Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Boleh Mengutuk Pelaku Maksiat

Hadits Boleh Mengutuk Pelaku Maksiat
BOLEH MENGUTUK PELAKU MAKSIAT

Allah SWT. Berfirman,

أَلاَ لَعْنَةُ اللهِ عَليَ الظَّالِمِيْنَ (هود 18)

“Ingatlah kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang yang dzalim.” (Qs. Huud(11) : 18)

فَأَذَّنَ مُؤَذِّنٌ بَيْنَهُمْ أَنْ لَعْنَةُ اللهِ عَلىَ الظَّالِمِيْنَ (الأعراف 44)

“Kemudian seorang penyeru (malaikat) mengumumkan di antara kedua golongan itu, ‘Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dzalim.’” (Qs. Al A’raaf(7) : 44)

وَ ثَبَتَ فِي الصَّحِيْحِ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قَالَ : (( لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَ اْلُمْسَتْوصِلَة َ)), وَ أَنَّهُ قَالَ : ((لَعَن َاللُه آكِلَ الِّربَا )) وَ أَنَّ اللهَ تَعَاليَ لَعَنَ الْمُصَوِّرِيْنَ وَ أَنَّهُ قَالَ : لَعَنَ اللهَ مَنْ غَيَّرَ مَناَرَ الأَرْضِ, أَيْ حُدُوْدَهَا, وَ أَنَّهُ قَالَ : لَعَنَ الله السَّارِقَ يَسْرِقُ الْبِيْضَةَ, وَ أَنَّهُ قاَلَ : لَعَنَ اللهُ مَنْ لَعَنَ وَاِلدَيْهِ, وَ لَعَنَ الله مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللهِ, وَ أَنَّهُ قَالَ : مَنْ أَحْدَثَ فِيْهَا حَدَثًا أَوْ آوَي مُحْدِثًا فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللهِ وَ اْلمَلاَئِكَةِ وَ النَّاسِ أَجْمَعِيْنَ, وَ أَنَّهُ قَالَ : اللَّهُمَّ الْعَنْ رِعْلاً , وَ ذَكْوَانَ , وَ عُصَيَّةَ , عَصَوُا اللهَ وَ رَسُوْلَهُ , وَ هَذِهِ ثَلاَثُ قَبَاِئلَ مِنَ اْلَعَربِ . وَ أَنَّهُ قَالَ : لَعَنَ الله ُالْيَهُوْدَ اَّتَخُدْوا قًبًوْرَ أَنْبِيَاِئِهمْ مَسَاجِدَ , وَ أَنَّهُ لَعَنَ الْمُتَشَبِّهِيْنَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاِء وَ اْلُمَتشَبِّهَاتِ مِنَ الِّنسَاءِ بِالرِّجَالِ

Disebutkan dalam hadis shahih, bahwa Rasulullah SAW. bersabda, “Allah mengutuk orang yang menyambung rambut dan yang minta disambungkan rambutnya, orang yang memakan riba, orang-orang yang suka menggambar dan orang yang suka merusak tugu penunjuk jalan.”

Rasulullah SAW. bersabda, “Allah mengutuk orang yang mencuri walaupun ia hanya mencuri telur, dan melaknat orang yang mengutuk kedua orang tuanya, dan mengutuk orang yang menyembelih binatang bukan karena Allah.”

Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa mengada-ada dalam urusan agama, maka ia mendapatkan kutukan Allah, malaikat dan semua manusia.”

Rasulullah SAW. pernah berdoa, “Ya Allah, kutuklah Ri’lan, Dzakwan dan Ushayyah dimana mereka durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka adalah nama tiga suku bangsa arab.”

Rasulullah SAW. bersabda, “Allah mengutuk orang-orang yahudi yang menjadikan kuburan nabi-nabi mereka sebagai masjid, dan sesungguhnya Allah mengutuk orang laki-laki yang menyerupakan dirinya dengan orang perempuan dan orang perempuan yang menyerupakan dirinya dengan orang-orang laki-laki.’”

Semuanya tersebut di atas adalah hadis shahih, yang sebagian berada dalam Shahih Bukhari dan Muslim dan sebagian yang lain berada dalam salah satu dari kedua kitab shahih itu.