Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Anjuran Segera Pulang Setelah Selesai Keperluan

Hadits Anjuran Segera Pulang Setelah Selesai Keperluan
175- DISUNAHKAN UNTUK MENYEGERAKAN PULANG KEPADA KELUARGANYA SETELAH KEPERLUANNYA SELESAIKAN

991- عَنْ أََبِِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ الله  قَالَ: " السَّفَرُ قِطْعَةٌ مِنْ العَذَابِ، يَمْنَعُ أَحَدَكُمْ طَعَامَهُ، وَشَرَابَهُ وَنَوْمَهُ، فَإِذَا قَضَى أَحَدُكُمْ نَهْمَتَهُ مِنْ سَفَرٍ فَلْيَجْعَلْ إَلَى أَهْلِهِ." مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

991. Dari Abu Hurairah RA: “Rasulullah SAW. Bersabda, “Berpergian itu merupakan bagian dari siksa, dimana seorang harus mengurangi makan, minum, tidurnya. Oleh karena itu apabila salah seorang diantara kamu sekalian telah selesai urusannya dalam berpergian, maka hendaklah ia segera kembali kepada keluarganya. (HR. Bukhari dan Muslim)

176- DISUNAHKAN UNTUK PULANG PADA SIANG HARI

992- عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنَّ رَسُوْل الله  قَالَ: (( إِذَا أَطَالَ أَحَدُكُمُ الْغَيْبَةَ فَلَا يَطْرُقَنَّ أَهْلَهُ لَيْلًا)).

وَ فِى رِوَايَةٍ أَنَّ رَسُوْلَ الله , نَهَى أَنْ يَطْرُقَ الرَّجُلُ أَهْلَهُ لَيْلًا. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

992. Dari Jabir RA: “Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu sekalian berpergian dalam waktu yang cukup lama, maka janganlah ia mengetuk pintu keluarganya pada waktu malam.”

Dan di dalam riwayat lain dikatakan: “Rasulullah SAW tidak pernah mengetuk pintu keluarganya pada waktu malam” (HR. Bukhari dan Muslim)

993- وَ عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْل الله , لَا يَطْرُقَ أَهْلَهُ لَيْلًا, وَ كَانَ يَأْتِيْهِمْ غُدْوَةً أَوْ عَشِيَّةً. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

993. Dari Anas RA., ia berkata: “Rasulullah SAW tidak pernah mengetuk pintu rumah keluarganya pada waktu malam. Beliau biasanya datang kepada mereka pada waktu pagi dan atau sore.” (HR. Bukhari dan Muslim)