Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Haram melihat Perempuan Yang Bukan Mahram

Hadits Haram melihat Perempuan Yang Bukan Mahram
HARAM MELIHAT PEREMPUAN YANG BUKAN MAHRAM

Allah SWT. Berfirman,

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya.’” (Qs. An Nuur(24) : 30)

إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً

“Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu diminta pertanggungjawabannya.” (Qs. Al Israa(17) : 36)

يَعْلَمُ خَائِنَةَ الأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ

“Allah mengetahui (pandangan) yang khianat.” (Qs. Al Mu’min(40) : 19)

إِنَّ رَبَّكَ لَبِالْمِرْصَادِ

“Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi.” (Qs. Al Fajr(89) : 14)

1630- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، أَنَّ النَّبِيَّ  ، قَالَ : (( كُتِبَ عَلَى ابْنِ آدَمَ نَصِيبُهُ مِنَ الزَّنَا مُدْرِكٌ ذلِكَ لاَ مَحَالَةَ : الْعَيْنَانِ زِنَاهُمَا النَّظَرُ ، وَالأُذُنَانِ زِنَاهُمَا الاسْتِمَاعُ، وَاللِّسَانُ زِناهُ الْكَلاَمُ ، وَالْيَدُ زِنَاهَا الْبَطْشُ ، وَالرِّجْلُ زِنَاهَا الْخُطَا ، وَالْقَلْبُ يَهْوَى وَيَتَمَنَّى، وَيُصَدِّقُ ذلِكَ الْفَرْجُ أوْ يُكَذِّبُهُ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ . هَذَا لَفْظُ مُسْلِمٍ ، وَرِوَايَةُ الْبُخَارِي مُخْتَصَرَةٌ.

1630. Dari Abu Hurairah RA., dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Telah ditentukan bagi anak Adam (manusia) bagian zinanya, dimana ia pasti mengerjakannya. Zina kedua mata adalah melihat, zina kedua telinga adalah mendengar, zina lisan adalah berbicara, zina tangan adalah memukul, zina kaki adalah berjalan, serta zina hati adalah bernafsu dan berangan-angan, yang semuanya itu dibuktikan atau tidak dibuktikan oleh kemaluan.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

1631- وَعَنْ أَبِي سَعِيْدٍ الخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيّ ، قَالَ: ((إيَاُكْم والجُلُوسَ فِي الطُّرُقاتِ!)) قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ الله مَالَنَا مِنْ مَجَالِسِنَا بُدٌّ، نَتَحَدَّثُ فِيْهَا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : ((فَإذَا أبَيْتُمْ إلاَّ الْمَجْلِسَ، فَأَعْطُوْا الطَّرِيقَ حَقَّهُ)) قَالُوا: وَمَا حَقُّ الطَّرِيقِ يَا رَسُولَ اللهِ ؟ قَالَ: ((غَضُّ الْبَصَرِ، وَكَفُّ الأَذَى، وَرَدُّ السَّلاَمِ، والأمرُ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيُ عَنِ الْمُنْكَرِ)), مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1631. Dari Abu Sa’id Al Khudriy RA., dari Nabi SAW., beliau bersabda, “Jauhilah oleh kalian duduk di jalan-jalan.’ Para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, kami tidak bisa meninggalkan tempat duduk kami (di jalan) yang kami gunakan untuk berbincang-bincang.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Apabila kalian enggan untuk tidak duduk di sana, maka penuhilah hak jalan itu.’ Para sahabat bertanya, ‘Apakah hak jalan ini wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Memejamkan mata, membuang kotoran, menjawab salam serta menyu­ruh berbuat baik dan mencegah kemungkaran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1632- وَعَنْ أَبِي طَلْحَةَ زَيْدِ بْنِ سَهْلٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: كُنَّا قُعُودًا بالأَفْنِيَةِ نَتَحَدَّثُ فِيْهَا فَجَاءَ رَسُوْلُ اللهِ  فَقَامَ عَلَيْنَا فَقَالَ: ((مالَكُمْ وَلِمَجَالِسِ الصُّعُدَاتِ؟ أجْتَنِبُوا مَجَالِسَ الصُّعُدَاتِ)) فَقُلْنَا: إِنَّمَا قَعَدْنَا لِغَيْرِ ما بَأْسٍ، قَعَدْنَا، وَنَتَحَدَّثُ. قاَلَ: ((إِمَّا لاَ فَأَدُّوْا حَقَّهَا: غَضُّ الْبَصَرِ، وَرَدُّ السَّلاَمِ، وَحُسْنُ الْكَلاَمِ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1632. Dari Abu Thalhah, Zaid bin Sahal RA, ia berkata, “Ketika kami duduk di halaman rumah yang dekat jalan, dimana kami berbincang-bincang di situ, kemudian Rasulullah SAW. datang dan mendekati kami serta bersabda, ‘Kenapa kalian duduk di pinggir jalan?’ Jauhilah duduk di pinggir jalan.’ Kami berkata, ‘Kami duduk di sini sama sekali tidak mengganggu. Kami di sini bertukar pikiran dan berbincang-bincang.’ Beliau bersabda, ‘Kalau begitu penuhilah haknya, yaitu memejamkan mata, menjawab salam dan berbicara yang baik.’” (HR. Muslim)

1633- وَعَنْ جَرِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ  ، عَنْ نَظَرِ الْفَجْأَةِ فَقَالَ : ((اصْرِفْ بَصَرَكَ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1633. Dari Jabir RA., ia berkata, “Saya menanyakan tentang melihat sesuatu yang diharamkan yang datang dengan tiba-tiba kepada Rasulullah SAW., kemudian beliau bersabda, ‘Palingkanlah matamu.’” (HR. Muslim)

1635- وَعَنْ أَبيِ سَعِيْدِ رَضِيَ الله عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهٍِْ  ، قَالَ: ((لاَيَنْظُرُ الرَّجُلُ إلَى عَوْرَةِ الرَّجُلِ، وَلاَ الْمَرْأَةُ إلَى عَوْرَةِ الْمَرْأَةِ، وَلاَ يُفْضِي الرَّجُلُ إلَى الرَّجُلِ فِي ثَوْبٍ وَاحِدٍ، وَلاَ تُفْضِي الْمَرْأَةِ إلَى الْمَرْأَةِ في الثَّوْبِ الْوَاحِدِ)), رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1635. Dari Abu Sa’id RA. “Rasulullah SAW. bersabda, ‘Seorang laki-laki tidak boleh melihat aurat sesama lelaki, begitu pula seorang perempuan tidak boleh melihat aurat perempuan. Seorang laki-laki tidak boleh bersentuhan kulit dengan sesama lelaki dalam satu selimut, begitu pula seorang perempuan tidak boleh bersentuhan kulit dengan sesama perempuan dalam satu selimut.’” (HR. Muslim)