, dan yang lain duduk di sekitar majlis. Adapun orang yang ketiga pergi meninggalkan majlis tersebut. Setelah Rasulullah SAW. selesai memberi nasehat, beliau bersabda, 'Maukah kalian aku beritahu tentang ketiga orang itu?'. Adapun yang satu mendekat kepada Allah, maka Allah pun memberi tempat kepadanya, adapun yang kedua merasa malu, maka Allah pun menghargai malunya dan yang lain berpaling, maka Allah pun berpaling dari padanya.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

1458- وَعَنْ أَبيِ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، خَرَجَ مُعَاوِيَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهًُ عَلَى حَلْقَةٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَالَ: مَا أَجْلَسَكُمْ ؟ قَالُوْا : جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ. قَالَ: اَللهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلاَّ ذَاكَ ؟ قَالُوْا: مَا أَجْلَسَنَا إِلاَّ ذَاكَ، قَالَ: أَمَا إِنِّي لَمْ اَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ، وَمَا كَانَا أَحَدٌ بِمَنْزِلَتِي مِنْ رَسُوْلِ اللهِ r أَقَلَّ عَنْهُ حَدِيْثًا مِنِّي: أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ  خَرَجَ عَلَى حَلْقَةٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَقَالَ: (( مَا أَجْلَسَكُمْ ؟ )) قَالُوْا : جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ وَنَحْمَدُهُ عَلَى مَا هَدَانَا لِلإِسْلاَمِ، وَمَنَّ بِهِ عَلَيْنَا. قَالَ: (( اَللهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلاَّ ذَاكَ ٍ؟ قَالُوْا: وَاللهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلاَّ ذَاكَ. قاَلَ: (( أَمَا أَنِّي لَمْ اَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ، وَلَكِنَّهُ أَتَانِي جِبْرِيْلُ فَأَخْبَرَنِي أَنَّ اللهَ يُبَاهِي بِكُمْ الْمَلاَئِكَةُ )), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1458. Dari Abu Sa'id Al Khudriy RA., ia berkata, "Muawiyah RA. keluar dari kumpulan orang di dalam masjid, lalu bertanya, 'Apakah yang menyebabkan kalian duduk?'. Orang-orang itu menjawab, 'Kami duduk berzikir kepada Allah.' Muawiyah bertanya, 'Demi Allah, tidak ada yang menyebabkan kalian duduk kecuali zikir kepada Allah?'. Mereka menyahut, 'Tidak ada yang menyebabkan kami duduk, kecuali hal itu.’ Muawiyah berkata, 'Sungguh, aku tidak meminta kalian bersumpah karena menuduh kalian. Tidak ada seorangpun dengan kedudukan sepertiku di samping Rasulullah SAW. yang lebih sedikit menerima hadis dari beliau ketimbang dariku. Sungguh, Rasulullah SAW. pernah keluar pada sekumpulan sahabat beliau, lalu bertanya, ‘Apakah yang membuat kalian duduk?". Para sahabat menjawab, "Kami duduk berzikir dan memuji-Nya atas apa yang telah karuniakan-Nya kepada kami sehingga memeluk agama Islam.' Rasulullah bersabda, 'Demi Allah, kami duduk hanya karena itu. Rasulullah bersabda. 'Sungguh, aku tidak meminta kalian bersumpah karena menuduh kalian, tetapi telah datang Jibril mengabarkan bahwa Allah membanggakan kalian kepada para malaikat.'" (HR. Muslim)