Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Anjuran Shalat Berjama'ah Shubuh Dan Isya

Hadits Anjuran Shalat Berjama'ah Shubuh Dan Isya
192- ANJURAN SHALAT BERJAMAAH PADA WAKTU SHALAT SUBUH DAN ISYA’

1078- عَنْ عُثْمَانِ بْنِ عَفَّانِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ الله  يَقُوْلُ: ((مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَة، فَكَانَمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَانَمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ)) رَوَاهُ مُسْلِمُ.

1078. Dari Utsman bin Affan RA, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda, ”barangsiapa yang melaksanakan shalat Isya’ dengan berjamaah, maka ia terhitung telah mengerjakan shalat setengah malam. Dan barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh dengan berjamaah, maka ia terhitung telah mengerjakan shalat semalaman penuh.” (HR. Muslim)[1]

1079- وَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ الله  قَالَ: ((وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الْعَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لَأَ تَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا)) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1079. Dari Abu Hurairah RA: “Rasulullah SAW. bersabda, “Seandainya orang-orang mengetahui keutamaan dari shalat Isya’ dan Subuh tentu mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah), walaupun dengan merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim)[2]

1080- وَ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله  : ((لَيْسَ صَلاَةٌ أثْقَلَ عَلَى الْمُنَافِقِينَ مِنْ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَاْلعِشَاءِ وَلَوْ يَعْلَمُوْنَ مَا فِيْهِماَ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا)) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

1080. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: “Rasulullah SAW. bersabda, “Tidak ada shalat lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi shalat Subuh dan Isya’. Seandainya mereka mengetahui keutamaan kedua shalat itu, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (berjamaah), walaupun dengan merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

[1] Dan didalam riwayat Tirmidzi RA: “Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa mengerjaan shalat Isya’ dengan berjamaah, maka ia dihitung telah mengerjakan shalat setengah malam, dan barangsiapa mengerjakan shalat Isya’ dan subuh dengan berjamaah, maka ia dihitung telah mengerjakan shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi. Dia berkata: “hadis ini hasan-shahih)

[2] Lihat hadis sebelumnya, nomor 1040