Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Anjuran Yakin Dalam Berdo'a

Hadits Anjuran Yakin Dalam Berdo'a
332- MAKRUHNYA BERDO’A DENGAN, ALLAAHUMMAGFIRLII INSYI’TA

1752- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  ، قَالَ : (( لاَ يَقُوْلَنَّ أَحَدُكُمْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْلِي إنْ شِئْتَ : اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي إِنْ شِئْتَ، لِيَعْزَمِ الْمَسْأَلَةَ، فَإِنَّهُ لاَ مُكْرِهَ لَهُ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1752. Dari Abu Hurairah RA, bahwasannya Rasulullah SAW, bersabda, “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian (sewaktu berdo’a) mengucapkan: Ya Allah SWT ampunilah saya jika Engkau suka. Ya Allah SWT kasihanilah saya, jika Engkau berkenan. Tetapi, hendaklah ia bersungguh-sungguh dalam meminta itu. Karena hal itu tidak ada keberatan bagi-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

1753- وَعَنْ أَنَسٍ رَ  ضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( إِذَا دَعَا أَحَدُكُمْ فَلْيَعْزِمِ الْمَسْأَلَةَ، وَلاَ يَقُولَنَّ : اللَّهُمَّ إِنْ شِئْتَ، فَأَعْطِنِي، فَإِنَّهُ لاَ مُسْتَكْرِهَ لَهُ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1753. Dari Anas RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Apabila salah seorang di antara kamu berdo’a, maka hendaklah ia bersungguh-sungguh dalam meminta dan janganlah sekali-kali mengucapkan: “Ya Allah, jika Engkau berkenan, maka berilah saya, karena Allah SWT itu tidak merasa keberatan untuk memberi.” (HR. Bukhari dan Muslim)